Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

  • Whatsapp
Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini
Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Garisatu.com – Konsumsi Asi menjadi asupan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh si kecil ketika dia lahir. Asi yang memadai akan dihasilkan secara alamiah oleh sang ibu ketika buah hatinya lahir.  Akan tetapi, terkadang pada beberapa kasus, sebagian ibu mengalami kesulitan dalam menghasilkan asi.

Jika kondisi demikian, kamu bisa mencoba melakukan berbagai cara untuk memperlancar atau meningkatkan produksi asi. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi makanan yang bisa menjadi asi booster atau peningkat produksi asi pada ibu yang sedang menyusui.

Bacaan Lainnya

Mengonsumsi makanan makanan ini juga terbilang sebagai cara sederhana untuk meningkatkan produksi asi.

Berikut merupakan daftar makanan yang bisa kamu coba untuk meningkatkan produksi asi.

1.         Bawang putih

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Sebutan yang cocok untuk bawang putih sepertinya ialah ‘bukan bumbu dapur biasa’. Sebab konsumsi bawang putih tidak hanya berperan sebagai rempah rempah dan obat tradisional saja, juga bisa menjadi asi booster melalui senyawa galactagoguenya yang bisa meningkatkan produksi asi.

2.         Air

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Jangan sepelekan manfaat konsumsi air bagi tubuh kita, terutama bagi ibu hamil, terkadang asi susah untuk keluar dikarenakan ibu mengalami dehidrasi.

Oleh karenanya, air, jus, dan cairan lainnya bisa meningkatkan volume asi dan mencegah dehidrasi.

3.         Susu sapi

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Didalam susu sapi terkandung kalsium dan EFA yang dipercaya bisa meningkatkan produksi asi. Meskipun demikian, memanfaatkan konsumsi susu sapi segar sebagai booster asi bisa meningkatkan resiko anak mengalami alergi susu sapi pada saat bayi.

4.         Bayam

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Sayuran berdaun hijau yang biasa dijadikan sebagai bahan baku sup ini mengandung asam folat, kalsium, dan zat besi yang berperan dalam pembuatan asi serta baik untuk ibu yang menderita anemia.

5.         Wortel

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

Serupa dengan bayam, wortel juga merupakan sayuran lain yang bisa dijadikan sebagai booster asi. Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang bisa meningkatkan energi mama untuk memproduksi ASI. Wortel bahkan disebut sebagai makanan galactagogue.

6.         Asparagus

Asparagus selain berserat tinggi, ini juga bisa memicu hormone yang membantu pembentukan asi pada ibu. Ditambah lagi, asparagus juga bisa memenuhi nutrisi vitamin A dan vitamin K pada ibu yang sedang menyusui.

7.         Salmon

Salmon juga memiliki kandungan omega 3 dan EFA yang merupakan booster asi yang bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Ibu menyusui bisa mengonsumsi salmon dengan cara dikukus, bakar, atau rebus.

8.         Beras cokelat

Beras cokelat juga termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi booster asi. Beras cokelat mengandung hormon yang mampu menstimulasi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Beras cokelat dapat memberikan energi ekstra kepada ibu yang baru saja melewati masa persalinan dan meningkatkan nafsu makan sang ibu.

Asi Sedikit? Atasi Dengan Konsumsi 15 Makanan Ini

9.         Biji wijen hitam

Biji wijen hitam termasuk sebagai makanan lain yang merupakan booster asi karena kaya akan kalsium yang bisa meningkatkan asupan asi.

Kamu bisa mencampurkan biji wijen hitam dengan susu atau dengan makanan lainnya dalam takaran yang secukupnya.

10.       Oat

Oat atau oatmeal termasuk salah satu sarapan bernutrisi yang bisa dijadikan sebagai booster asi. Didalam oat terkandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi asi untuk buah hati.

11.       Apricot

Tidak hanya menyegarkan, aprikot juga dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, serta mengandung serat dan kalsium yang merupakan nutrisi yang mampu dalam meningkatkan produksi ASI.

12.       Kacang almond

Selain salmon, kacang almond juga booster ASI yang mengandung omega-3 dan vitamin E yang dapat meningkatkan produksi hormon yang memproduksi ASI.

Vitamin E juga dapat mengobati rasa gatal pada stretch mark setelah persalinan.

13.       Biji adas

Biji adas adalah salah satu bahan makanan tradisional yang sering dijadikan booster ASI karena mengandung senyawa serupa estrogen yang mampu meningkatkan asupan ASI pada ibu.

14.       Pepaya

Baik buah maupun bunga dari pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C serta beberapa mineral penting seperti kalium, asam folat, dan enzim papain.

Enzim ini bisa membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi asi.

Selain itu, pepaya juga banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi asi.

15.       Daun katuk

Daun katuk sudah dikenal sejak lama sebagai makanan yang memperbanyak asi. Karena mengandung protein. Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya.

Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya.

Itu dia 15 jenis makanan yang bisa kamu coba konsumsi untuk meningkatkan produksi asi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *