Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

  • Whatsapp
Cara Potty Train Anjing Dengan Benar
Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Garisatu.com – Jika diterjemahkan dari Bahasa Inggris, potty training atau potty train anjing tersayang merupakan istilah latihan toilet yang biasanya dilakukan terutama pada anak kecil atau balita, supaya membuang air di tempat yang seharusnya, yakni di toilet. Potty training tidak hanya untuk manusia saja, namun juga berlaku untuk peliharaan kita dirumah. Tentunya jika memiliki peliharaan seperti anjing, kita ingin bebas bermain dengannya dan tidak hanya sekedar menaruhnya didalam kendang saja. Akan tetapi yang menjadi kendala ialah anjing yang tidak dilakukan potty training akan buang air kecil maupun besar sembarangan.

Untuk melakukan potty train anjing juga bukanlah hal yang mudah. Ini merupakan suatu tantangan tersendiri, dan anda harus tetap sabra, tenang dan juga konsisten.

Bacaan Lainnya

Sebab sebagian anjing mungkin akan dengan mudah menguasai potty train anjing, namun kembali lagi, setiap proses potty train anjing berbeda beda. Berikut ini ada panduan untuk melakukan potty train anjing:.

1.         Perkenalkan anjing pada rumah dan isi isinya

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Disaat anda baru saja mengadopsi anjing baru, tentu baginya itu merupakan lingkungan baru yang masih asing dihadapannya. Layaknya kita jika masuk ke sekolah baru atau lingkungan baru yang dimana kita belum mengenal siapa pun.

Mulai dari membawa anjing masuk kedalam rumah, perkenalkan area area yang boleh dia kunjungi dengan membawanya berjalan mengelilingi isi dalam rumah. Seperti contoh jika kamu tidak mengijinkan anjingmu masuk kedalam kamar, jangan pernah biarkan dia berkeliaran didalam kamar itu.

2.         Pahami jenis anjing anda

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Untuk melakukan potty train anjing, kamu juga harus mempelajari sifat dan sikap dari ras anjing anda. Memahaminya akan membuat anda lebih mudah dalam mengajarinya juga.

3.         Awasi anjing anda

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Mengawasi anjing anda terutama pada saat potty training akan sangat penting. Awasi gerak geriknya jika ia menunjukkan ciri ciri ingin buang air. Biasanya anjing akan  mulai bergerak berputar putar, mencakar cakar, mengendus ngendus, menggonggong, atau tanda tanda lainnya.

Jika anda sudah menyadari tanda tanda anjing ingin buang air, segera bawa anjing keluar atau ke tempat seharusnya dia buang air.

4.         Hentikan anjing yang buang air sembarangan

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Hal ini mungkin susah susah gampang untuk dilakukan. Namun jika kamu memergoki anjingmu sedang buang air sembarangan, kamu bisa menghentaknya (namun jangan sampai menakutinya) dan tunjukkan bahwa hal tersebut tidak boleh ia lakukan.

Disarankan untuk menggunakan kata dan tingkat suara yang sama setiap kali anda memergoki anjing anda buang air sembarangan. Anda juga bisa mengikat anjing anda di tempat dekat dia buang air, sebab anjing tidak suka berada dekat dekat dengan kotorannya. Ini juga bisa menjadi ‘hukuman’ baginya sebab dia telah buang air sembarangan.

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

5.         Tentukan tempat buang air

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Tentukan tempat buang air yang ‘tetap’ setiap anjing ingin buang air, jadi anda akan mengarahkannya ke tempat itu setiap kali ia ingin buang air. Anjing akan menegnali bau urinnya dan mulai menghubungkan tempat tersebut sebagai toiletnya.

6.         Berikan pujian atau penghargaan

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Setiap kali anjing buang air ditempat seharusnya, berikan ia pujian dengan menyayanginya atau kamu bisa berikan snack sebagai penghargaan atas keberhasilannya.

7.         Segera bersihkan kotoran anjing didalam rumah

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Ketika anjing buang air sembarangan di dalam rumah seperti dilantai, sebaiknya kamu segera membersihkannya. Dan direkomendasikan untuk membersihkan kotoran anjing dengan menggunakan pembersih enzimatis.

Pembersih enzimatis dapat membantu menghilangkan bau yang menarik anjing kembali untuk buang air di tempat tersebut. Jangan gunakan pembersih yang mengandung ammonia atau cuka putih. Kamu juga bisa meletakkan kapas yang disemprot dengan amonia di tempat seharusnya anjing buang air untuk merangsang si anjing.

8.         Gunakan kandang anjing

Cara Potty Train Anjing Dengan Benar

Metode ini juga bisa dilakukan terhadap anjing. Terutama jika anda kesulitan dalam mengawasi anjing anda. Anjing akan menganggap bahwa kandang tersebut ialah rumahnya, dan ia enggan untuk mengotori rumahnya tersebut dengan kotorannya.

Selama potty training, kamu bisa menaruh anjing didalam kandang dan mengajaknya keluar selama beberapa jam sekali untuk dia membuang air. Setelahnya, kamu bisa mengajaknya bermain sebentar dan kembali menaruhnya didalam kandang.

Pastikan kamu memilih kandang yang cukup besar sesuai dengan ukuran anjingmu. Pastikan anjingmu dapat berdiri, berbaring, dan berguling, namun jangan terlalu besar juga karena ini memungkinkan anjing meenggunakan salah satu bagian didalam kandang untuk buang air dan bagian lain untuk tidur.

Itu di cara cara melakukan potty training pada anjing. Memang membutuhkan waktu dan kesabaran dala potty train sehingga jangan sampai kamu meyerah ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *