Anies: Tim Medis Prioritas Rapid Test Corona

  • Whatsapp
Kasus Corona Di Indonesia Paling Banyak Seputar Asia Tenggara!

Garisatu.com –  Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menentukan bahwa tes cepat (rapid test) virus corona COVID-19 akan mendahulukan para tim medis.

Pernyataan itu disampaikan oleh Pak Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, mengenai update terbaru COVID-19 di DKI.

“Yang utama kami siapkan alat pelindung diri (APD) lalu rapid test sekarang diprioritaskan untuk seluruh tenaga medis sehingga mereka memiliki rasa tenang dan bisa menangani,” kata Pak Anies, pada Kamis (26/3/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, para tim medis perlu didahulukan dalam menjalani rapid test karena mereka berada di garda terdepan dalam menghadapi COVID-19.

“Kami ingin menyampaikan pesan kepada semua bahwa garda terdepan di dalam menghadapi wabah COVID-19 adalah tim medis. Mereka paling depan, mereka bekerja paling keras dan resiko paling besar,” jelas dia.

Sampai sekarang sudah ada 50 tenaga medis yang terinfeksi virus corona COVID-19 di DKI Jakarta.

Selain para tim medis, Pemprov DKI Jakarta juga memprioritaskan para warga dengan kriteria tertentu untuk menjalani pemeriksaan cepat COVID-19.

Pihak puskesmas akan melakukan rapid test secara aktif terhadap warga yang masuk tiga kriteria. Informasi ini didasarkan dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesdki.

Kriteria pertama, warga yang kontak erat dengan risiko rendah. Dalam arti kata, orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP).

Yang kedua, warga yang kontak erat dengan risiko tinggi. Hal ini mengartikan orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi/probabel COVID-19.

Lalu kriteria ketiga yakni orang dalam pemantauan (ODP).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *