Bukan Samsung Penguasa Pasar Ponsel Indoesia, Siapa Penguasanya?

  • Whatsapp
Bukan Samsung Penguasa Pasar Ponsel Indoesia

Garisatu.com – Laporan firma riset Counterpoint mengungkapkan Indonesia menjadi salah satu pasar ponsel yang tengah berkembang di dunia dan didominasi oleh merek smartphone asal China.

Bukan Samsung Penguasa Pasar Ponsel Indoesia

Bukan Samsung Penguasa Pasar Ponsel Indoesia

Hasil riset Counterpoint menunjukkan bahwa vendor smartphone asal China menjadi penguasa pasar, sekitar 73,3 persen dari total pengiriman (shipment) smartphone di Indonesia. Dari lima besar vendor smartphone di Indonesia, empat di antaranya adalah vendor ponsel China.

Bacaan Lainnya

Bahkan, penguasa dua teratas pengapalan smartphone pada kuartal II-2020 dikuasai Vivo dan Oppo, menggeser posisi yang selama ini dipegang vendor Korea Selatan, Samsung.

Secara berurutan, pangsa pasar smartphone di Indonesia kuartal II-2020 adalah Vivo sebesar 21,2 persen kemudian Oppo 20,6 persen.

Vivo mengalami peningkatan pangsa pasar yang signifikan dari 7,8 persen menjadi 21,2 persen pada kuartal II-2020.

Sementara Samsung justru mengalami penurunan dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu, yakni dari 27 persen menjadi 19,6 persen.

Selanjutnya, Xiaomi berada di posisi keempat dengan pertumbuhan jumlah pengapalan smartphone hingga 17,9 persen, sebagaimana dihimpun Gizchina, Senin (7/9/2020).

Bukan Samsung Penguasa Pasar Ponsel Indoesia

Di belakang Xiaomi, ada Realme yang menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 13,6 persen. Angka itu meningkat dibandingkan periode Q2 2019 yang pertumbuhannya hanya mencapai 7,6 persen.

Meski Xiaomi berada di posisi keempat, namun Wakil Direktur CounterPoint, Tarun Pathak mengatakan bahwa Xiaomi memimpin penjualan smartphone secara online, dengan pangsa pasar mencapai 40 persen di Indonesia.

“Redmi 8A adalah ponsel terlaris di kanal online, diikuti oleh Realme 5i dan Redmi Note 8 series,” imbuh Pathak.

Selain Xiaomi, Realme dan Samsung masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dalam pasar penjualan smartphone secara online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *