4 Cara Mengatasi Perasaan Insecure

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Perasaan Insecure
Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Garisatu.com – Insecure menjadi musuh bagi mayoritas orang. Semua orang pasti pernah merasa insecure, namun apa sih sebenarnya rasa insecure itu? 

Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

Bacaan Lainnya

Rasa insecure bisa membuat seseorang tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Hal ini tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Bahkan, orang yang terus merasa insecure bisa kehilangan pekerjaannya.

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Perasaan tidak aman ini juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, gangguan makan, dan kelelahan kronis. Dalam hubungan dengan pasangan, rasa insecure yang berlarut-larut akan membuat hubungan menjadi lebih hambar dan penuh kecemburuan.

Jika kamu memiliki rasa insecure yang berlebihan, yuk, terapkan cara berikut ini agar terhindar dari dampak buruk akibat kebiasaan ini:

1. berusaha untuk tetap berfikir positif 

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

maslaah tentu akan datang melanda, namun tidak selamanya masalah itu akan menetap di kehiduapn kamu, disaat dilanda masalah, tentu yang akan kamu rasakan bisa menjadi tertekan, menyalahkan diri sendiri, dan stress.

Bersikap tenanglah saat dihadapi oleh suatu masalah, cari jalan keluarnya dengan pikiran dingin dan ambil hikmah yang bisa dipelajari dari maslaah tersebut. Menerapkan pemikiran positif bisa membuat kamu belajar dari kesalahan atau masalah. 

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri  

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Memiliki pikiran yang negative memang sangat sulit untuk dihindari. Namun kamu harus terus mendorong diri kamu untuk melawan pikirna negative itu, karena jika bukan kamu, maka siapa lagi yang akan melakukannya untuk mu?

Disaat masalah datang, jangan terus berfikir atau berperasaan bahwa kamulah penyebab masalah tersebut, karena pada faktanya, semua orang melakukan kesalahan, semua orang pernah merasa malu, merasa gagal, dan itu totally adalah hal yang wajar.

Kamu bisa memilih untuk tetap tenggelam dalam perasaan bersalah atau bangkit dan belajar dari kesalahan itu. Contoh lainnya seperti, kamu merasa bahwa kamu kelebihan berat badan, perasaan insecure kemudian muncul dan pikirnamu seakan akan mengolok dirimu sendiri.

Disinilah kamu harus melawan pikiran itu step by step. Bersedih memang di perbolehkan, tetapi once again, setelah bersedih, bangkit lah dan set new goals untuk dirimu.

Stick yourself to a workout routine or diet program. You might fail in the beginning, but those who never give up is the true winner. Diam dan meratapi nasib tidak akan membantumu keluar dari perasaan insecure itu. 

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

3. Stop membandingkan diri dengan orang lain  

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Mungkin sejak kecil secara tidak langsung kita sudah sering menjadi bahan perbandingan denagn orang lain yang lebih baik daripada kita. Pada saat dewasa pun, kita kerap membanding abndingkan diri kita dengabn orang lain yang lebih dari kita. Di titik ini, kamu perlu berhenti sejenak untuk memikirkan segalanya dengan baik sebelum kamu hanyut dalam pikiranmu.

Disaat kamu merasa iri atau merasa sedang membanding bandingkan dirimu dengan orang lain, penting untuk tidak menilai segala sesuatu dari luar saja.

Seperti contoh, melihat salah seorang temanmu yang terus pergi berkeliling dunia dan bisa menghasilkan uang  pdahal masih seumuran kamu, satu hal yang wajib kamu ingat adlaah kamu tidak tahu kisah dibalik sebuah foto yang kamu lihat di sosial media. meskipun kamu merasa tahu latar belakang dan kehidupan orang tersebut, tetap ada sisi yang tidak diumbar ke public.

Setelah mengingatkan dirimu sendiri, kemudian cobalah bersyukur dengan kondisi kamu saat ini, bersyukur atas apa yang masih bisa kamu miliki disaat orang lain sedang mengharapkan berada di posisimu. Melihat keatas memang baik untuk kita jadikan inspirasi dalam tumbuh kembang kita, namun penting juga untuk tetap melihat kebawah untuk mengajarimu bersyukur.

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Bersyukur akan membawa kamu ke pikrian yang lebih damai. Dan ingatlah bahwa memang tdak aka nada orang yang sempurna didunia ini. semua memiliki porsi nya masing masing.   

4. Lakukan hal yang membuat kamu Bahagia 

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Cobalah untuk focus pada hal hal yang membuat kamu Bahagia dan perlahan lupakan rasa insecure mu. Tenangkan hati dan pikiran kamu, pikirkanlah apa yang ingin kamu dapatkan di hidup ini, kamu ingin menjadi seperti apa, apabila kamu merasa tidak memiliki tujuan, cari perlahan apa sebenarnya yang diinginkan oleh dirimu.

Fokuskan pikiran terhadap hal hal yang ingin kamu capai, sederhana, misalkan seperti memulai pola hidup sehat dengan olahraga rutin, atau rutin mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari, atau isi waktu senggangmu dengan melakukan hobimu, baking, jalan sore, me time di salon, dan sebagainya.

Kamu bisa memulainya dengan Langkah kecil seperti bangun tidur dan bersiap pergi ke sekolah, kampus, atau ke tempat bekerja dengan senyuman dan perasaan yang Bahagia. Kemudian, pertahankan sikap seperti itu sepanjang hari.

Cara ini efektif dalam meningkatkan mood seseorang.   Tampaknya ekspektasi dan realita akan sangat berbeda jika membahas tentang “insecure”.

Memang jauh lebih mudah saat mengucapkannya ketimbang mempraktekkannya. Tetapi hanya kamu yang bisa mengubah dirimu sendiri. Disaat niat dan keinginanmu sudah  kuat, kamu hanya perlu perlahan melangkahkan kaki ke bagian yang lebih indah di hidupmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *