Cara Membuat Barcode Sendiri, Melalui 3 Sistem Operasi

  • Whatsapp
Cara Membuat Barcode Sendiri, Melalui 3 Sistem Operasi

Garisatu.com – Untuk membuat barcode sekarang semakin mudah, karena tidak perlu lagi alat khusus untuk membuatnya. Barcode sendiri adalah sebuah pola geometris yang umumnya memiliki bentuk vertikal. Fungsi dari barcode ialah untuk memindai  dan melacak sebuah barang atau properti.

Pada awal perkenalannya, barcode digunakan untuk melacak kereta api. Akan tetapi, seiring berkembangnya jaman barcode menjadi semakin populer semenjak digunakan untuk mendata barang di supermarket.

Bacaan Lainnya

Selain untuk kebutuhan produksi dan melacak ketersediaan produk, barcode juga dapat digunakan untuk keperluan pribadi. Misalnya, barcode dibuat untuk menandai produk jualan atau koleksi pribadi sehingga Anda lebih mudah dalam mengidentifikasinya.

Membuat Barcode Sendiri Sudah Mudah

Jika dahulu diperlukan alat khusus untuk membuat barcode, kini Anda sudah bisa membuat barcode sendiri di PC, di Android, maupun perangkat Apple. Berikut langkah-langkah membuat barcode sendiri.

Cara Membuat Barcode Sendiri, Melalui 3 Sistem Operasi

Buat barcode secara online dapat digunakan untuk keperluan bisnis karena Anda harus menggunakan kode identifikasi yang resmi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menciptakan barcode resmi yang bisa digunakan untuk memulai bisnis Anda:

  1. Buat nomor identifikasi UPC / ISBN untuk produk Anda. Anda bisa membuat nomor UPC / ISBN dengan angka yang sama pada awalnya, tetapi harus dibedakan pada beberapa digit terakhir.
  2. Masuk ke link Barcode.gs1us.org untuk mendapatkan UPC Anda. Setelah memasukkan data produk berserta rinciannya, kode UPC akan diberikan. GS1 memiliki sertifikat resmi sebagai mitra untuk membantu dalam proses pembuatan barcode secara digital.
  3. Sementara itu, untuk memperoleh nomor ISBN Anda dapat masuk ke link ISBN.org. Di situs ini Anda bisa request ISBN tunggal, blok penerbit nomor ISBN, atau nomor penerbit ekstra ISBN. Di sini, Anda akan meminta ISBN dari organisasi bernama Browker untuk memverifikasi bisnis Anda. Setelah ISBN dikirimkan, Anda bisa meletakkan barcode tersebut di belakang barang Anda.

Jika tak ingin menggunakan barcode untuk keperluan berbisnis, Anda juga bisa menggunakannya untuk inventori pribadi Anda, lho. Berikut cara-cara bikin barcode untuk diletakkan pada barang-barang pribadi:

  1. Masuk ke situs CreateBarcodes.com untuk membuat barcode secara online
  2. Ikuti wizard barcode untuk membuat barcode digital Anda
  3. Tetapkan nama dan nomor seri untuk setiap barang di situs BarcodesInc untuk menghasilkan barcode pribadi
  4. Tempelan barcode di setiap barang yang Anda miliki untuk penggunaan secara pribadi.

Buat Barcode Dari Android

Cara Membuat Barcode Sendiri Melalui 3 Sistem Operasi 2 1

Untuk pengguna smartphone Android, dapat membuat barcode sendiri dengan mengunduh aplikasi-aplikasi seperti,

  1. Barcode Generator
  2. Barcode Architect
  3. Code39
  4. Barcode Generator and Scanner – Offline
  5. Advance Barcode Generator
  6. Barcode Generator dari developer Hamsoft Uganda

Buat Barcode Dari Ios

Cara Membuat Barcode Sendiri Melalui 3 Sistem Operasi 3 1

Bagi pengguna perangkat Apple, seperti iPhone atau iPad, Anda bisa membuat barcode dengan aplikasi bernama Qrafter. Aplikasi ini sama dengan Barcode Generator, yakni dapat membuat QR Code atau jenis barcode lainnya.

Barcode Generator dan Qrafter adalah sebuah aplikasi pembuat barcode yang digunakan untuk memudahkan Anda dalam memproduksi barcode tanpa harus menggunakan cara-cara yang rumit. Anda hanya memerlukan perangkat Android dan iOS, lalu bisa langsung mencetaknya melalui printer wireless.

Akan tetapi, untuk menghasilkan barcode yang nantinya akan diletakkan di produk yang akan dipasarkan, sebaiknya Anda menggunakan cara membuat barcode secara online. Pasalnya, barcode pada produk tersebut harus memiliki kode yang resmi sesuai dengan peraturan perdagangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *