Alasan AC Mobil Tidak Dingin

  • Whatsapp
Alasan AC Mobil Tidak Dingin

Garisatu.com – AC mobil yang sudah terasa kurang dingin pastinya mengganggu kenyamanan. Terlebih jika sudah disetel paling dingin tapi hawa kabin tak kunjung sejuk, tentu membuat jengkel siapa pun pengemudi maupun penumpangnya.

Alasan AC Mobil Tidak Dingin

Alasan AC Mobil Tidak Dingin

Kepala Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro cabang Serpong, Husein mengatakan penyebab utama AC kurang sejuk karena adanya kebocoran pada saluran pendingin.

Bacaan Lainnya

“Biasa dan paling sering terjadi karena selang maupun pipa saluran itu kebanyakan pada bocor, makanya suka terjadi dinginnya itu kadang ada kadang hilang,” ungkap Husein.

Umpama pipanya terbuat dari bahan logam, maka cara menambalnya adalah dengan mengelasnya. Sedangkan pipa yang berbahan elastis tidak ada cara lagi selain harus mengganti dengan yang baru.

“Bocor itu biasanya selain umur, juga kan karena panas. Kena panas mesin lama-lama getas, retak, enggak elastis lagi makanya bikin bocor,” tutur Husein menjelaskan penyebab kebocoran selang AC mobil.

Alasan AC Mobil Tidak Dingin 3 1

Ketika bocor, maka distribusi freon atau refrigerant dari evaporator menuju kondensor atau penyaluran dari kondensor ke evaporator tidak maksimal. Ya sederhananya ada gas atau cairan refrigerant yang terbuang, sehingga hawa yang terasa pun kurang dingin.

Biaya servis AC mobil khususnya menambal kebocoran selang biayanya sekitar Rp 100 sampai 400 ribuan, tergantung tingkat kebocoran. Itu belum termasuk isi freon, yang harganya juga bervariasi mulai dari Rp 150 sampai 350 ribu.

Rotary Bintaro juga menerima pengecekan kerusakan AC yang harga jasanya dari cuma-cuma hingga Rp 200 ribu. Apabila diteruskan sampai pembersihan biayanya Rp 100 sampai 150 ribu.

Adapun untuk perawatan kondensor mulai Rp 100 sampai 200 ribu. Sedangkan perawatan dengan penanganan khusus lagi seperti ganti oli kondensor, flushing maupun komponen piston berkisar Rp 300 sampai 800 ribu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *