1# Apa Itu Serotonin: Zat Bahagia, dan Manfaatnya?

  • Whatsapp
1# Apa Itu Serotonin: Zat Bahagia, dan Manfaatnya?

Garisatu.com – Ternyata, perasaan juga terpengaruhi oleh hormon.

Perasaan senang dan kebahagiaan yang kita rasakan memiliki hubungan dengan zat kimiawi di dalam tubuh, begitu juga dengan perasaan stres dan sedih

Bacaan Lainnya

Salah satu pengaruh ialah zat serotonin, fungsi yang penting untuk kesehatan mental yang lalu berkaitan dengan kesehatan fisik.

5 Manfaat zat serotonin bagi tubuh:

1. Kesehatan mental

Seperti yang dijelaskan diatas, zat ini mengontrol perasaan seseorang, membuatnya bahagia. Dengan begitu kesehatan mental meningkat.

2. Pola tidur

Serotonin membantu pola tidur yang teratur dengan merangsang saraf otak yang mengendalikan tidur.

3. Proses pembekuan darah

Pembekuan darah berfungsi untuk membantu pendarahan. Misalnya ada bagian tubuh yang luka ataupun kerusakan jaringan tubuh lain, keping darah akan melepaskan serotonin.

Dengan begitu terjadilah mekanisme yang disebut vasokonstriksi, atau menyempitnya pembuluh darah dan melambatnya aliran darah sehingga darah dapat membeku, dan luka dapat sembuh.

4. Melancarkan pencernaan

Saluran pencernaan sangat terbantu oleh zat ini. Tidak hanya itu, serotonin juga membantu memberi signal perasaan kenyang setelah makan, maka seseorang dapat mengetahui kapan untuk berhenti makan.

Selain itu, jika makanan yang dikonsumsi mengandung racun atau menimbulkan iritasi, usus akan mengeluarkan zat tersebut lebih banyak untuk segera mengeluarkan makanan tersebut dari tubuh.

5. Imun tubuh

Tentu saja imun tubuh sangat terpengaruhi oleh zat ini. Mengatur pola tidur sehat, melancarkan pencernaan, mencegah pendarahan, dan yang paling penting ialah perasaan bahagia.

Semua itu membantu meningkatkan imun tubuh.

Salah satu sumber zat ini ialah dari susu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *