Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

  • Whatsapp
Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari
Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Garisatu.com – Minuman bersoda memang disukai sebab memberikan rasa segar pada saat pertama di minum. Minuman soda atau minuman karboanasi merupakan minuman yang tidak memiliki kandungan alkohol dan melalui proses karbonasi. Minuman bersoda memang memiliki cita rasa yang enak, namun ada banyak alasan juga bagi kita untuk menghindari minuman bersoda mulai dari meningkatkan resiko diabetes tipe 2 karena kandungan gula yang tinggi pada minuman soda berkontribusi pada perkembangan diabetes.

The Nurses’ Health Study mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun.

Bacaan Lainnya

Para perawat mengatakan bahwa mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali, dibanding mereka yang jarang minum minuman ini.

Drinking soda raises risk for asthma, COPD: Study - CBS News

Selain itu juga bisa menaikkan risiko penyakit jantung, karena kandungan gula yang tinggi juga akan meningkatkan risiko obesitas yang sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika Anda mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bahkan setiap hari, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Masalah ini diduga karena adanya resistansi insulin yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Bisa juga menurunkan kualitas tulang, karena mengandung kadar fosfat tinggi, dan tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Mengonsumsi lebih banyak fosfat daripada kalsium dapat merusak kesehatan tulang. Padahal kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, saat tulang sedang dibangun.

Soda juga bisa menyebabkan rusaknya gigi, hingga mengganggu kinerja otak dan masih banyak lagi. Bahkan minuman ringan ini bisa mengurangi durasi hidup kamu lho. 

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Meskipun sudah mengetahui dampak buruk dari nengonsumsi minuman bersoda, namun banyak dari kita tetap merasa suka terhadap minuman ini. Perlu diperhatikan kebiasaan kebiasaan dalam mengonsumsi minuman bersoda untuk mengurangi resiko buruk yang terjadi.

Berikut ini ada 5 kebiasaan dalam mengonsumsi minuman bersoda yang harus kamu hindari untuk hidup lebih sehat. 

1. Jangan mengonsumsinya berlebihan 

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Kamu harus menanamkan tekad yang kuat untuk membatasi konsumsi minuman bersoda. Sebaiknya kamu segera berhenti dari kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dua kaleng atau lebih dalam sehari, sebab kebiasaan itu bisa membawamu dalam masalah yang serius.

Sebuah studi dilakukan pada tahun 2019 dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa minum dua gelas atau lebih minuman bersoda secara signifikan dapat meningkatkan risiko kematian peserta, dari penyebab apa pun itu.

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

2. Lebih memilih soda diet

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

 

Semenjak munculnya soda diet tidak sedikit orang yang beralih ke soda diet karena dianggap lebih rendah kalori, dan lebih sehat. Namun faktanya, studi yang sama juga menemukan bahwa mengonsumsi minuman bersoda dengan pemanis buatan (yang juga terdapat dalam soda diet) bisa meningkatkan semua penyebab kematian. Risiko kematian karena alasan apa pun sebesar 26 persen.

Sementara itu, minuman bersoda yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko kematian hingga 8 persen. Jadi, pada dasarnya soda diet tiga kali lebih berbahaya daripada soda biasa.

3. Menyukai soda berwarna 

Dampak Minuman Bersoda Dan Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Mengonsumsi banyak soda dan minuman manis lainnya dapat menimbulkan efek negatif, apalagi jika minuman tersebut dilengkapi dengan pewarna. Penelitian telah menemukan bahwa beberapa pewarna buatan seperti yellow-5 dan red-40 dapat merusak DNA, dan dapat memicu pembentukan kanker.

Hindari soda-soda yang memiliki kandungan pewarna tersebut, dan cobalah untuk tetap memilih soda yang dibuat dengan pewarna alami.

4. Minum soda kaleng 

Senyawa kimia BPA mungkin sudah jarang kamu temukan dalam botol plastik karena senyawa ini berbahaya bagi tubuh. Tetapi, tahukah kamu bahwa keberadaannya dalam kaleng aluminium juga  masih ditemukan, lho.

Seperti lapisan aluminium pada botol kaleng soda, lapisan epoksi kaleng mungkin saja terpapar bahan beracun ini, sehingga dapat menyebabkan peningkat tekanan darah dan berisiko pada kesehatan jantung.

5. Minum soda saat larut malam 

Minuman bersoda juga mengandung kafein yang jika dikonsumsi saat malam hari dapat mengacaukan pola tidur kamu. Pola dan jam tidur yang kacau akan berkaitan erat dengan keseluruhan gaya hidup dan berpengaruh pada panjang umurmu. Jadi sebaiknya hindari untuk minum soda larut malam, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *