Banjir: Warga Jakarta Diminta Waspada!

  • Whatsapp
Banjir: Warga Jakarta Diminta Waspada!
Banjir: Warga Jakarta Diminta Waspada!

Garisatu.com – Hujan deras yang melanda wilayah Puncak dan Bogor akibat curah hujan yang ekstrem mengakibatkan pintu air Sungai Ciliwung di Katulampa Bogor Siaga 1.

“Hari ini curah hujan ekstrim di Kawasan Puncak melebihi kategori lebih dari 100 mm perhari,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Asep Firman Ilahi, saat dihubungi di Bogor.

Bacaan Lainnya

katulampa

Warga Jakarta Waspada

Curah hujan ekstrim ini berdampak pada meluapnya aliran Sungai Ciliwung pada Senin (21/9). Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, ketinggian air di pintu Katulampa mencapai 250 cm atau siaga 1 pada pukul 18.18 WIB yang terjadi sejak pukul 17:00 dan mulai menyurut sekitar pukul 18:00 WIB. Warga Jakarta tentu diminta untuk lebih waspada atas kejadian ini.

Petugas Jaga Bendung Katulampa Achmad Aliyudin mengungkapkan, kondisi tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa, Senin (21/9/2020) pukul 18.18 WIB berada dalam status siaga satu dengan tinggi air tercatat 250 centimeter dalam kurun waktu kurang lebih satu jam.

1580217513

Warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, khususnya warga Jakarta diminta untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir di Ibu Kota. Achmad memprediksi bahwa air akan sampai di Jakarta pada kurun waktu 8 hingga 12 jam kedepan.

Meskipun ketinggian air sudah menurun, Achmad tetap mengimbau para warga, terutama warga Jakarta untuk waspada dalam cuaca ekstrem ini.

918075 720

Sedangkan hujan deras yang melanda wilayah DKI Jakarta pada Senin malam juga mengakibatkan genangan air disejumlah tempat. Dilansir dari laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pada pukul 21.00 WIB dilaporkan lokasi jalan yang tergenang air hujan di antaranya:

  1. Jalan Jendral Sudirman, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi tepatnya di depan Universitas Atma Jaya.
  2. Kolong Jembatan Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi.
  3. Jalan Satrio, Karet Semanggi Depan Wihara Amurvhabumi.
  4. Jalan Komplek Polri (Depan DPK), Karet Semanggi, Jakarta Selatan
  5. Jalan Palmerah Utara 1 RT01 RW16, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah.
  6. Taman Katalia Selatan RT03/RW11 Kelurahan Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah
  7. Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang.
  8. Jalan Karet Pasar Baru Timur 1, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *