Cegahlah Penyakit Diabetes Sejak Dini!

Cegahlah Diabetes Sejak Dini!

Garisatu.com – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang dapat membahayakan nyawa penderita.

Bacaan Lainnya

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Penyakit Diabetes juga dibagi menjadi 2 bagian secara umum. Yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penyakit Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini kemudian mengakibatkan peningkatan kadar glukosa dalam darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Sedangkan Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Penyakit Diabetes ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Selain kedua jenis diabetes tersebut, terdapat jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gestasional. Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, namun gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

Maka dari itu, kita perlu untuk memperhatikan pola makan serta asupan makanan kita. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang harus kita perhatikan apabila kita kerap mengonsumsi makanan yang manis.

Untuk mencegah terjadinya diabetes, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti dibawah ini. 

1. Menerapkan pola makan sehat 

Menjalani pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk terhindar dari diabetes dan juga penyakit lainnya. Agar tidak terkena diabetes, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya seperti makanan olahan, kue, es krim, dan makanan cepat saji. Untuk mengurangi risiko terkena diabetes, batasi asupan gula harian sebesar 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula.

Sebagai gantinya, kamu dapat memperbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

Jika Anda termasuk tipikal orang yang gemar ngemil, sebaiknya anda memilih camilan sehat, seperti susu, yoghurt rendah lemak dan gula, serta kacang-kacangan yang direbus tanpa garam. Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi dan perbanyaklah minum air putih.

2. Olahraga secara rutin 

Rutin berolahraga membawa banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya mencegah tubuh dari terkena diabetes. Olahraga rutin dapat membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

Setidaknya luangkan waktu Anda untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga jenis apa pun, asalkan dilakukan dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

3. Menjaga berat badan ideal 

Memiliki berat badan ideal merupakan impian kebanyakan orang. Untuk menghindari resiko diabetes, kamu harus menjaga berat badan supaya tetap ideal. Berat badan yang ideal dapat ditentukan menggunakan kalkulator BMI (body mass index).

Jika nilai BMI tubuh Anda tinggi hingga melebihi batas normal, maka bisa saja Anda mengalami obesitas. Kondisi ini merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan rutin olahraga dan menjalani pola makan sehat yang bergizi seimbang.

Cegahlah Penyakit Diabetes Sejak Dini!

4. Mengelola stress 

Tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan stress membawa banyak dampak negatif bagi tubuh.  Salah satunya ialah meningkatkan risiko untuk terkena diabetes. Hal ini karena saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Tidak hanya itu, saat stres tubuh juga akan cenderung lebih mudah lapar dan terdorong untuk makan lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus pandai dalam mengelola stres agar tidak melampiaskannya pada makan atau ngemil secara berlebihan.

5. Pengecekan gula darah secara rutin

Melakukan pengecekan gula darah secara rutin juga sangat diperlukan. Bagi anda yang memiliki kondisi kesehatan sehat dan tidak beresiko tinggi terkena diabetes, disarankan untuk melakukan pemeriksaan gula darah selama satu tahun sekali.

Namun jika Anda memiliki faktor risiko tinggi untuk terkena diabetes, seperti berusia 40 tahun ke atas, memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, obesitas, atau memiliki anggota keluarga yang juga penderita diabetes, maka dokter mungkin akan menyarankan tes gula darah dilakukan lebih sering.

Tes gula darah ini mungkin perlu didahului dengan berpuasa setidaknya 10 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Tes gula darah penting dilakukan supaya anda bisa memonitor kadar gula darah anda dan mendeteksi sejak dini penyakit diabetes.

Di samping melakukan langkah di atas, Anda juga perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol atau bersoda, dan bergadang. Minimal anda harus tidur setidaknya 7 jam setiap hari.

Selain dengan menjalani beberapa langkah pencegahan diabetes di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan langkah apa saja yang dapat dilakuan agar terhindar dari diabetes sesuai dengan kondisi kesehatan anda secara spesifik. 

Pos terkait