Apa Perbedaan Refurbished Dan Rekondisi Di Ponsel?

  • Whatsapp
Apa Perbedaan Refurbished Dan Rekondisi Di Ponsel

Garisatu.com – Apakah kalian tahu jika HP rekondisi dan refurbished itu berbeda? Walau sering mendengarnya disebutkan, banyak orang yang sering salah mengucapkan atau salah mengartikan tentang istilah refurbished dan rekondisi.

Sebenarnya jika diartikan secara umum, HP refurbished dan rekondisi terbilang sama. Ya, sama-sama berasal dari HP yang rusak, lalu diperbaiki lagi. Memang sepintas sepertinya tak ada bedanya. Namun sebenarnya refurbished dan rekondisi memiliki perbedaan makna yang sangat jauh.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Refurbished Dan Rekondisi

Apa Perbedaan Refurbished Dan Rekondisi Di Ponsel

Sering sekali mendengar kata refurbished, tetapi apa kamu benar-benar paham dengan artinya? Refurbished adalah kata-kata yang sering muncul apabila kita ingin membeli HP baru.

Nah kata refurbished ini berasal dari bahasa inggris yang artinya ‘diperbaharui’.

Jadi jika menemukan kata refurbished saat membeli barang berarti produk tersebut adalah barang yang diperbaharui setelah sebelumnya dikembalikan oleh konsumen karena tidak memiliki standar kualitas.

Barang ini biasanya tetap bisa digunakan dan dijual tetapi dengan harga yang lebih murah.

Inilah hal yang membedakan HP rekondisi dengan HP refurbished. HP rekondisi merupakan HP yang sudah rusak, lalu diperbaiki lagi oleh orang lain (bukan pabrik) yang memiliki keahlian merakit HP.

Biasanya, tampilan dan performa HP rekondisi akan jauh berbeda dengan aslinya, karena bukan berasal dari pabriknya.

Biasanya, para perakit HP rekondisi memiliki banyak HP yang sejenis, itu karena dalam perakitan HP rekondisi, perakit akan mengambil komponen yang diperlukan dari HP lainya.

Artinya, pembuatan HP rekondisi menggunakan barang bekas. Namun, jika komponen tidak ada, perakit pasti membeli komponen di tempat lain, tapi dengan kualitas yang tidak bagus.

Di balik banyaknya kelemahan, pasti ada kelebihannya. Apalagi kalau bukan harga yang ditawarkan HP rekondisi yang sangatlah murah. Itu karena dalam perakitannya menggunakan barang-barang bekas atau kurang berkualitas.

Meskipun terbilang dari barang bekas, HP refurbished perakitannya oleh pabrik asal, bahan dan perakitannya pun juga tak asal-asalan. Pabrik akan menjamin HP refurbished tetap mempunyai performa yang oke.

Karena jika kualitasnya tidak oke, harga diri pabrik tersebut akan jatuh dan para pelanggannya pun akan hilang.

Apa Perbedaan Refurbished Dan Rekondisi Di Ponsel

Jika HP rekondisi tidak ada garansinya, HP refurbished masih disertai garansi. Ya, itu karena HP refurbished merupakan produksi pabrik dan juga pabrik tersebut pastinya menjamin bahwa HP tersebut masih bagus.

Masa garansinya pun berbeda-beda, ada yang singkat, ada yang lama, ada yang seminggu, dua minggu, atau sebulan, bahkan bisa sampai setahun.

Berdasarkan beberapa perbandingan di atas, kalian sudah pasti bisa menyimpulkan bahwa harga HP refurbished agak lebih mahal dibanding HP rekondisi.

Ya, itu karena HP refurbished dirakit kembali langsung dari pabriknya, dan komponen yang diganti lebih berkualitas, ditambah lagi ada garansinya.

Kesimpulannya, perbedaan refurbished dan rekondisi itu berbeda. Baik dari segi kualitas maupun perakitannya pun beda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *