9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

  • Whatsapp
9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak
9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Garisatu.com – Ikan segar merupakan salah satu makanan dalam keseharian kita untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh. Ikan juga dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi Kesehatan tubuh, oleh sebab itu, produk pangan hewani ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat, terutama anak anak.

Selain protein yang tinggi, ikan juga diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi pertumbuhan otak, serta kalsium, vitamin D, dan fosfor yang baik bagi tulang.

Bacaan Lainnya

Namun terkadang kandungan nutrisi ini tidak bisa kita dapatkan sepenuhnya jika kondisi ikan yang kita santap sudah tidak segar lagi.

Bahkan, mengonsumsi ikan yang sudah tidak segar atau mengarah pada kondisi busuk bisa saja membuat seseorang keracunan makanan.

Pasalnya, meskipun ikan sudah dimasak dalam suhu tinggi, ikan masih ada kemungkinan mengandung racun yang ditinggalkan bakteri.

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Racun yang tersisa inilah yang kemudian menyebabkan orang yang mengonsumsinya keracunan.

Penting bagi kita untuk mengetahui ciri ciri ikan segar dan layak dikonsumsi ketika hendak membelinya di pasar tradisional maupun supermarket.

Berikut ini perbedaan ciri ciri antara ikan segar dan tidak segar.

1.         Kenampakan

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Dilihat dari kenampakannya, ikan segar akan terlihat memiliki warna yang cerah, terang, tidak berlendir, dan mengkilat. Sedangkan ikan yang tidak segar cenderung tampak kusam, suram, dan berlendir jika diraba.

2.         Bau

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Pada umumnya ikan memang memiliki bau amis yang cukup mencolok, namun bau amis ini masih tetap bisa dibedakan antara amis ikan segar dan tidak segar.

Ikan segar akan mengeluarkan bau amis yang ‘segar’ dan normal seperti keadaan dari daerah asalnya. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar akan berbau busuk, menyengat, dan asam.

3.         Mata

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Ternyata kita juga bisa membedakan kesegaran ikan dilihat dari matanya lho. Ciri ciri mata ikan yang masih segar ialah tidak berlendir, dan cerah dengan kondisi mata masih menonjol keluar.

Sedangkan ikan yang sudah tidak segar matanya akan terlihat cekung dan masuk kedalam bagian rongga mata.

4.         Sisik

Perbedaan selanjutnya bisa kita perhatikan dari sisik ikan. Sisik ikan segar akan tampak cerah dan melekat kuat jika dipegang, sedangkan berbanding terbalik dengan sisik ikan yang sudah tidak segar, sisiknya akan tampak kusam dan mudah rontok jika di pegang.

5.         Mulut

Ketika ingin membeli ikan, salah satu bagian yang mudah diperhatikan ialah bagian mulutnya. Mulut ikan yang masih segar akan terkatup, sedangkan ikan yang tidak segar akan terbuka. Ini merupakan langkah mudah yang bisa digunakan ketika hendak memilih ikan.

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

6.         Insang

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Bagian insang pada ikan segar dan ikan tidak segar juga bisa dibedakan. Insang pada ikan segar maupun tidak segar akan sama sama berwarna merah, hanya saja ikan yang masih segar cenderung memiliki insang yang berwarna merah cerah, sedangkan ikan yang tidak segar cenderung memiliki warna merah gelap dan kecokelatan.

7.         Dubur

Bagian dubur ikan pun bisa diperhatikan. Dubur pada ikan segar akan berwarna merah jambu dan pucat, sedangkan dubur pada ikan yang sudah tidak segar akan menonjol keluar dan berwarna.

8.         Daging

9 Cara Mudah Membedakan Ikan Segar Dan Tidak

Ikan yang masih segar akan memiliki daging yang kenyal dan masih dalam kondisi lentur, sedangkan ikan tidak segar akan memiliki daging yang lunak dan tidak kenyal.

9.         Tubuh

Cara lain untuk melihat apakah ikan yang kamu beli masih segar atau tidak ialah dengan menaruhnya didalam air. Ikan yang masih segar jika kamu masukkan kedalam air maka akan tenggelam.

Berbanding terbalik dengan ikan yang tidak segar, jika kamu masukkan kedalam air maka ikan akan mengapung di permukaan.

Sementara itu, untuk hasil perikanan lain, seperti udang, kepiting dan rajunan, ciri-ciri kesegarannya tidak jauh berbeda dengan ikan.

Tapi, udang, kepiting dan rajngan memiliki ciri khusus. Maka, selain tanda-tanda seperti pada ikan, penilaian segar atau tidak segar pada kepiting, rajungan dan udang harus juga mempertimbangan tanda-tanda lain sebagai ciri khasnya.

Sebagai contoh, pada kenampakan. Kepiting, rajungan dan udang yang segar akan tampak cerah dan cemerlang.

Warnanya juga belum berubah sesuai aslinya. Sementara, kepiting, rajungan dan udang yang tidak segar memiliki ciri-citi kenampakan, yakni terdapat banyak warna merah jambu (oranye) terutama pada sekitar kepala dan kaki. Selain itu, ditemukan juga banyak bintik-bintik hitam di kakinya, khususnya pada udang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *