8 Tips Mengurangi Mata Minus

  • Whatsapp
8 Tips Mengurangi Mata Minus
8 Tips Mengurangi Mata Minus

Garisatu.com – Ingin mengurangi mata minus? Mata minus atau myopia merupakan kondisi ketika mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Mata minus terjadi ketika bayangan jatuh didepan retina. Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkung karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Maka dari itu, orang dengan miopia cenderung memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini perbedaan mata orang normal dan yang mengalami mata minus.

Bacaan Lainnya

Mata minus bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari keturunan, kebiasaan membaca, jarang beraktifitas diluar ruangan, dan masih banyak lagi.

Mata minus bisa cukup mengganggu bagi sebagian orang. Tidak heran mereka kerap berfikir bagaimana cara untuk mengurangi mata minus supaya bisa melihat tanpa kacamata.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi mata minus yang mudah dan murah yang bisa kamu coba.

1.         Mengonsumsi jus lidah buaya

8 Tips Mengurangi Mata Minus

Cara mengurangi mata minus secara alami ialah dengan lidah buaya. Cobalah untuk mengonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh.

Rutin mengonsumsi jus lidah buaya dipercaya bisa mengurangi mata minus, hal ini dikarenakan oleh kandungan gizi didalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan herbal lainnya seperti kenari, lemon, dan madu.

2.         Mengonsumsi jus buah bit

8 Tips Mengurangi Mata Minus

Buah bit disebut sebut sebagai cara mengurangi mata minus secara alami. Sama seperti lidah buaya, konsumsi jus buah bit selama satu minggu atau dua minggu penuh.

Jika perlu, campurkan dengan jus belimbing atau jus wortel untuk khasiat yang lebih manjur.

3.         Rutin mengonsumsi wortel

8 Tips Mengurangi Mata Minus

Cara selanjutnya ialah dengan mengonsumsi wortel. Seperti yang kita tahu, wortel mengandung beta karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A, yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Dengan rutin mengonsumsi wortel, kamu akan bisa menjaga dan memelihara kesehatan mata dan bisa membantu mengurangi mata minus juga.

Fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

4.         Mengfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk

8 Tips Mengurangi Mata Minus

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengurangi mata minus secara alami. Kamu bisa memulai lartihan ini dengan posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan jari telunjuk kamu 10 cm dari hidung.

Fokuskan pandangan kamu ke arah telunjuk dan kemudian alihkan fokusmu ke objek yang berada jauh di belakang telunjuk, dan kembalikan fokusmu ke jari telunjuk lagi.

Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

5.         Senam mata

Senam mata bisa kamu lakukan dengan menggoyangkan bola mata ke kiri dan ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

8 Tips Mengurangi Mata Minus

6.         Menjemur mata pagi hari

Menjemur mata pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Caranya ialah dengan menutup kedua mata dan arahkan pandangan mata ke matahari hingga bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

7.         Lepas kacamata ketika tidak diperlukan

Ketika menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memkamung ke arah lainnya.

Nah, cara mengurangi mata minus secara alami lainnya adalah dengan melepas kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

8.         Menggunakan lilin

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin ini merupakan salah satu solusi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang.

Sebagian besar berpendapat ini merupakan cara yang ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal. Caranya ialah, pertama nyalakan lilin terlebih dulu, kemudian tatap lilin selama beberapa menit dan usahakan untuk tidak selalu berkedip, kemudian lakukan kegiatan tersebut hingga air mata keluar.

Jika air mata sudah keluar, maka hentikan. Namun yang perlu diingat adalah jangan berlebihan melakukan terapi lilin ini. Karena tentunya tidak baik juga untuk kesehatan mata kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *