Berapa Lama Coronavirus Dapat Bertahan Di Benda Mati?

  • Whatsapp
Berapa Lama Coronavirus Dapat Bertahan Di Benda Mati?

Garisatu.com –¬†Virus corona dapat bertahan selama 5 menit sampai 9 hari jika menempel di benda mati. Pernyataan ini didasarkan oleh penelitian virus corona SARS(Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndome). Virus dapat bertahan segitu lama jika benda mati tersebut tidak didisinfektan.

Badan kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC) lalu menyatakan bahwa orang yang menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka memiliki peluang yang sangat besar untuk tertular coronavirus.

Kekhawatiran atas penularan secara tidak langsung ini sampai mendorong bank sentral China untuk melakukan pembersihan intensif (deep cleaning) dan menghancurkan uang-uang yang beredar di China. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa uang adalah benda yang paling sering berpindah tangan.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Indonesia pun sempat membatasi pengiriman barang dan impor dari China dan Hong Kong untuk menghindari penyebaran virus corona.

Meski demikian, tentu coronavirus akan menyebar jauh lebih mudah antar manusia lewat kontak langsung. Selain itu penularan juga lebih mudah terjadi lewat butiran pernapasan yang menyebar lewat batuk dan bersin. Sehingga butiran ini bisa mendarat di mulut atau hidung orang terdekat.

Sampai sekarang sebenarnya masih belum ada penelitian secara spesifik mengenai ketahanan hidupnya virus corona Covid-19 jika menempel di suatu benda dan dapat menginfeksi manusia. Akan tetapi penelitian pada virus corona SARS dan MERS telah dilakukan sebelumnya oleh sejumlah peneliti sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *