Berapa Lama Coronavirus Dapat Bertahan Di Benda Mati?

  • Whatsapp
Berapa Lama Coronavirus Dapat Bertahan Di Benda Mati?

Dramatis, Hitam Dan Putih, Menakutkan, Gelap, Langit

Coronavirus adalah sebutan untuk virus yang berasal dari para binatang. Sampai saat ini, hewan yang menyebabkan wabah virus corona di Wuhan, China belum diketahui secara pasti.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi virus ini diduga berasal dari kelelawar karena virus tersebut memiliki kesamaan urutan genetik dengan kelelawar. Peneliti juga menyebut ular dan trenggiling mungkin juga terkait dalam masalah ini.

Sebelumnya, coronavirus tipe SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) diduga berasal dari musang. Lalu, MERS juga diduga ditularkan lewat unta karena orang-orang yang terinfeksi virus MERS sebelumnya sempat berinteraksi dengan mereka.

Setelah diteliti, keduanya mampu bertahan di permukaan benda mati selama 9 hari jika tidak didinsfektan. Pernyataan ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Infeksi Rumah Sakit (The Journal of Hospital Infection) pada awal bulan ini.

Meskipun Covid-19, SARS, dan MERS mempunyai DNA yang mirip, tetapi ketiganya sungguh berbeda. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, Covid-19 se-mematikan seperti virus SARS dan MERS.

Menurut Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, ratio penderita corona yang akhirnya tewas tidak sebanyak penderita SARS dan MERS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *