Bagaimana Mengatasi Trauma

  • Whatsapp
Bagaimana Mengatasi Trauma
Bagaimana Mengatasi Trauma

Garisatu.com – Trauma merupakan hal yang sering dikaitkan dengan tekanan emosional ataupun psikologis yang besar, biasanya merupakan kejadian yang sangat disayangkan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan. Namun, dalam konteks ini, yang dimaksud dengan ‘trauma’ ialah mengatasi trauma sebagai penyakit atau trauma pada fisik seseorang.

Sedangkan trauma psikologis ialah jenis disfungsi jiwa yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa traumatik. Ketika trauma yang mengarah pada gangguan stres pasca trauma, disfungsi mungkin melibatkan perubahan fisik dan kimia di dalam otak, yang mengubah respon seseorang terhadap stres masa depan.

Bacaan Lainnya

Setiap orang tentu pernah mengalami pengalaman pahit didalam hidup mereka. Dari pengalaman inilah yang kemudian bisa menyebabkan trauma pada seseorang, namun trauma yang dialami juga bergantung dari tingkat keparahan kejadian tersebut.

Ada yang sifatnya ringan, sedang, hingga berat yang bisa berdampak pada trauma psikis yang berkepanjangan (post-traumatic stress disorder atau PTSD).

Bagaimana Mengatasi Trauma

Bagi seseorang yang memiliki trauma tentu akan sangat sulit untuk kembali bangkit dan melupakan perasaan tersebut. Untuk bangkit pun butuh proses namun jangan menyerah dengan keadaan dan cobalah untuk berusaha mengatasinya dengan berbagai cara.

Meskipun trauma membuat kamu begitu ketakutan dan juga terluka, namun berdamai dengannya merupakan hal yang perlu dilakukan.

Tentu anda tidak ingin jika dihantui oleh trauma hingga sepanjang hidupmu bukan? Maka dari itu sebaiknya lakukan beberapa carqa dibawah ini untuk mengatasi trauma yang kamu alami :

1.         Terapi

Bagaimana Mengatasi Trauma

Penanganan trauma memang bisa berbeda beda bergantung pada tingkat keparahannya. Namun jika trauma yang kamu alami sudah menjadi post traumatis stress disorder atau yang disebut dengan PSTD, cara utama untuk menangani trauma ini ialah dengan psikoterapi.

Psikoterapi dengan psikolog maupun psikiater akan sangat membantu dalam memahami trauma dan juga cara untuk menanganinya. Selain itu, pemberian obat juga bisa dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

2.         Akui dan coba untuk bersikap terbuka

Bagaimana Mengatasi Trauma

Biasanya orang akan menyimpan kejadian kejadian yang membuatnya trauma karena beberapa alasan, bisa jadi kejadian tersebut dianggap memalukan atau sebagainya.

Tetapi semakin anda menyimpan rapat rapat, maka bisa semakin parah juga dampak trauma yang dihasilkan. Tidak perlu cepat, namun cobalah untuk mengakui kesalahan, mengingat kamu juga manusia dan manusia tidak ada yang luput dari kesalahan.

Setelahnya, maafkan dirimu sendiri dan tumbuhkan kembali rasa percaya dirimu. Kamu bisa mulai bercerita dengan orang teredekat atau bercerita pada orang yang mengalami kejadian serupa, ini akan dapat lebih menguatkan diri karena kamu menjadi merasa tidak sendiri.

Selain itu, mencurahkan isi pikiran dan perasaan juga dapat dilakukan dengan cara menulis jika kamu tidak cukup nyaman untuk berbagi cerita kepada orang lain

3.         Kelilingi diri dengan orang yang membuat anda tenang

Jika kamu sering merasa cemas akibat mengatasi trauma, maka kelilingilah dirimu dengan orang orang yang bisa membuatmu tenang seperti keluarga atau teman. Hindari kemungkinan mengatasi ‘trauma’ untuk datang menghampirimu dengan cara tersebut.

4.         Mengalihkan pikiran negative

Bagaimana Mengatasi Trauma

Cara untuk mengalihkan pikiranmu ialah dengan menyibukkan diri, jika kamu merasa pikiranmu sudah mulai mengarah pada sesuatu yang negative, jangan hanya diam saja namun bangkitlah dan lakukan sesuatu, bisa mengirim pesan atau menelfon orang terdekat untuk mengobrol mengalihkan perhatian, atau menonton film.

Bagaimana Mengatasi Trauma

5.         Relaksasi

Cara paling mudah, kamu dapat melakukan meditasi atau peregangan. Fokuskan pikiran dan perasaan pada hal yang positif dan menumbuhkan semangat.

Bayangkan berbagai peristiwa atau hal yang pernah membuat diri Bahagia. Kemudian, jika memiliki hobi dan mungkin dilakukan, lakukanlah hobi tersebut. Misalnya saja, hobi mendengarkan atau memainkan musik yang dapat membantu untuk membuat tubuh lebih relaks.

6.         Berusaha menghadapi rasa takut

Bagaimana Mengatasi Trauma

Takut atau cemas karena peristiwa mengatasi traumatis merupakan hal yang wajar. Namun, takut secara berlebihan terhadap sesuatu bisa menurunkan produktivitas seseorang.Secara bertahap, kamu  harus menguatkan diri dalam menghadapi ketakutan yang dirasakan.

Biarlah masa lalu menjadi masa lalu, Fokuslah pada masa kini dan masa depan. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan kamu.

7.         Bersabar dan beranilah

Jika Anda adalah kerabat dari orang yang mengalami trauma, kunci untuk mengatasi trauma adalah sabar. Menghilangkan dan mengatasi trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan butuh keberanian yang kuat untuk menghadapinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *