Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

  • Whatsapp
Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya
Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Garisatu.com – Baik berlibur ke Jepang maupun Korea merupakan dua negara yang cukup diminati oleh turis. Keduanya memang menawarkan tempat wisata yang asik, pemandangan yang indah, suasana musim dingin yang menyenangkan dan juga beragam kuliner yang bisa kamu coba. Jika dilihat sekilas, wajah serta bahasa antara penduduk Korea dan Jepang terlihat sama. Namun jika diperhatikan lebih jelas, tentu saja berbeda.

Karena sama sama begitu mengasyikkan, beberapa orang bahkan merasa kesulitan jika disuruh untuk memilih antara berlibur ke Korea atau Jepang.

Bacaan Lainnya

Dibalik kesamaan antara dua negara tersebut, Jepang dan Korea juga memiliki banyak perbedaan budaya yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung untuk berlibur ke sana.

Bahkan perbedaan budaya ini juga di bahas oleh YouTuber Korea Selatan, Jang Hansol yang pernah tinggal di Indonesia bersama Jerome Polin mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang.

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Mereka bercerita mengenai perbedaan budaya Jepang dan Korea Selatan yang mereka rasakan di kanal YouTube Hansol yaitu Korea Roemit. Berikut perbedaan budaya Korea dan Jepang yang harus kamu ketahui sebelum berlibur.

1.         Cara makan orang Jepang dan Korea

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Orang Jepang sudah terbiasa makan dengan mengangkat mangkuk mereka. Jika orang Jepang melihat ada orang lain yang makan dengan tidak mengangkat mangkuk mereka, maka ketahuan jika orang tersebut bukan penduduk Jepang.

Sedangkan di Korea, orang Korea menganggap jika makan dengan mengangkat mangkuk merupakan tindakan yang tidak sopan.

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Maka dari itu, jika diperhatikan, orang Korea ketika makan akan meletakkan piring maupun mangkuk mereka diatas meja. Walaupun harus mengangkatnya, biasanya pada akhir makan karena sisa makanan yang mengharuskan diangkat. Jadi berlibur ke Jepang atau Korea?

2.         Cara melakukan transaksi pembayaran

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Berlibur kemanapun tentunya tidak lupa dengan shopping dong? Tidak disangka bahkan di negara maju layaknya Jepang masih menggunakan cash atau uang tunai. Menurut Jerome, di daerah yang ia tempati jarang sekali ditemukan pusat perbelanjaan atau restoran yang bertransaksi menggunakan kartu. Kartu mereka biasanya digunakan ketika akan menaiki kereta.

Sedangkan di Korea, hampir semua transaksi akan menggunakan kartu. Bahkan jika kamu membeli makanan jajanan gerobak atau street food, itu juga menggunakan kartu.

Biasanya di Korea, yang bertransaksi menggunakan uang tunai ialah orang asing atau anak kecil yang masih sekolah dan orang tua seperti lansia.

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

3.         Di Jepang tidak ada online shopping

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Dengan perkembangan jaman yang semakin maju dan serbateknologi, kehadiran media sosial tentu dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk berbisnis.

Di Indonesia sekali pun kehadiran online shop bisa terbilang merajarela. Namun berbeda dengan Jepang. menurut Jerome, di Jepang tidak terdapat toko daring.

Adapun online shopping di Jepang biasanya dilakukan melalui situs Amazon. Sedangkan di Korea, kamu bisa melakukan online shopping seperti di Indonesia.

4.         Cara memberi salam di Jepang dan Korea

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Menurut Hansol dan Jerome, cara memberi hormat atau memberi salam kepada orang lain di Jepang dan Korea terbilang sama.

Kedua negara tersebut sama sama memberikan salam dengan cara membungkuk. Hanya saja yang membedakan ialah jika orang Jepang membungkuk terlalu berlebihan dibandingkan dengan orang Korea.

Di Jepang, orang membungkuk berkali kali karena siapa yang membungkuk atau memberi hormat paling terakhir itu ialah sopan.

Sedangkan di Korea, membungkuk untuk memberi salam hanya dilakukan cukup satu kali saja.

5.         Penggunaan media sosial

Berlibur Ke Jepang atau Korea Ya? Ini 5 Perbedaannya

Penggunaan media sosial di Jepang dan Korea sangat berbeda. Di Jepang media sosial adalah privasi, tidak semua orang bisa melihat, berteman bahkan berkenalan di media sosial.

Teman di media sosial biasanya adalah teman yang benar benar dikenal. Biasanya nama di media sosialnya bukan nama asli dan foto profilnya bukan foto pemiliknya.

Menurut Jerome entah hal itu karena memang benar-benar privasi atau karena malu. Bahkan ketika kita akan mem-follow media sosial orang Jepang, kita harus izin terlebih dahulu. Jika akan men-tag media sosialnya pun harus izin dulu.

Berbeda dengan Korea Selatan sama seperti Indonesia tidak ada aturan-aturan khusus untuk berteman di media sosial.

Twitter masih mendominasi peminat di Jepang, sedangkan Korea Facebook dan Instagram, tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Itu dia perbedaan antara budaya Jepang dan Korea yang ternyata sangat berbeda. Hal ini penting untuk kamu ketahui supaya tidak salah dalam berperilaku maupun bertutur kata ketika berkunjung ke negara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *