Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome
Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Garisatu.com – Susah move on dari post holiday syndrome? Musim liburan telah berakhir dan banyak dari kita yang merasa sangat susah rasanya untuk kembali menghadapi realita kehidupan. Perasaan ini disebut sebagai post holiday syndrome.

Memiliki perasaan seperti itu memang wajar wajar saja sebab tubuh dan pikiran kita sudah terlalu menikmati kesenangan saat berlibur. Hal yang tidak mengenakkan ialah saat kita malah merasa sedih, dan tertekan. Tentu hal ini tidak hanya membuat kita malas bekerja, namun juga tidak termotivasi dalam melakukan aktifitas.

Bacaan Lainnya

Kondisi post holiday syndrome (PHS) seperti ini juga biasa disebut sebagai post-vacation blues (PVB). Jika kamu mengalami post-vacation blues atau post holiday syndrome, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasinya dan kembali normal dalam menghadapi realita. Simak tips dibawah ini

1.         Rencanakan liburan selanjutnya

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Tidak semua liburan membutuhkan uang atau budget yang banyak. Kamu bisa merencanakan liburan sederhana seperti staycation di tempat tempat yang tidak terlalu jauh dari kotamu dan memilih opsi yang lebih murah untuk berlibur sehingga kamu juga bisa menghemat budget. 

Seperti yang dilansir dari Huffigton Post, bagian yang paling membahagiakan dari liburanmu mungkin bukan liburan itu sendiri namun momen momen yang kamu nikmati, mulai dari merencanakan liburan atau momen didalam perjalanan Bersama teman temanmu.

Berdasarkan studi pada tahun 2010, merencanakan liburan saja sudah bisa meningkatkan tingkat kebahagiaanmu sebab rasa excited dan semangat dalam menunggu liburan itu tiba. Perasaan seperti ini bisa memotivasimu untuk lebih semangat dan move on dari post holiday syndrome kamu.

2.         Pajang kenangan favoritmu

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Setelah kembali ke rumah dan beraktifitas seperti biasa sehabis liburan. Hal yang bis akita lakukan hanyalah melihat foto dan video yang tersisa. Jika ada waktu luang, gunakanlah untuk melihat album album foto pada saat kamu liburan.

Dengan melihat kembali perjalanan liburan kamu, hal ini secara tidak langsung bisa membangkitkan semangatmu kembali dan mengingatkanmu pada rasa Bahagia dan senang seakan kamu sedang berlibur.

Kamu juga bisa memilih beberapa foto momen yang paling Bahagia atau berarti untuk dipajang diruang kerja, dirumah, atau di kamar tidur supaya kamu bisa melihatnya kapan pun.

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

3.         Sediakan waktu untuk bersantai

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Sebagian orang bisa mengalami PHS mungkin karena aktifitas yang terlalu padat dalam rutinitas mereka, dan liburan merupakan salah satu get away yang bisa mereka manfaatkan untuk melepaskan segala penat.

Ketika liburan berakhir, lebih mudah pula bagi mereka untuk menglamai PHS karena harus kembali lagi pada aktifitas padat yang melelahkan. Tips untuk mengatasi kondisi seperti ini ialah cobalah untuk lebih santai dalam melakukan pekerjaan mu, jangan memberi dirimu sendiri terlalu banyak tekanan.

Hal ini akan sangat membantu jika kamu bisa bekerja dengan rileks, maka tekanan yang kamu hadapi juga semakin kecil. Disisi lain, kamu bisa merasakan liburan ala ala dirumah seperti mandi air panas, merawat drii dengan masker sambal menonton film favoritmu.

4.         Berhubungan dengan teman dan keluarga

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Menurut seorang psikolog Melody Ott, hubungan adalah bagian yang penting dalam hidup kita. Liburan seringkali menjadi waktu berhubungan yang cukup dalam (quality time) dengan mereka yang kita kunjungi atau pergi Bersama. Menjaga hubungan bahkan setelah liburan sangatlah penting.

Setelah liburan usai, kamu bisa mencoba mengajak teman atau kerabat untuk kembali bertemu, meskipun hanya menyantap makanan atau mengobrol saja. Terkadang setelah bertemu dengan teman, baik itu teman yang tidak lama berjumpa atau teman yang sering kita jumpai, bisa membuat kita merasa ‘lebih baik’ seakan dunia kita ‘utuh’ kembali dan meningkatkan mood kita.

5.         Bersyukur dan perhatikan hal sekitar

Cara Mengatasi Post Holiday Syndrome

Bisa menikmati liburan dan memiliki waktu untuk bersantai Bersama dengan teman teman atau keluarga merupakan hal yang harus kita syukuri. Masih banyak orang kurang beruntung yang bahkan tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk berlibur.

Ketika kita mengalami PHS, kita bisa mengingatkan diri kita kembali pada hal hal hal baik yang terjadi didalam hidup kita dan mensyukurinya. Bersyukur merupakan kunci kebahagiaan seseorang. Senantiasa bersykur dan memperhatikan hal hal sekitar terbukti bisa mengurangi depresi dan stress, serta menghasilkan kesejahteraan dalam hidup.

Itu dia 5 tips efektif yang bisa kamu lakukan untuk emncegah post vacation blues atau post holiday syndrome. Semoga tips ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *