Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

  • Whatsapp
Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental
PrintDampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Garisatu.com – Dalam era modernisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini sosial media sudah bagaikan candu dan berdampak negatif bagi kehidupan. Terutama bagi anak milenial. Sosial media berdampak negatif membuat kita amat mudah menghubungi teman, melihat perkembangan dan mendapatkan informasi dari dunia luar hanya dengan sekali klik. Sosial media juga bisa memberikan kita hiburan serta beberapa fitur dihadirkan untuk membuat kita semakin nyaman menggunakannya. Mulai dari fitur instagram stories yang memudahkan kita melihat aktifitas teman bahkan selebritas dunia hingga aplikasi tiktok yang sedang menjadu trend belakangan ini. 

Pengaruh sosial media berdampak negatif terhadap penggunanya juga telah diselidiki secara global. Berbagai studi sudah menganalisis dampak positif dan negatif sosial media dan masih terus dilakukan, terlebih di masa sekarang, di mana tingkat penggunaannya semakin tinggi.

Bacaan Lainnya

Banyak penelitian juga yang telah menemukan kaitan kuat antara sosial media dengan dampak negatif seperti peningkatan risiko depresi, kecemasan, kesepian, menyakiti diri sendiri, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Platform sosial media dirancang untuk menarik perhatian, membuat Anda tetap online, dan membujuk anda agar berulang kali memeriksa layar dengan notifikasi-notifikasi yang ditampilkan namun berdampak negatif.

Namun, sama seperti keterpaksaan judi atau kecanduan nikotin, alkohol, dan obat-obatan, penggunaan sosial media juga dapat menciptakan keinginan psikologis.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Saat Anda menerima reaksi positif terhadap sebuah postingan yang Anda unggah, hal itu dapat memicu pelepasan dopamin di otak, zat kimia yang memberikan sensasi kesenangan.

Namun sebaliknya, disaat anda menerima reaksi negatif dari teman teman atau orang sekitar, secara tidak langsung bisa membuat kita sedih dan berdampak negatif. Jika keadaan seperti ini dibiarkan secara terus menerus, maka dampak-dampak negatif lain bisa muncul seperti: 

1. Selalu merasa kurang 

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Membuka sosial media setiap hari berdampak negatif, melihat perkembangan zaman dan perkembangan orang orang sekitar kita secara rutin, bisa memicu timbul nya pikiran iri dan membuat kita secara tidak langsung membanding bandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

Meskipun pada nyatanya tidak sedikit hasil unggahan disosial media yang berasal dari manipulasi, tidak bisa dipungkiri tetap akan ada rasa tidak aman didalam diri kita.

Anda mungkin akan merasa tidak cukup cantik, tidak cukup bergaya, atau tidak cukup menikmati hidup berdasarkan apa-apa yang ditampilkan orang lain. 

2. Fear of missing out (FOMO) 

Fenomena fear of missing out (fomo) ini merupakan fenomena dimana anda merasa takut ketinggalan berbagai hal viral atau populer yang sedang menjadi trend di sosial media dan sangat berdampak negatif.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Fenomena yang berdampak negatif ini sebenarnya sudah berkembang sejak lama, sebelum merebaknya platform sosial media. Namun, dewasa ini sosial media membuat fenomena FOMO menjadi lebih akut dan berbahaya.

Gagasan bahwa anda melewatkan sesuatu yang sedang populer, atau hal hal lain, bisa mempengaruhi harga diri, memicu kecemasan, dan memicu penggunaan media sosial yang lebih besar.

FOMO kemudian membuat Anda memeriksa gadget setiap beberapa menit sekali untuk memeriksa pembaruan notifikasi, atau secara kompulsif menanggapi setiap hal yang lewat di timeline sosial media Anda. 

Bahkan jika hal itu berarti memiliki risiko berbahaya seperti bermain twitter saat mengemudi, melewatkan tidur di malam hari untuk terus online, atau memprioritaskan interaksi media sosial atas hubungan dunia nyata.

3. Memicu kecemasan 

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit kasus anxiety datang bermula dari sosial media. Para peneliti pun telah mengamati rasa kecemasan umum yang dipicu oleh sosial media. Kecemasan itu ditandai dengan perasaan gelisah dan khawatir, serta kesulitan untuk tidur dan berkonsentrasi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Computers and Human Behaviour menemukan bahwa orang yang dilaporkan menggunakan tujuh atau lebih platform sosial media akan tiga kali lebih mungkin untuk memiliki gejala kecemasan umum tingkat tinggi dibandingkan dengan orang yang hanya menggunakan 0-2 platform sosial media saja.

Meski begitu, belum 100% jelas apakah dan bagaimana sosial media dapat menyebabkan kecemasan pada individu. Para peneliti dari Universitas Babes-Bolyai di Rumania meninjau penelitian yang ada tentang hubungan antara kecemasan sosial dan jejaring sosial dan mengatakan bahwa hasilnya cukup beragam. Mereka menyimpulkan bahwa masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut. 

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

4. Memunculkan rasa depresi 

Sosial media juga dapat memunculkan perasaan depresi pada seseorang dan hal ini telah ditemukan hubungannya dari beberapa penelitian. Dua penelitian yang melibatkan lebih dari 700 siswa menemukan bahwa gejala depresi seperti suasana hati yang rendah dan perasaan tidak berharga dan putus asa, berkaitan dengan kualitas interaksi online. Para peneliti menemukan tingkat gejala depresi yang lebih tinggi di antara mereka yang melaporkan memiliki lebih banyak interaksi negatif.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Kemudian studi lain yang serupa dilakukan pada tahun 2016 yang melibatkan 1.700 orang menemukan risiko depresi dan kecemasan tiga kali lipat di antara orang-orang yang banyak menggunakan platform media sosial.

Alasan rasa depresi ini termasuk di antaranya adalah penindasan dunia maya (cyberbullying), memiliki pandangan yang menyimpang tentang kehidupan orang lain, dan merasa waktu yang dihabiskan di sosial media adalah pemborosan.

5. Pengaruhi kualitas tidur 

Sosial media bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang tidak hanya dari menghabiskan malam untuk bermain sosial media saja. Namun, smartphone yang kita gunakan bisa memancarkan cahaya biru yang menjadi penyebab terburuknya.

Penelitian telah menemukan bahwa hal ini dapat menghambat produksi hormon melatonin tubuh yang memfasilitasi tidur. Dengan kata lain, jika Anda berbaring di atas kasur pada malam hari sambil memeriksa Facebook dan Twitter, Anda akan tertidur dengan gelisah.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Penelitian terhadap 1.700 anak berusia dari 18 hingga 30 tahun tebtang sosial media dan kebiasaan tidur mereka juga dilakukan oleh seorang peneliti dari University of Pittsburgh.

Pada penelitian ditemukan adanya keterkaitan antara bermain sosial media dengan gangguan tidur dan disimpulkan bahwa cahaya biru atau blue light berperan dalam hal ini. 

Para peneliti mengatakan ini bisa disebabkan oleh gairah fisiologis sebelum tidur, dan cahaya terang dari perangkat elektronik bisa menunda ritme sirkadian. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

6. Efek kecanduan 

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Sosial media bisa memberikan efek kecanduan terhadap penggunanya. Hal ini disebabkan karena melalui sosial media kita bisa mendapatkan begitu banyak informasi dan perkembangan dunia diluar sana.

Bahkan dengan melihat lihat kegiatan para artis atau selebritas tentu membuat kita penasaran sehingga memutuskan untuk menelusuri lebih jauh. Jika kecanduan sosial media sosial memang ada, itu akan menjadi sejenis kecanduan internet.

Daria Kuss dan Mark Griffiths dari Universitas Nottingham Trent di Inggris telah menganalisis 43 penelitian tentang masalah tersebut, dan menyimpulkan bahwa kecanduan sosial media adalah masalah kesehatan mental yang “mungkin” memerlukan perawatan profesional.

Mereka menemukan bahwa penggunaan sosial media yang berlebihan memiliki keterkaitan dengan masalah hubungan, prestasi akademis yang lebih buruk dan partisipasi yang kurang dalam komunitas offline.

Dampak Negatif Sosial Media, Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Itulah dampak dampak negatif dari sosial media jika tidak digunakan secara bijak dalam sehari hari. Hal yang terpenting ialah jangan jadikan sosial media sebagai patokan atau perbandingan antara diri anda dan orang lain. Ini akan membangun citra negatif pada diri anda.

Ketika Anda melihat akun instagram populer milik selebritis, Anda akan mendapati bahwa mereka dapat menjadi sangat cantik dalam berdandan dan berpakaian.

Barang-barang mahal yang mereka miliki, dan tubuh yang berbentuk ideal sempurna adalah hal-hal yang ditonjolkan. Jangan biarkan dirimy terkontrol dan terpengaruh oleh keindahan ads sosial media yang tidak seindah realitanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *