Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

  • Whatsapp
Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini
Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Garisatu.com – Membersihkan pembuluh darah sangat penting. Pembuluh darah kita bisa saja tersumbat atau mengandung banyak plak, kondisi ini bisa menyebabkan kesehatan jantung kita terganggu. Karena pembuluh darah merupakan jalur untuk mengangkut oksigen dari dan keluar jantung. Jika tersumbat, maka bisa mempengaruhi kesehatan jantung dan organ organ lain. Maka dari itu, kamu perlu menjaga supaya jangan sampai pembuluh darah tersumbat, lalu bagaimana cara untuk membersihkan pembuluh darah?

Caranya mudah, cukup dengan mengonsumsi makanan makanan yang sehat sebagai salah satu cara untuk membersihkan pembuluh darah secara alami.

Bacaan Lainnya
Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Selain makanan sehat, diperlukan juga olahraga yang teratur. Menurut para ahli, olahraga, terutama latihan kardio seperti jogging, bersepeda, dan berenang bisa menyehatkan jantung serta mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah. Dan tentunya dapat membersihkan pembuluh darah.

Berikut ini ada deretan makanan yang bisa membersihkan pembukuh darah secara alami. Simak dibawah ini.

1.         Jeruk

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Buah buahan citrus seperti jeruk bisa mencegah terjadinya gangguan jantung akibat sumbatan pada pembuluh darah.

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, buah jeruk juga kaya akan flavonoid, antioksidan yang bisa meredakan peradangan dan mencegah penumpukan kolesterol jahat di tubuh akibat pembentukan radikal bebas. Membersihkan pembuluh darah tidak harus dengan obat-obatan kok.

2. Ikan berlemak

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Kandungan lemak pada ikan seperti tuna, salmon, sarden, dan makarel, merupakan lemak sehat yang bisa membantu membersihkan pembuluh darah.

Asam lemak Omega-3 yang ada pada ikan-ikan ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah sekaligus menurunkan kadar trigliserida.

Tidak hanya itu, lemak sehat dari ikan juga bisa menurunkan peradangan dan mencegah terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah.

3. Alpukat

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh dan kolesterol baik yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat yang bisa menyebabkan menumpuknya plak pada pembuluh darah.

Buah ini juga mengandung vitamin E yang mampu mencegah oksidasi kolesterol dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah.

4. Brokoli

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Brokoli bisa menjadi makanan pembersih pembuluh darah karena sayuran ini kaya akan kandungan vitamin K yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah.

Brokoli juga bisa menghalau oksidasi kolesterol dan kaya serat, sehingga jika kamu mengonsumsinya secara teratur, tekanan darah dan kadar stres di tubuh bisa menurun.

5. Tomat

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Tomat bisa meredakan peradangan di tubuh, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan secara lebih maksimal jika konsumsinya dibarengi dengan minyak zaitun.

6. Semangka

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

Selain menyegarkan, mengonsumsi semangka juga bisa menjadi salah satu cara membersihkan pembuluh darah secara alami.

Kandungan asam amino L-citrulline yang ada pada semangka akan memicu produksi nitrat oksida di tubuh. Nitrat oksida ini kemudian akan membuat pembuluh darah mejadi lebih rileks, meredakan peradangan di tubuh, dan menurunkan tekanan darah.

Semangka juga bisa mengatur kadar lemak di dalam darah serta menurunkan kadar lemak yang menumpuk pada perut. Semakin sedikit lemak yang ada pada perut, maka risiko terkena penyakit jantung juga semakin rendah.

Bersihkan Pembuluh Darah Dengan 15 Makanan Ini

7. Bawang bombay

Bawang bombay mengandung komponen sulfur yang dipercaya bisa mencegah peradangan di pembuluh darah, mencegah keping darah saling menempel membentuk gumpalan yang menyumbat pembuluhnya, dan menambah produksi nitrit oksida di tubuh.

8. Buah bit

Selain semangka, buah bit juga merupakan buah yang kaya akan asupan nitrat oksida. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya nitrat termasuk buah bit, bisa meredakan peradangan dan mencegah arterosklerosis.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan asam lemak esensial yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di tubuh.

Minyak ini juga kaya antioksidan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis minyak paling sehat.

10. Kunyit

Komponen yang membuat kunyit bisa dijadikan sebagai pembersih pembuluh darah alami adalah curcumin, sebagai komponen ampuh untuk antiperadangan.Kunyit juga dapat mengurangi kerusakan di dinding-dinding pembuluh darah yang berisiko memicu terjadinya penumpukan plak dan lemak.

11. Bayam

Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, mengandung kalium, folat, dan serat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

Mengonsumsi satu porsi bayam per hari, bisa menurunkan kadar homocysteine yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, termasuk arterosklerosis.

Homocysteine merupakan salah satu jenis asam amino dalam darah yang jumlahnya meningkat ketika kamu mengonsumsi daging merah.

Semakin tinggi kadarnya di dalam darah, maka risiko terkena penyakit jantung juga akan semakin tinggi.

12. Oat

Rutin mengonsumsi oat akan menurunkan risiko pembuluh darah tersumbat. Sebab, oat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Makanan ini juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya peradangan di tubuh.

13. Cokelat

Cokelat, lebih tepatnya dark chocolate dan cocoa, bisa membantu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Tidak hanya itu, mengonsumsi dark chocolate juga mampu menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

14. Gandum utuh

Gandum utuh mengandung serat yang akan mengikat kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh.

Makanan ini juga mengandung magnesium yang bisa membantu memperlebar pembuluh darah dan menjaga tekanan darah berada di kadar normal.

Kamu bisa mengonsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat pengganti nasi, pasta, ataupun roti biasa.

Olahan gandum utuh yang saat ini sudah banyak tersedia antara lain roti gandum, quinoa, dan barley.

15. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan yang diolah secara sehat, bisa menjadi salah satu cara membersihkan pembuluh darah yang alami.

Salah satu jenis kacang yang paling baik adalah almond. Almond mengandung lemak tidak jenuh, vitamin E, serat, dan protein yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan magnesium yang ada di dalamnya juga bisa mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *