Beragam Fungsi Dan Kegunaan Daun Pandan

Beragam Fungsi Dan Kegunaan Daun Pandan

Garisatu.com – Daun pandan dari tumbuhan pandan wangi adalah jenis tumbuhan monokotil yang memiliki aroma wangi yang khas. Daun pandan menjadi salah satu komponen penting dalam masakan Indonesia dan negara negara Asia Tenggara lainnya. Daun pandan bisa digunakan dalam berbagai jenis masakan, mulai dari cemilan, lauk pauk, bahkan untuk menanak nasi. Selain itu, ada pula minuman dan dessert yang mencampurkan pandan. 

Rupanya selain memberi aroma yang wangi pada masakan, pandan memang memiliki manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui orang lho. Daun ini mudah ditemukan dan juga sangat mudah untuk ditanam tanpa perawatan yang sulit.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui pandan segar akan memberikan aroma yang lebih kuat daripada yang dibekukan atau dikeringkan.

Berikut manfaat penting daun pandan bagi kesehatan yang jarang diketahui orang, yuk kita simak! 

1. Kesehatan mata 

Khasiat obat pandan telah dikenal selama berabad-abad akan tetapi para ilmuwan modern baru-baru ini mulai meneliti manfaatnya secara lebih ekstensif.

Penelitian pendahuluan tentang daun pandan telah mengidentifikasi sejumlah manfaat kesehatan seperti vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang terkandung didalam daun pandan. Seperti misalnya, kandungan vitamin A yang terkandung dalam daun pandan penting untuk kesehatan mata yang bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Selain itu, pandan juga mengandung vitamin c, thiamin, riboflavin, niacin, dan beta karoten. Beta karoten merupakan bentuk vitamin A yang belum aktif. Sesampainya di dalam tubuh, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A yang berguna sebagai antioksidan untuk mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh.

2. Pereda nyeri sendi 

Pandan selama ini digunakan sebagai obat tradisional, seperti untuk meredakan nyeri, terutama artritis dan nyeri sendi.

Para peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan juga sakit telinga.

3. Pencegah penyakit jantung 

Studi mendukung klaim bahwa pandan baik untuk kesehatan jantung. Daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid yang sangat baik sehingga diketahui dapat mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

Beragam Fungsi Dan Kegunaan Daun Pandan

4. Perawatan kulit 

Pandan yang dikeringkan dan juga dihancurkan sering digubakan sebagai pengobatan akibat luka bakar ringan, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya terutama di Asia Tenggara.

Meskipun diperlukan penelitian yang lebih lanjut, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tannic dalam pandan memberikan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

5. Kontrol gula darah 

Mengkonsumsi pandan dapat membantu orang untuk lebih mengontrol gula darah setelah makan. Beberapa penelitiab awal menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh pandan setelah makan memiliki gula darah yang lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Namun masih diperlukan penelitian yang lebih banyak akan hal itu.

6. Meningkatkan kesehatan mulut 

Manfaat daun pandan berikutnya yakni dapat meningkatkan kesehatan mulut. Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan napas karena aromanya yang wangi.

Beberapa praktik pengobatan non barat juga menggunakan teknik ini untuk menghentikan gusi berdarah. Namun, efek ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Menurut Healthline, efek samping daun pandan belum diketahui secara persis. Namun pandan disebut bisa saja menimbulkan diare jika dikonsumsi terlalu banyak.

Tidak hanya daunnya saja yang bermanfaat, bahkan kamu bisa menggunakan air rebusan daun pandan untuk kesehatan kamu lho. Dengan merebus daun pandan maka secara tidak langsung kandungan vitamin dan nutrisinya akan menyebar ke air.

Mengonsumsi air rebusan pandan dipercaya bisa meredakan demam, mengurangi rasa nyeri, mengatasi kram perut, mendetoksifikasi tubuh, menormalkan tekanan darah, membantu mengatasi insomnia, meningkatkan nafsu makan, meredakan sakit rematik, dan juga menurunkan resiko kanker.

Namun meskipun air pandan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, tetap disarankan untuk tidak menjadikan rebusan air pandan sebagai obat utama, sebab dosis dan efek sampingnya masih belum diketahui secara pasti. 

Bila Anda tidak mengidap penyakit parah, anda bisa mengonsumsi air pandan sebagai selingan, ini bisa membantu mencegah berbagai penyakit dan memelihara kesehatan secara menyeluruh.

Pos terkait