Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

  • Whatsapp
Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!
Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Garisatu.com – Kamu sedang atau sering mengalami gejala badan lemas ? Badan lemas sebetulnya tidak termasuk sebagai suatu penyakit. Gejala seperti ini termasuk suatu gejala yang bisa disebabkan oleh banyak kondisi medis. Badan lemas digambarkan sebagai kurangnya energi secara fisik atau bisa juga kurangnya motivasi secara mental.

Ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan badan kamu menjadi lemas, seperti dehidrasi, kurang gizi dan vitamin, berat badan berlebihan atau kekurangan, kurang gula darah, anemia, hamil, infeksi, diabetes, penyakit tiroid, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker, depresi, gangguan tidur, dan obat obatan seperti antidepresan, antihipertensi, statin, steroid, antihistamin sedative dan sebagainya. 

Bacaan Lainnya

Jika badan terasa lemas maka bisa berdampak pda keseluruhan aktifitas harian kita sebab kita tidak memiliki energi untuk melakukan apapun. Badan lemas juga bis disertai dengan beberapa gejala seperti bibir kering, pucat, berkeringat, demam, nyeri otot, apatis atau kurangnya motivasi, mengantuk atau kelelahan ketika siang hari, sulit berkonsentrasi, masalah pencernaan seperti begah, nyeri perut, konstipasi, dan diare, nyeri kepala, hingga gangguan penglihatan atau pandangan kabur.

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Untuk mengatasi badan lemas memang belum bisa dipastikan karena kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Namun jika kamu merasa tidak ada maslaah Kesehatan hanya saja badanmu terasa lemas, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan makanan dibawah ini untuk memberi energi tambahan dan mencegah badan lemas.

1.         Biji chia

Biji chia atau chia seeds memang sedang popular dalam tren gaya hidup sehat karena memang manfaatnya yang baik bagi tubuh. chia seeds memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi kamu.

Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi biji chia akan berbeda dibandingkan anda mengonsumsi karbohidrat atau sumber gula lainnya. Mengonsumsi biji chia tidak menyebabkan adanya sugar crash atau timbulnya efek lemas setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi.

Biji chia juga mampu menyerap air hingga 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh Anda mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

2.         Quinoa

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Selain chia seeds, makanan yang banyak dimanfaatlan sebagai pengganti nasi ialah quinoa. Quinoa kaya akan protein, serat, dan juga zat besi sehingga bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk mengatasi badan lemas.

Quinoa bisa diolah menjadi makanan asin atau makanan manis selayaknya pudding dan muffin. Jika anda memilih quinoa sebagai makanan asin maka bisa dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya seperti ikan roa atau lauk pauk lainnya.

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

3.         Pisang

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Banyak penelitian yang telah membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi. Hasilnya ialah, pisang ternyata bisa menghasilkan energi yang setara dengan minuman berenergi, dan tentu saja dengan cara alami yang lebih aman.

Kandungan didalam pisang seperti potassium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk meningkatkan stamina anda. Anda bisa jadikan pisang sebagai menu sarapan sebagai pilihan yang mudha, lezat, dan bernutrisi.

4.         Gandum utuh

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Anda disarankan untuk mengganti sumber sumber karbohidrat kompleks anda seperti nasi dengan gandum utuh atau whole wheat. Pengganti ini akan menjauhkan anda dari rasa lemas setelah makan seperti saat setelah makan nasi.

Gandum utuh memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya bisa menyehatkan saluran cerna karena kandungan serat yang tinggi dan juga bisa memberikan pasokan energi.

Kamu bisa menemukan gandum utuh pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya.

5.         Oatmeal

Atasi Badan Lemas Dengan Makanan Ini!

Oatmeal juga termasuk kedalam produk gandum yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Meskipun lebih banyak dikenal sebagai menu sarapan yang sehat, namun kini juga Sudha banyak orang yang mengonsumsi oatmeal dengan berbagai cara termasuk menjadikannya sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama dengan lauk pauk.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga anda tetap berenergi. Selain itu, oatmeal juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi anda yang memiliki penyakit diabetes. Bagi kamu yang memiliki penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal.

Itu dia sumber makanan yang bisa membantu kamu mengatasi badan lemas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *