9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

  • Whatsapp
9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau
9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

Garisatu.com – Gemar memasak jengkol? Jengkol merupakan tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Masyarakat mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk makanan favorit sebagian orang, namun kerap kali mengeluhkan bau dan juga rasanya yang pahit ketika mengonsumsinya.

Bacaan Lainnya

Padahal, jika diolah dengan tepat, jengkol bisa menjadi makanan yang enak dan membuat kamu ketagihan. Dengan menghilangkan rasa pahit dan juga membuat teksturnya lebih empuk, kamu pasti akan lebih menikmati jengkol yang bisa diolah menjadi berbagai masakan.

https://www.youtube.com/watch?v=3ZGblxDyglg

Tanaman satu ini memang bisa diolah menjadi berbagai masakan mulai dari semur jengkol, sambal jengkol, jengkol kalio, hingga jengkol balado.

Teksturnya yang mirip daging juga mejadi salah satu factor jengkol disukai oleh banyak orang.

9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

Karena jengkol sebetulnya memiliki cita rasa yang enak, maka kami akan membagikan cara memasak jengkol supaya tidak bau dan pahit. Simak dibawah ini.

1.         Rendam dengan air es

9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

Kamu bisa menggunakan cara ini terutama untuk menghilangkan baunya. Jengkol bisa direndam dengan menggunakan air dingin mnaupun air es selama semalaman.

Selain itu, bisa juga merendam jengkol menggunakan air kapur sirih atau susu. Cara ini diyakini bisa menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol dan menetralisir rasanya.

2.         Kupas hingga benar benar bersih

9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

Poin penting dalam memasak jengkol yang bebas bau ialah dengan mengupasnya hingga benar benar bersih. Hal ini karena pengupasan kulit jengkol yang kurang bersih merupakan factor utama yang membuatnya terasa pahit.

Kulit yang masih menempel inilah yang memberikan rasa pahit ketika direbus. Selaput pada jengkol harus dibuang dan dibersihkan hingga tuntas.

Karena, sedikit saja kulitnya tidak bersih, maka akan mempengaruhi rasa jengkol dan menjadi pahit saat diolah.

9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

3.         Rebus dengan daun salam

Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup umum diterapkan dalam mengolah jengkol. Merebusnya dengan menambahkan daun salam tidak hanya bisa mengurangi rasa pahit, namun juga bisa mengurangi bau tajam pada jengkol dengan efektif.

4.         Rebus dengan daun jeruk purut

Selain daun salam, kamu juga bisa memanfaatkan daun jeruk purut. Rebus jengkol dengan menambahkan daun jeruk perut secukupnya. Daun jeruk purut yang diiris bisa digunakan untuk membantu menetralisir bau jengkol.

5.         Rebus dengan daun jambu biji

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan daun jambu biji. Setelah selesai direbus, air bekas rebusan dan daun jambu bijinya bisa dibuang.

Ini menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif dalam menghilangkan bau menyengat jengkol.

Sebelum dibumbui atau diolah, jengkol bisa dipipihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar nanti bumbu cepat meresap dan olahan jengkol bisa terasa lebih sedap.

6.         Jangan memasaknya terlalu lama

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit berikutnya adalah dengan memasaknya tidak terlalu lama. Teknik memasak jengkol ini juga perlu benar-benar diperhatikan.

Sebaiknya, kamu hanya memasak jengkol dalam waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja.

Hal ini nantinya juga bergantung pada ukuran dan usia jengkol yang kamu masak. Selain itu, saat memasak juga gunakanlah api san suhu yang kecil. 

Dengan cara memasak jengkol menggunakan api kecil dalam waktu yang tidak begitu lama, maka kamu akan mendapatkan jengkol yang tidak bau, tidak pahit, dan tentunya lebih empuk.

7.         Cuci dengan air beras

9 Tips Memasak Jengkol Supaya Tidak Bau

Setelah direndam dengan air kapur sirih, tips selanjutnya menggunakan air bekas cucian beras. Setelah mencuci beras, jangan buang airnya karena bisa dimanfaatkan untuk mencuci jengkol sebelum diolah menjadi masakan.

8.         Tambahkan parutan jahe

Cara lain untuk mengurangi bau tak sedap dari jengkol hanya menambahkan parutan jahe. Tambahkan sedikit parutan jahe saat memasak jengkol. Aroma jahe yang sedikit pedas dipercaya ampuh menyamarkan bau jengkol, sekaligus menambah citarasa masakan.

9.         Rebus dengan api kecil

Cara memasak jengkol juga memengaruhi, agar olahan lebih enak dan lezat. Memasak atau merebus jengkol cukup dengan api kecil. Tujuannya, agar bumbu meresap sempurna dan menghilangkan bau tak sedapnya.

Itu dia beberapa cara untuk mengolah jengkol supaya tidak pahit dan bau. Semoga berhasil!

https://www.youtube.com/watch?v=kA-j_zi3WDQ

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *