Cara Mengatasi Sembelit

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Sembelit
Cara Mengatasi Sembelit

Garisatu.com – Sembelit merupakan masalah kesehatan yang kerap di hadapi rata-rata orang. Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang sulit untuk buang air besar, antara lain karena feses yang keras.

Umumnya, seseorang dikatakan mengalami sembelit apabila frekuensi BAB selama satu minggu hanya berlangsung tiga kali atau kurang.

Bacaan Lainnya
Cara Mengatasi Sembelit

Sembelit memang membuat penderitanya tidak nyaman, karena kotoran yang seharusnya dibuang malah tertumpuk didalam pencernaan kita, salah satunya bisa menyebabkan buncit. 

Cara Mengatasi Sembelit

Berikut ada beberapa makanan yang baik bagi pencernaan untuk mengatasi sembelit. 

1. Pisang, Pepaya  

Cara Mengatasi Sembelit

Buah yang direkomendasikan bagi penderita sembelit ialah pisang. Pisang mempunyai kandungan serat dan mineral yang berguna melancarkan pencernaan. Kemudian pepaya, pepaya juga baik bagi pencernaan kita sehingga membantu kita membuang air besar lebih mudah. 

2. Oatmeal atau gandum 

Cara Mengatasi Sembelit

Oatmeal memang termasuk karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan, mengeyangkan dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Oatmeal juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung. 

3. Yoghurt 

Cara Mengatasi Sembelit

Yoghurt mengandung mikroorganisme probiotik yang baik bagi pencernaan khususnya kesehatan usus. Bakteri probiotik dalam yogurt dipercaya bisa berkhasiat dalam melunakkan kotoran. Dengan begitu, BAB akan lebih lancar karena kotoran lebih mudah keluar.

4. Sayuran 

Cara Mengatasi Sembelit

Sayuran hijau kaya akan serat dan rendah kalori. Tidak ada salahnya mengonsumsi sayur karna manfaatnya baik bagi kesehatan. Sayuran yang terbukti mengatasi sembelit salah satunya yakni brokoli. Mengonsumsi brokoli dalam kondisi mentah dipercaya dapat mendapatkan lebih banyak serat daripada memasaknya terlebih dahulu. 

5. Air putih 

Cara Mengatasi Sembelit

Air putih memang memegang peran yang amat penting dari tubuh kita. Karena sekitar 53% tubuh kita adalah air. Air putih berguna bagi keseluruhan tubuh kita, salah satunya melancarkan pencernaan dan menutrisi kulit. Dianjurkan untuk minum air minimal 2 liter per hari. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *