Ahok Klarifikasi Soal Aib Pertamina Di Video Youtube

  • Whatsapp
Ahok Klarifikasi Soal Aib Pertamina Di Video Youtube
Ahok Klarifikasi Soal Aib Pertamina Di Video Youtube

Garisatu.comIr. Basuki Tjahaja Purnama, M.M., atau paling dikenal dengan panggilan Hakka Ahok, adalah Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 19 November 2014 hingga 9 Mei 2017. Kemudian per tanggal 25 November 2020, Basuki resmi diangkat menjadi Komisaris Utama melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Pertamina (Persero) ini. 

basuki tjahaja purnama ahok dan menteri bumn erick thohir di kantor kementerian bumn

Klarifikasi Ahok

Baru baru ini media dihebohkan perihal Basuki membocorkan masalah masalah internal Pertamina.

Bacaan Lainnya

Melalui video berdurasi 6 menit yang diunggah akun YouTube POIN, Basuki membongkar soal direksi yang punya hobi melobi menteri hingga direksi yang lebih suka berutang dan mendiamkan investor.

“Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” kata Basuki dalam akun YouTube itu.

ahok dan erick

Selain membongkar hobi direksi yang suka melobi-lobi kementerian, Basuki mengungkap masalah lain, yakni manipulasi gaji. Beliau menyebut kerap menemui masalah terkait gaji, khususnya di jabatan direktur utama anak perusahaan.

“Orang dicopot dari jabatan direktur utama anak perusahaan, misal gaji Rp 100 juta lebih masa dicopot gaji masih sama, alasannya dia sudah orang lama harusnya gaji mengikuti jabatan Anda,” kata Ahok

Pernyataan Ahok kemudian mendapat kritikan keras dari Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. Menurut Andre, Ahok sebagai komisaris utama seharusnya membantu menyelesaikan masalah, bukan malah membongkar ‘aib’ Pertamina. Politikus Gerindra itu lalu meminta Presiden Jokowi mencopot Ahok.

“Seharusnya komut itu kalau ada masalah, perbaikan, dia selesaikan di internal atau laporkan ke Menteri BUMN, tidak mengumbar ke luar, sehingga menimbulkan kegaduhan dan memberikan citra negatif kepada Pertamina yang berjuang di semester kedua tahun 2020 ini untuk mengembalikan, mendapatkan keuntungan setelah di semester pertama rugi kan,” papar Andre.

foto viral ahok mengenakan seragam pertamina

Namun disisilain , Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman buka suara perihal kritik yang disampaikan komisaris utamanya. Menurut dia, kritikan Ahok merupakan masukan bagi perseroan. 

“Kami menghargai pernyataan Pak BTP sebagai Komut yang memang bertugas untuk pengawasan dan memberikan arahan,” jelas Fajriah lewat pesan singkatnya, Rabu (16/9/2020).

Ia berujar, kritik yang disampaikan Ahok juga sejalan dengan restrukturisasi Pertamina yang sedang dijalankan direksi agar perusahaan menjadi lebih cepat, lebih adaptif dan kompetitif.

1575831103321 ahok

“Upaya Direksi Pertamina untuk menjalankan Perusahaan sesuai prosedur, menjadi lebih transparan dan profesional telah konsisten nyata dilakukan, melalui penerapkan ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) oleh Pertamina dan Groupnya, kerja sama dengan PPATK dan juga institusi penegak hukum, serta pendampingan dengan KPK,” terang dia.

Terkait latar belakang unggahan video tersebut, Ahok yang merupakan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) mengaku tak tahu. “Bukan saya yang keluarkan (video),” ucap Ahok.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *