Demo BLM di Inggris Menjadi Sarang COVID-19

  • Whatsapp
Demo BLM di Inggris Menjadi Sarang COVID-19

Garisatu.com – Demo anti-rasisme atas kematian George Floyd “Black Lives Matter atau BLM juga terjadi di London, Inggris. Pemerintah mencemaskan aksi tersebut berpotensi besar menjadi ranah penyebaran wabah COVID-19.

Aksi demo BLM tersebut berlangsung di pusat London pada Sabtu (6/6). Tak pedulikan social distancing, ribuan orang berkumpul di titik tersebut. Aksi ini digelar di tengah rencana Inggris melakukan relaksasi lockdown akibat virus corona.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pada Minggu (7/6) mengatakan demo BLM tersebut tentu saja menjadi sarang penyebaran COVID-19.

“Tidak diragukan lagi itu berisiko,” tutur Hancock dalam wawancara dengan Sky News.

Kini sudah ada 284.868 kasus corona di Inggris dengan 40.465 kematian.

“Saya sangat mendukung argumen mereka yang ikut dalam protes, tapi virus tidak kenal diskriminasi dan berkumpul dalam jumlah besar melanggar peraturan karena meningkatkan risiko penyebaran virus ini,” tambah dia.

Padahal sebagian besar aksi demo BLM pada Sabtu berjalan dengan damai. Tetapi di akhir protes tiba-tiba terjadi kericuhan sehingga 14 polisi dilaporkan terluka.

Selain di Inggris, protes anti rasisme juga terjadi di berbagai negara lainnya. Aksi protes yang terjadi di Amerika Serikat juga berakhir dengan kerusuhan dan penjarahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *