Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

  • Whatsapp

Garisatu.com – Wilayah DKI Jakarta kembali dipadati oleh massa pendemo. Dikabarkan 2 demo besar terjadi pada 2 November 2020 kemarin. 

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia seperti (KSPSI), Gekanas, serta serikat buruh lainnya menggelar demo pada 2 November dan akan dilakukan serentak di sejumlah daerah di Indonesia. Sementara untuk Jabdetabek titik kumpul di Patung Kuda Indosat sekitar pukul 10.30 WIB.

Bacaan Lainnya
Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan bagi wilayah Jabodetabek aksi demo akan dipusatkan di Istana dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

“Pada 2 November besok (hari ini, red), KSPI, KSPSI Andi Gani, dan Gekanas bersama puluhan ribu buruh akan aksi di depan Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara,” kata Said Iqbal dalam keterangan pers, Minggu (1/11/2020).

Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

Sajd menjelaskan demo buruh ini akan menyerukan dua tuntutan. Yakni pembatalan omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut persoalan upah minimum tahun 2021 (UMP, UMK, UMSP, dan UMSK) tetap naik.

“Menyuarakan dua tuntutan, cabut dan batalkan UU omnibus law Cipta Kerja, dan naikan UMP, UMK dan UMSK 2021 serempak di 24 provinsi,” jelas Said Iqbal.

Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

Said menyebut demo ini akan digelar secara besar besaran dan serempak di 24 provinsi, dan 200 kabupaten/kota. Namun Said juga memastikan demo dilakukan secara terukur, konstitusional, dan berlangsung damai.

Selain demo menolak UU Ciptaker dan juga Upah Minimun 2021, demo lain yakni ‘Aksi 211’ terkait protes terhadap Prancis juga digelar pada 2 November kemarin. Demo ini digelar di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis di Jakarta Pusat. 

Demo 2 November 2020 Dan Aksi 211

Kabag Ops Polres Jakarta Pusat, AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan massa yang demo di depan Kedubes Prancis akan berkumpul diatas jam 12 selepas Salat Dzuhur.

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat demo, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di 12 titik pengalihan arus lalu lintas saat demo terjadi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengalihan arus menyesuaikan kondisi di lapangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *