Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

  • Whatsapp

Garisatu.com – Makaroni schotel atau terkadang yang disebut sebagai makaroni schotel merupakan sebuah hidangan kaserol makaroni Indonesia yang terbuat dari pasta (makaroni), keju, susu, mentega, daging (terutama daging asap atau ayam), sosis, tuna, telur, bawang bombay, jamur dan terkadang juga menggunakan kentang. Asal hidangan tersebut adalah Indonesia. Nama makaroni schotel terdiri dari dua kata, yakni makaroni dan schotel atau schaal. Makaroni schotel adalah kata Indonesia untuk “macaroni” dalam bahasa Inggris, sementara schotel atau schaal adalah kata Belanda yang artinya “hidangan” atau “piring”.

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

Menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman, makaroni schotel merupakan salah satu makanan yang dibawa oleh penjajah Belanda saat itu ke negara-negara jajahannya, salah satunya ke Indonesia pada pertengahan abad ke 19. “Orang-orang Belanda yang sering membuat macaroni panggang dalam pinggan atau wadah yang kemudian dipanggang,” ujar Fadly.

Bacaan Lainnya
Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

Hidangan hidangan makanan berbahan dasar pasta dan keju kemudian menjadi minat banyak orang. Mulai dari spaghetti carbonara, mac and cheese dan makaroni schotel salah satunya. Disini kita akan membagikan resep untuk membuat macaroni schotel yang enak dan tentunya dengan rasa keju yang melimpah. Simak resep dibawah ini ya:

Sebelum mulai membuat, sebaiknya siapkan terlebih dulu semua bahan bahan supaya kamu tidak kerepotan saat sedang memasak.

Bahan bahan yang diperlukan :

1.         1 buah bawang Bombay berukuran sedang

2.         200 gr macaroni elbow

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

3.         140 gr keju parut (bisa menggunakan keju cheddar, mozzarella, atau edam)

4.         3 buah sosis sapi (potong kecil kecil)

5.         4 butir telur utuh

6.         320ml susu cair full cream

7.         Garam pala merica sesuai selera

8.         1 buah wortel yang dipotong dadu kecil

Bahan saus putih :

1.         160 gr keju parut (bisa menggunakan keju cheddar, mozzarella, atau edam juga)

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

2.         300cc susu cair

3.         2 sdm tepung segitiga

4.         2 sdm butter

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

Kemudian ikuti petunjuk pembuatan dibawah ini :

1.         Pertama, rebus macaroni elbow dalam air, kamu bisa menambahkan sedikit garam supaya macaroni nya sendiri tidak terlalu hambar. Kemudian tiriskan dan beri sedikit minyak, lalu aduk rata.

2.         Masukkan 2 sdm butter kedalam wajan, lalu masukkan bawang Bombay dan tumis hingga harum, kemudian lanjut masukkan sosis dan wortel, aduk hingga matang

3.         Kemudian masukkan macaroni yang telah direbus tadi, dan masukkan juga keju 140 gr. Aduk hingga merata

4.         Setelah macaroni dan keju masuk kedalam wajah, segera masukkan campuran susu dan telur, kemudian bumbu pala garam merica atau kaldu bubuk gula sesuai dengan selera kalian. Masak sekitar 5 menit supaya meresap.

5.         Setelahnya, untuk membuat saus putihnya, pertama tama panaskan butter masukkan tepung terigu, perlu diperhatikan untuk mengaduknya dengan cepat untuk menghindari tepung menggumpal pada wajan. Kemudian lanjutkan dengan tuang keju, dan susu segera. Masak dengan api kecil hingga mengental dan kejunya larut.

Buat Makaroni Schotel Keju Super Nikmat Dengan Resep Ini!

6.         Tata macaroni diatas pyrex/ramekin/aluminium cup. Tata sekitar ¾ bagian saja kemudian siram dengan saus putih yang sudah dibuat tadi. Kamu bisa meberi tambahan dengan menaburkan sedikit keju parut atau oregano atau parsley sesuai selera kamu. kemudian macaroni siap untuk dipanggang.

7.         Panggang macaroni dengan suhu 180 derajat sekitar 40 menit hingga harum dan matang sempurna. Kamu bisa mengecek berkala untuk menghindari macaroni gosong. Atau kamu juga bisa memanggang lebih lama jika kamu menyukai permukaan dan bagian samping yang kecokelatan, namun jangan sampai gosong ya. Beberapa orang menyukai permukaan yang lebih cokelat warnanya sebab lebih harum dan lezat.

8.         Setelah macaroni matang, tunggu beberapa saat atau tunggu ketika macaroni sudah hangat / adem, baru di potong potong menjadi bagian. Jangan terlalu cepat memotong macaroni yang baru matang sebab tekstur didalamnya masih sangat creamy, takutnya macaroni malah akan meleber kemana mana.

9.         Setelahnya, macaroni siap dihidangkan. Cocok dimakan bersama dengan saus sambal favoritmu.

Itu dia resep macaroni schotel yang mudah dibuat. Resep ini hanya panduan saja, kamu bisa memvariasikannya sesuai dengan selera kamu.

Makaroni adalah kata Indonesia untuk “macaroni” dalam bahasa Inggris, sementara schotel atau schaal adalah kata Belanda yang artinya “hidangan” atau “piring”.

“Orang-orang Belanda yang sering membuat macaroni panggang dalam pinggan atau wadah yang kemudian dipanggang,”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *