Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

  • Whatsapp
Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan
Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

Garisatu.com – Akun Instagram @jakarta.terkini baru saja mengunggah sebuah video yang memperlihatkan adanya balap liar antara 2 mobil Honda Brio, warna kuning dan warna putih. Dalam video tersebut terihat kedua mobil sedang berbalap liar di daerah Senayan, Jakarta Pusat. 

Balap Liar

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan balapan liar itu terjadi pada 17 September 2020 dini hari. Pelaku adu balap liar pun diketahui tidak saling mengenal. 

“Yang bersangkutan tidak saling kenal, hanya bertemu pada saat balapan,” kata Sambodo.

Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

Polisi telah berhasil mengamankan pengemudi Honda Brio berwarna putih dengan inisial RN. Diketahui mobil tersebut merupakan kepunyaan ayah pelaku, Bapak NG. NG membenarkan mobil tersebut miliknya. Namun saat itu, anak NG yang berinisial RN yang mengemudikan mobil tersebut.

“Hari Jumat tanggal 25 September 2020, telah menilang seorang pelanggar atas nama saudara RN yang videonya sempat viral melakukan balapan liar dengan seorang pengemudi mobil lainnya,” kata Sambodo dalam keterangannya, Senin (28/9). Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki pengendara Honda Brio berwarna kuning yang menjadi lawan RN.

Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

“Pelanggar saudara RN dikenakan Pasal 297 UU No 22 Tahun 2009, yang berbunyi ‘Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 115 huruf b, dipidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta,” kata Sambodo.

Menindaklanjuti kasus balap liar, polisi melakukan razia balap liar pada Sabtu (26/9) dini hari, di Jalan Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat. Hasilnya ada 8 mobil ditilang karena ketahuan melakukan balap liar.

Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

Sejumlah mobil disita polisi lantaran tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan.

Polisi juga menindak 3 sepeda motor. Para pengemudi tersebut terjaring saat petugas melakukan operasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 sejak Pukul 01.00 WIB hingga Pukul 03.00 WIB pagi.

Aksi Balap Liar Honda Brio di Senayan

Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Argo Yuwono mengatakan, saat diamankan mobil-mobil tersebut sudah bersiap hendak melaju di jalan pemuda. Sebagian mobil kabur begitu melihat petugas datang.

“Aslinya banyak tapi lainnya langsung melarikan diri melihat petugas datang. Ada sekitar puluhan kendaraan kabur. Yang kami amankan di lokasi ada 8 mobil dan 3 sepeda motor,” kata Kompol Argo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *