Cara Menghadapi Ghosting

Cara Menghadapi Ghosting

Garisatu.com – Pernah mengalami ghosting ? Ghosting adalah istilah untuk menyebut orang yang lagi sedang dekat atau PDKT dengan kita, dan kelihatannya sama-sama suka, tapi mendadak dia menghilang bagai ditelan bumi.

Menghilang secara tiba tiba, tanpa membalas pesan, atau bahkan tanpa kita sadari, dia mungkin memblokir akun sosial media kita. Selain istilah ghosting, istilah zombieing juga hadir dalam hubungan.

Bacaan Lainnya

Zombieing diartikan sebagai seseorang yang sebelumnya melakukan ghosting lalu kembali secara tiba-tiba dalam kehidupan kita bagaikan mayat yang bangkit dari kematian. 

Kedatangan atau kembalinya seseorang yang telah lama hilang dan tiba-tiba datang tentu membuat perasaan campur aduk dan tidak karuan. Dalam kondisi ini juga, kamu tentu bingung harus memberi respons seperti apa.

Namun jangan khawatir, jika kamu menjadi korban ghosting dan zombieing, beberapa tips dibawah dapat kamu lakukan untuk merespons si dia yang lama menghilang. 

1. Jangan terlalu cepat membalas pesannya 

Mendadak menerima notifikasi dari seseorang yang sudah lama hilang tentu menimbulkan rasa penasaran yang tinggi. Terutama bagi kaum hawa, apabila notifikasi itu datang dari seseorang yang pernah menjalin hubungan dekat dengan kita, tentu rasanya ingin cepat membalas dan menanyakan ada apa.

Namun, jangan terlalu gegabah. Sebab, jika kamu terlalu cepat membalas, dia akan merasa lega karena dia menganggap kamu sudah menunggu pesan darinya sejak lama. Balaslah dengan singkat dan janganlah mudah terbawa perasaan untuk menghindari kejadian ghosting yang tidak diinginkan dikemudian hari. 

2. Kendalikan perasaanmu 

Terlanjur memiliki perasaan kemudian di ghosting merupakan hal yang umum terjadi. Hal ini kemudian membuat kita sakit hati dan bahkan sulit untuk melupakannya. Disaat dia datang kembali ke kehidupanmu, jangan terlalu mudah terbawa suasana.

Kendalikan pikiranmu dan ingat bahwa tindakannya menghilang dan kembali secara tiba-tiba menunjukkan adanya sikap inkonsistensi dalam suatu hubungan. Dengan demikian, kamu perlu bertanya lagi kepada diri, apakah kamu menginginkan pasangan seperti itu dalam hubungan atau tidak.

Selain itu, cobalah untuk memikirkan hal-hal apa yang kamu butuhkan dari dia untuk hubungan ke depannya.

3. Cari tahu alasannya kembali 

Apabila dia tiba tiba kembali setelah menghilang tanpa alasan yang jelas. Kamu harus mencari tahu tujuannya yang sebenarnya, apakah dia hanya kembali untuk mempermainkan perasaan mu saja atau dia benar benar mengakui tindakannya dan menyesal.

Perlu diketahui, bahwa banyak orang bersikap seolah-olah tidak ada yang terjadi dengan datang begitu saja tanpa rasa bersalah. Jika dia tidak mengakui tindakannya, itu artinya dia menganggap hal ini biasa saja. Jadi jangan terlalu kaget jika nantinya dia akan melakukannya lagi di kemudian hari.

4. Jangan terburu buru 

Hadapi dengan santai, jangan terlalu cepat membalas pesannya dan tunjukkan sikap santai didepannya seakan kamu dan dia sebatas teman biasa. Apabila kamu memutuskan untuk merespons kedatangannya kembali, jangan terburu buru mengambil keputusan untuk menjalin hubungan guna menghindari sakit hati yang tidak diinginkan.

Kamu harus melihat usaha dia, apakah dia berusaha untuk mendapatkan kepercayaanmu kembali atau tidak. Selain itu, perhatikan juga bagaimana sikapnya terhadap orang-orang yang ada di sekitar kamu, untuk mengetahui keseriusan terhadap hubungan tersebut.

Jika kamu sudah benar-benar percaya kepadanya, lanjutkan saja. Tapi pastikan dia tidak akan bersikap seperti itu lagi.

5. Bertahan pada prinsip 

Setelah melakukan berbagai pertimbangan dan ternyata kamu memutuskan untuk tidak menerimanya lagi, cobalah untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada si dia.

Jujurlah dengan apa yang kamu rasakan dan komunikasikan dengan cara yang tepat. Beri tahu padanya bila kamu tidak menyukai sikapnya yang suka ghosting.

Selain itu, ungkapkanlah hal itu tanpa rasa emosi dan beri tahu bahwa mungkin kamu masih bisa menjalin hubungan pertemanan dengannya.

Jangan terlalu terbawa perasaan mengingat bahwa kalian tidak benar benar berada dalam suatu hubungan. 

Cara Menghadapi Ghosting

Itu dia tips mengahadapi si ghoster yang tiba tiba kembali. Tapi penting untuk kamu ketahui apakah alasannya kembali apakah serius atau memang untuk bermain main saja.

Berikut beberapa alasan yang mungkin mendorong si ghoster kembali kepadamu. 

1. Bosan 

Ini merupakan salah satu kemungkinan yang mendorong kembalinya si ghoster. Dia merasa bisa kembali pada mu kapanpun dia mau. Kemudian menghilang secara tiba tiba saat sudah merasa bosan denganmu. Tapi, tidak diragukan bila dia kembali lagi padamu dikemudian hari. Itulah sikap ketidak konsistenannya yang harus kamu waspadai. 

2. Mencari perhatian 

Ia ingin mendapatkan perhatian darimu. Ia tahu bahwa kamu tertarik dengannya, kemudian ia menghubungi kamu lagi untuk mendapat perhatian. Kepribadiannya yang narsis akan berasumsi bahwa kamu belum move on darinya, maka ia pikir kamu akan senang atas kemunculannya kembali. 

3. Melihat postingan terbarumu

Terlalu banyak yang didekati mungkin membuatnya lupa bahwa kamu pernah hadir dikehidupan si ghoster. Maka, saat dia melihat postingan mu, seketika ia teringat masa masa bersamamu dan kembali menghubungi kamu. 

4. Ia menyesal

Setelah menghilang tanpa kabar, tidak menutup kemungkinan bahwa kehadirannya kembali merupakan penyesalannya. Bisa saja dia mengakui kesalahan dan berniat menjalani hubungan yang serius denganmu.

Pos terkait