Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

  • Whatsapp
Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai
Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Garisatu.com – Toxic relationship atau hubungan beracun merupakan sebutan untuk hubungan yang tidak sehat. Toxic relationship ini bisa diartikan sebagai kondisi dimana jika hubungan yang kamu jalani Bersama dengan pasangan tidak memberikan dampak baik bagi kebahagiaan dan Kesehatan mental. Dalam toxic relationship ada salah satu pihak yang lebih dirugikan baik secara psikologis, emosional, bahkan secara fisik dan materiil.

Oleh karena itu, berada di dalam toxic relationship ini akan menghambat anda untuk hidup secara produktif serta tidak merasa Bahagia dan sejahtera. Padahal, dalam suatu hubungan, tidak ada pihak yang lebih mendominan. Kedua pihak berada pada busur yang sejajar.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, bagaimana sih ciri ciri hubungan yang termasuk ke dalam toxic relationship ? yuk simak ciri ciri dibawah ini:

1. Tidak pernah merasa cukup 

Pasangan kamu tidak pernah merasa cukup denga napa yang kamu berikan, atau bahkan tidak pernah merasa cukup dengan dirimu. Menurut ahli, dalam hubungan asmara yang sehat, kedua belah pihak seharusnya saling menyayangi, mendukung, menghormati, dan menerima satu sama lain. Namun hal kebalikannya terjadi di dalam toxic relationship.

Disaat pasanganmu merasa kamu kurang cantik, kamu kurang pintar, kurang baik, atau ketidakcukupan lainnya. Diperlakukan seperti ini secara terus menerus hanya akan berpengaruh buruk pada Kesehatan mental kamu karena merasa apa yang anda lakukan selalu salah dan selalu merasa perlu memberikan kontribusi untuk diakui oleh pasangan. 

2. Susah menjadi diri sendiri 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Tidak bisa menjadi diri sendiri adalah ciri yang paling khas dari toxic relationship. Poin yang satu ini cukup berkaitan dengan poin nomor 1 diatas. Disaat pasangan kamu merasa kamu berkekurangan, maka kamu akan berusaha untuk menjadi apa yang ia mau, yang membuat kamu menjadi seperti orang lain atau bukan dirimu sendiri.

Disaat pasangan anda tidak menyukai hal yang kamu sukai, maka kamu harus meninggalkan hal tersebut guna membuat nya ‘melihat’ kamu. 

3. Direndahkan 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Direndahkan juga bisa menjadi ciri dari toxic relationship. Seperti contoh, Ketika pasangan kamu mengometari kamu dengan kata kata seperti “masa begitu saja gak bisa ?”, atau “kamu gak pantes deh pake baju itu”.

Kata kata merendahkan sepertiitu hanya akan membuat kamu senantiasa enggan untuk berpendapat atau menyampaikan sesuatu karena takut diremehkan dan mendapatkan reaksi negative darinya. 

4. Terus dijadikan kambing hitam 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Ketika hubungan kamu dihampiri masalah, pasangan kamu tidak berkompromi untuk menyelesaikan masalah tersebut, bahkan ia terus menyalahkan kamu dengan berbagai cara meskipun faktanya itu bukanlah kesalahan yang kamu perbuat.

Namun dengan cara cara nya untuk memanipulasi kamu, membuat kamu terpengaruh dan kemudian mengaku bahwa itu memang kesalahan kamu.

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai 

5. Terisolasi dari dunia luar 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Sikap posesif sering diartikan sebagai tanda cinta, namun hal tersebut tergantung dari kadar seberapa posesif pasangan kamu. pasangan yang memiliki sifat posesif yang berlebihan akan berusaha mengucilkan kamu dari keluarga atau teman dekat.

Bahkan, pasangan kamu bisa terus menghubungi kamu dalam beberapa jam sekali, melacak lokasi kamu, dan membatasi kegiatan kegiatan kamu. 

6. Selalu cemburu tanpa alasan

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Sama halnya dengan posesif, cemburu yang berlebihan juga bertanda toxic relationship. Terutama jika cemburu yang ditunjukkan berlebihan, tidak masuk akal, dan terus menerus.

Rasa cemburu pun tidak hanya datang dari orang ketiga, cemburu bisa menyangkut pekerjaan hingga karir dan penghasilan. 

7. Tidak merasa didukung 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Hubungan yang sehat seharusnya bisa memberikan dampak positif ke dalam aspek aspek kehidupan kamu. hubungan bisa termasuk toxic jika tidak ada rasa saling mendukung satu sama lain. Sebagai contoh, Ketika kamu mendapatkan penawaran pekerjaan yang lebih baik di tempat lain, pasangan kamu bukannya mendukung kamu tetapi malah menghambat atau mungkin melarang kamu.

Menurut Gregory Kushnick, seorang psikolog asal Amerika Serikat, perkembangan diri dan keinginan pribadi untuk belajar sering dijadikan objek kecemburuan oleh pasangan karena dipandang sebagai ancaman. Ia tidak mau dan tidak rela memiliki pasangan yang lebih baik darinya.

8. Buruknya komunikasi 

Ciri Ciri Toxic Relationship Yang Harus Kamu Waspadai

Dalam toxic relationship tidak berlaku konsep saling menghargai. Sehingga saat kalian berkomunikasi satu sama lain atau berdiskusi, kamu tidak mendpaatkan saran dan kritik yang membangun melainkan kritik sarkasme, kritik tanpa dasar, atau kata kata kasar. 

Itu dia 8 ciri ciri toxic relationship yang harus kamu waspadai. Perlu diingat bahwa pengaruh toxic relationship akan sangat berkaitan dengan Kesehatan mental kamu. perasaan tertekan dan emosi yang kamu dapatkan bahkan bisa membuat kamu depresi jika tidak di atasi dengan baik. Kamu bisa mulai mengonsultasikan permasalahan kamu ke orang terdekat atau orang yang bisa dipercaya untuk menemukan solusinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *