Bahaya Sugar Rush? Waspada!

  • Whatsapp
Bahaya Sugar Rush? Waspada!
Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Garisatu.com – Pernah merasakan tubuh menjadi lebih aktif secara tiba tiba? Merasa tiba tiba bersemangat namun kemudian tubuh terasa lemas. Jangan bingung di saat kamu merasa seperti itu. Mungkin, kamu sedang mengalami yang namanya sugar rush. 

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Apa itu sugar rush? Sugar rush merupakan kondisi dimana terdapat lonjakan energi yang besar pada tubuh setelah tubuh mendapat asupan makanan atau minuman dengan kadar gula yang cukup tinggi. Biasanya kondisi sugar rush kerap terjadi pada anak anak yang menyukai makanan manis, namun sugar rush juga bisa terjadi pada orang dewasa. 

Bacaan Lainnya

Kita cenderung menginginkan makanan manis disaat hati sedang gundah atau badmood. Pernyataan ini kemudian secara tidak langsung membuat kita untuk menginginkan konsumsi makanan manis berlebih saat perasaan sedang tidak senang, yang kemudian dapat meningkatkan resiko sugar rush.

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Sangat mengalami sugar rush, tubuh akan menjadi sangat aktif dan ada beberapa ejala yang muncul. Seperti, keinginan untuk mengonsumsi makanan manis lebih banyak atau disebut sebagai sugar craving.

Kemudian tubuh terasa lebih aktif baik secara fisik maupun psikologis, biasanya ini akan terjadi sekitar 30-40 menit, kemudian tubuh akan terasa lemas dan pusing. Kelaparan setelah sugar rush mereda akibat hormon insulin yang diproduksi tubuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah. 

Pada dasarnya, asupan gula yang terlalu tinggi bagi tubuh memang tidak baik. Perlu anda perhatikan apabila anda cukup sering dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain seperti diabetes, obesitas, atau kerusakan pads gigi. 

Maka dari itu, kamu harus menjaga kondisi kesehatan kamu sejak dini. Ingat untuk membatasi asupan gula perhari. Makanan dan minuman yang mengandung gula cukup tinggi antara lain seperti permen, soda, kue, kukis, dan sebagainya.

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Kamu juga dapat beralih dari gula dan menggunakan xylitol sebagai pemanis alami. Tingkat kemanisannya sama dengan gula pasir, namun kalori yang dihasilkan hanya sebesar 40% lebih rendah darinya.

Untuk menghindari resiko sugar rush, sebaiknya batasi asupan gula harianmu dan alihkan pada makanan lain yang lebih bernutrisi apabila kamu menginginkan makanan manis. Dibandingkan mengonsumsi es krim atau coklat, sebaiknya alihkan dirimu untuk memakan buah atau snack sehat seperti yoghurt, kacang, granola, snack bar, dan oat. 

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Apa Itu Sugar Rush?

Sebagai orang tua, kamu juga harus membatasi asupan gula pada anak, kamu dapat mencoba membuat beberapa kreasi cemilan untuk si buah hati. Sehingga anak tidak terbiasa selalu mengonsumsi makanan yang manis. Beberapa kreasi dibawah ini bisa kamu ikuti. 

1. Chia seed pudding. 

Untuk membuat chia seed pudding, kamu membutuhkan 3 sdm Chia seed, 125 ml Susu cair dan topping tambahan seperti buah-buahan (buah naga, pisang, mangga), Granola, Almond, Oreo crumb, Mapple syrup, dan Honey.

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Kemudian campurkan chiaseed dengan susu, kamu bisa menggunakan susu coklat supaya anak anak lebih suka. Kemudian diamkan selama semalaman di kulkas, sehingga bertekstur seperti pudding pada keesokan harinya. Kemudian, cukup tambahkan topping sesuai selera. 

2. Pancake pisang 

Kamu bisa mencoba membuatkan pancake pisang untuk anak, cukup membutuhkan pisang dan telur. Pertama, hancurkan pisang dan campurkan dengan telur, kemudian, cukup memasaknya diteflon seperti memasak pancake, kemudian pancake siap dihidangkan setelah matang. Kemudian kamu bisa menambahkan topping seperti maple syrup atau madu. 

3. Eskrim buah 

Bahaya Sugar Rush? Waspada!

Resep yang satu ini tentu akan disukai oleh anak. Anda bisa membuat eskrim dengan 3 bahan saja yakni pisang stoberi dan madu. Anda perlu 150 gr untuk stroberi beku dan  250 gr untuk pisang beku dan2 sdm untuk madu. Pertama, blender pisang dan stoberi dengan sedikit air.

Cukup sedikit saja airnya supaya hasil blenderan tidak terlalu encer. Setelah halus tambahkan madu sesuai selera. Tuang kedalam cetakan bersih dan kering lalu simpan di freezer selama 3 sampai 6 jam. Kamu juga dapat mengkreasikan eskrim dengan yoghurt yang dapat menambah cita rasa pada eskrim. 

Itu dia aneka kreasi cemilan sehat yang dapat kamu kreasikan sebagai cemilan sehat. Semoga artikel ini dapat membantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *