Apa Itu Diet Keto?

Apa Itu Diet Keto?

Garisatu.com – Diet keto adalah salah satu cara berdiet yang dilakukan dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Metode diet ini kian populer karena dianggap cepat menurunkan berat badan. Di sisi lain, Keto masih kontroversial karena bila tidak dilakukan dengan tepat, mungkin bisa membahayakan kesehatan. 

Perlu diingat, ‘lemak’ yang dimaksud dalam diet ini bukanlah sembarang lemak, namun berupa lemak sehat seperti yang terdapat pada tuna, salmon, makarel, almond, wijen, chia seed, telur, daging, baik daging sapi atau daging ayam, dan sayur hijau seperti tomat, bawang, cabai, dan sayuran lain yang rendah karbohidrat. 

Bacaan Lainnya

Apa Itu Diet Keto?

Prinsip yang melatar belakangi metode diet ini adalah bahwa tubuh kita menggunakan dua sumber bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari, yaitu glukosa (gula) dan keton (lemak). Sehingga dalam pola keto ini, bertujuan untuk mengurangi karbohidrat sehingga tubuh kita dapat membakar lemak sebagai gantinya, untuk sumber energi. 

Saat awal mulai menjalani diet keto, sekitar 7-10 hari pertama, mungkin kamu akan merasa lemas, sakit kepala dan tidak bersemangat. Hal ini disebut juga sebagai masa flu keto. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hilangnya asupan karbohidrat dan mulai bertransisi untuk membakar lemak sebagai sumber energi.

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir. Begitu tubuh sudah terbiasa dengan pola makan ala diet keto ini, maka flu keto akan hilang dengan sendirinya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang banyak saat menjalani diet keto, karena saat  mengalami kondisi ketosis, ginjal akan mengeluarkan lebih banyak cairan dan elektrolit. Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi asupan sodium dan potasium yang cukup. 

Bagi kalian yang ingin menjalani diet keto, sebaiknya pahami terlebih dulu resiko serta aturan dalam diet ini supaya diet kamu bisa berjalan dengan lancar. 

Pos terkait