Wabah Covid-19 Merebak, KY Berlakukan Pelaporan Online untuk Layani Publik

  • Whatsapp
Wabah Covid 19 Merebak KY Berlakukan Pelaporan Online untuk Layani Publik

Garisatu.com – Menyikapi situasi terakhir sebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Komisi Yudisial (KY) memutuskan hanya menerima laporan atau pengaduan terkait dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) cukup melalui pelaporan online.

Kebijakan tersebut diambil KY sebagai bagian dari upaya mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Kendati demikian KY menjamin dalam penerapannya akan mengedepankan kepentingan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Layanan melalui pelaporan online ini mulai diberlakukan sejak Senin (6/3/2020) sampai dengan 16/4/2020.

“KY menghentikan sementara layanan publik secara langsung sebagai langkah pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Masyarakat tetap dapat melaporkan dugaan pelanggaran kode etik hakim secara online,” ungkap Sekretaris Jenderal KY Tubagus Rismunandar Ruhijat dalam siaran persnya, Senin (16/3).

Pelaporan Online Perilaku Hakim dapat diakses melalui www.pelaporan.komisiyudisial.go.id. Aplikasi ini untuk memudahkan publik dalam melaporkan dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Pelaporan online berisi tentang tata cara pelaporan, persyaratan laporan, peraturan terkait dengan KEPPH, alur penanganan laporan, dan menu layanan pelaporan online perilaku hakim yang diduga melanggar KEPPH.

Untuk melakukan pelaporan secara online, langkah pertama dengan melakukan pendaftaran akun menggunakan alamat email yang masih aktif. Kemudian masuk dengan menggunakan alamat email dan password.

Klik tombol menu “buat laporan” jika hendak membuat laporan. Kemudian mengisi kolom-kolom yang tersedia dan mengunggah dokumen yang mendukung laporan dalam bentuk format digital dengan memperhatikan “Panduan Pengisian Form Pelapor”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *