Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

  • Whatsapp
Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!
Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Garisatu.com – Memiliki kutu di kepala tentu akan sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman serta tidak percaya diri. Membasmi kutu rambut juga harus cepat dilakukan supaya tidak berkembang biak dan menjadi semakin banyak di kepala kita, bahkan bisa menimbulkan infeksi. Sebelum menghilangkan kutu rambut, kamu juga perlu tahu apa yang menjadi penyebab rambut kamu kutuan, apakah karena adanya kontak langsung atau tidak langsung dengan orang yang memiliki kutu rambut, atau memang kamu jarang keramas, atau kondisi sprei, kasur, maupun bantal yang kotor sehingga menjadi sarang perkembang biakan kutu.

Setelah tahu penyebabnya, kamu bisa mengatasi penyebab utamanya terlebih dulu kemudian focus untuk menghilangkan kutu pada rambut kepala. Menghilangkan kutu bisa dilakukan dengan beberapa cara alami sehingga tidak menimbulkan bahaya. Simak penjelasannya dibawah ini: 

Bacaan Lainnya

1. Cuka 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Sifat cuka yang asam bisa digunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut dan telurnya dengan cepat. Namun kamu perlu hati harti dalam menggunakannya sebab memiliki sifat yang sangat asam.

Caranya, cukup siapkan 2 sendok makan cuka, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan ke bagian kulit kepala sebelum kamu tidur, gunakan shower cap atau penutup kepala dan tinggal tidur seperti biasa. Pada saat esok harinya, cukup keramas seperti biasa menggunakan shampoo. 

2. Minyak zaitun 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Minyak zaitun memang dikenal baik dalam merawat tubuh dan juga untuk kecantikan. Minyak yang berasal dari buah zaitun ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu pada rambut.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan pijat dengan lembut, namun sebelumnya kamu harus memastikan bahwa rambut kamu sudah dicuci dan dalam kondisi kering. Setelah mengoleskan minyak zaitun, tutup menggunakan shower cap dan diamkan hingga esok hari. Keramas Kembali setelah kamu bangun tidur. 

3. Bawang putih 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Selain cabai yang memiliki kandungan capsaicin, ternyata bawang putih juga mengandung capsaicin lho, meski kandungannya tidak sebesar cabai. Namun kandungan capsaicin dalam bawang putih cukup untuk membasmi kutu dan telurnya.

Caranya dengan memblender 10 siung bawang putih dan giling hingga halus, campurkan dengan 3 sendok teh jeruk nipis, dan oleskan pada kulit kepala hingga merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut dan diamkan hingga 30 menit. Lalu keramas hingga rambut mu bersih, 

4. Lemon 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Buah lemon juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungannya kurang lebih sama seperti cuka asam. Jika kamu tidak menyukai bau cuka, mungkin kamu bisa menggunakan lemon sebagai alternatif membasmi kutu.

Caranya dengan memotong dan memeras 2 buah lemon, kemudian campurkan ke dalam air 100 ml, teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit pijit selama 5 sampai dengan 10 menit, lalu diamkan selama 30 hingga 40 menit baru bersihkan rambut mu dengan air hangat. 

5. Alkohol 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Alkohol yang memiliki kadar 70% bisa kamu gunakan untuk membasmi telur kutu rambut. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa isoprofil pada alcohol yang mempu membasmi kutu maupun telurnya.

Cara nya mudah, cukup menuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan, kemudian oleskan pada bagian kulit kepala dan [ijay dengan lembut, diamkan selama 20 hingga 30 menit, gunakan sisir serit untuk menyisir rambut supaya kutu maupun telurnya bisa keluar dari rambut, dan keramas dengan air dingin hingga rambut mu bersih. 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

6. Mouth wash 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Mouth wash yang kita gunakan untuk berkumur setelah menyikat gigi juga bisa membasmi kutu beserta telurnya. Caranya dengan menuangkan obat kumur pada telapak tangan secukupnya, lalu oleskan dan pijit pijit dengan lembut hingga merata pada seluruh permukaan kulit, tutup dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 2 jam, kemudian keramasi rambut dengan menggunakan air dingin. 

7. Minyak kelapa 

Cara Alami Membasmi Kutu dan Telurnya Di Kepala!

Jika kamu tidak memiliki minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa, begitu juga sebaliknya. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang mampu membasmi kutu. Selain itu juga mengamndung vitamin e yang bisa menutrisi dan menyehatkan rambut.

Cara nya dengan menyiapkan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu hangatkan sebentar, kemudian olesi pada kulit kepala dan pijat dengan lembut sekitar kurang lebih 15 menit. Gunakan shower cap untuk menutup kepala dan diamkan hingga besok pagi. Kamu tinggal mengeramasi rambut dengan shampoo seperti biasa. 

Itu lah cara cara menghilangkan kutu dan telurnya secara alami. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *