8 Tips Mengolah Ampas Kopi

  • Whatsapp
8 Tips Mengolah Ampas Kopi
8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Garisatu.com – Setelah menyeduh kopi, tidak sedeikit orang pun akan membuang ampas kopi yang tersisa pada gelas. Sebab menikmati secangkir kopi tidak nikmat rasanya jika diganggu oleh bubuk bubuk ampas. Akan tetapi jangan membuang ampas dari kopi kamu dengan percuma. Sebab ampas dari kopi memiliki manfaat yang tidak terduga untuk beberapa hal, sehingga akan sangat disayangkan jika kamu membuangnya begitu saja.

Seperti yang dilansir dari beberapa sumber, di bawah ini ada 8 manfaat yang didapat dari ampas dari kopi bekas. Simak penjelasannya.

Bacaan Lainnya

1.         Menjadi pupuk tanaman

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Didalam bubuk kopi terdapat beberapa mineral penting bagi pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium dan kromium.

Ini akan lebih berguna lagi jika kamu memelihara tanaman dirumah. Selain itu, ampas kopi juga bisa membantu menyerap logam berat yang bisa mencemari tanah.

Dan juga bubuk kopi bisa membantu menarik cacing, yang dimana kehadirannya bagus bagi kebun dirumahmu. Jika kamu selesai menyeduh kopi, cukup taburkan ampas tersebut pada tanah disekitar tanamanmu.

2.         Kompos

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Pengomposan merupakan proses alami yang mengubah barang barang organic seperti sisa makanan dan puing puing di halaman menjadi bahan kaya yang gelap disebut kompos atau humus.

Dan menambahkan kompos pada pekarangan atau kebun bisa membantu tanah dalam menahan lebih banyak nutrisi dan air, sehingga bisa meningkatkan Kesehatan tanaman.

Satu studi menemukan bahwa kompos yang dibuat dengan ampas kopi dan limbah dapur lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan kompos yang dibuat dari limbah saja.

Bahan bahan lain yang bisa digunakan untuk kompos termasuk potongan rumput, daun, kulit kayu, cangkang telur, roti basi, dan sisa sisa buah serta sayuran.

3.         Mengusir serangga dan hama

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Didalam kopi mengandung senyawa senyawa tertentu yang bisa menjadi sangat beracun bagi serangga seperti kafein dan diterpen. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusir serangga dirumah.

Ampas kopi ini efektif dalam mencegah nyamuk, lalat buah dan kumbang, dan juga bisa membantu mengusir hama lain.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pembasmi serangga dan hama, cukup taruh mangkuk ampas kopi atau taburkan disekitar area tempat duduk diluar ruangan.

Kamu juga bisa menjauhkan hama dari kebun rumahmu dengan menebarkan bubuk kopi di sekitar tanaman. Mereka membantu menciptakan penghalang yang tidak disukai oleh siput.

4.         Menetralkan bau

Didalam bubuk kopi mengandung nitrogen, dimana yang membantu menghilangkan gas belerang berbau usuk di udara ketika dikombinasikan dengan karbon.

Dengan kata lain, ampas kopi dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau. Kamu bisa meletakkan semangkuk ampas kopi bekas pada lemari es ataupun freezer untuk menetralkan bau dari makanan yang busuk atau harum.

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

5.         Sebagai scrub pembersih alami

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Bubuk kopi bersifat abrasive dan bisa membantu menghilangkan penumpukan pada permukaan yang sulit dibersihkan. Mereka bahkan bisa membantu membersihkan karena memiliki sifat antibakteri juga antivirus.

Jika kamu ingin menghindari pembersihan menggunakan bahan kimia, ampas kopi bekas mungkin bisa menjadi alternatif.

Gunakan ampas kopi untuk mengikis wastafel, memoles peralatan masak, atau membersihkan pemanggang. Akan tetapi berhati hatilah untuk tidak menggunakannya pada bahan berpori apapun, karena bisa menyebabkan noda berwarna cokelat.

6.         Memperbaiki furniture yang tergores

Jika kamu memiliki furniture kayu, mungkin akan terlihat jelas jika furniture tersebut tergores ataupun lecet. Kini ada berbagai produk di pasaran yang bisa membantu meminimalisir munculnya goresan, tetapi sebelumnya, kamu mungkin bisa mencoba menggunakan bubuk kopi terlebih dulu.

Pertama, buat pasta kental dengan ampas kopi bekas dan air. Kemudian gosok pasta ke goresan menggunakan kapas, biarkan selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan kain katun.

Ini akan membantu menghaluskan goresan dan menyembunyikannya dengan mengecat kayu yang terbuka menjadi warna coklat tua.

Lanjutkan mengoleskan kopi ke dalam goresan menggunakan kapas hingga warna yang diinginkan tercapai, tunggu beberapa jam setelah pengaplikasian.

7.         Gunakan sebagai pewarna alami

8 Tips Mengolah Ampas Kopi

Ampas kopi bisa digunakan untuk meningkatkan kekayaan warna rambut tanpa menggunakan bahan kimia keras.

Campurkan 1-2 sendok teh (tergantung pada ketebalan dan panjang rambut) ampas kopi yang sudah didinginkan ke dalam segenggam kondisioner dan oleskan ke rambut yang baru saja dikeramas.  

Biarkan selama tidak lebih dari lima menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut. Pewarnaan sementara tidak disarankan untuk warna rambut yang lebih terang.

8.         Warnai bunga menjadi biru

Percaya atau tidak, kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk memberi warna biru pada bunga tertentu. Keasaman tanah mengurangi tingkat pH tanah. Ini, pada gilirannya, menyebabkan bunga menjadi biru.

Itu dia tips mengolah ampas kopi menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar