8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

  • Whatsapp
8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji
8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Garisatu.com – Indonesia memang terkenal dengan sumber daya alamnya yang sangat luar biasa, kekayaan flora dan faunanya yang juga tidak terhitung banyaknya. Keberagaman flora ini kemudian menghasilkan banyak buah buah yang berbagai macam juga. Karena Indonesia beriklim tropis, biasanya disebut sebagai buah tropis. Salah satu buah tropis yang cukup umum ditemukan ialah jambu.

Di Indonesia, jambu terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari jambu biji, jambu air, jambu monyet, dan masih ada lagi. Jambu air sendiri pun masih memiliki banyak varietas.

Bacaan Lainnya

Nah, supaya kamu tahu perbedaan dari jambu jambu ini, yuk simak penjelasan dibawah ini.

1.         Jambu madu supergreen

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jambu madu supergreen ini termasuk sebagai varietas unggulan dari tanaman jambu air. Keunggulan dari jambu ini yakni ukuran buahnya yang sangat besar, bahkan bisa mencapai ukuran satu botol minuman kemasan gelas.

Sedangkan jika ditimbang, dalam 1 kilogram berisikan sekitar 4 buah jambu air. Jambu ini juga memiliki rasa yang super manis dan merata dari atas hingga bagian bawah buahnya.

2.         Jambu bool

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jambu ini memiliki warna yang cenderung lebih merah gelap dengan daging buah yang lembut dan tidak serenyah jambu air.

Selain rasanya juga yang lezat, jambu bool juga dianggap memiliki peran dan manfaat dalam terapi penyembuhan hiperglikema. Jambu ini dikenal juga dengan sebutan jambu jamaika.

3.         Jambu air king rose

Jenis jambu air king rose ini merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan keunikan warnanya yang merah legam seperti mawar.

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jenis jambu ini juga dikategorikan kedalam ukuran jumbo yakni mencapai 250 sampai 350 gram per buah. Keunggulan jenis jambu ini juga tidak kalah dengan jambu supergreen, memiliki rasa yang sangat manis dan segar dengan kadar air yang cukup tinggi serta jambu ini biasanya tidak memiliki banyak biji sehingga memudahkan dalam mengonsumsinya.

4.         Jambu air delima

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Ciri khas buah ini, berwarna merah tua seperti buah delima, rasanya manis, dan mengandung banyak air. Rasanya manis dan segar buah ini karena dalam setiap kilogram terdapat kadar gula sebanyak 7,2 brik, 117 mg vitamin C, dan 84% air.

Jambu ini termasuk varietas buah unggulan dari kabupaten Demak, Jawa Tengah. Dagingnya renyah dan mengandung banyak udara.

5.         Jambu air citra

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jambu citra masuk kedalam jenis jambu air termanis. Termasuk juga sebagai salah satu jenis jambu air unggulan yang memiliki buah besar ditambah dengan rasanya yang super manis.

Pohon buah jambu ini bisa berbuah sebanyak 3 kali dan keunggulan lainnya adalah tanaman buah jambu air citra tergolong gampang untuk dibudidayakan dan tidak perlu memakan waktu lama untuk panen.

6.         Jambu air bajang leang

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jambu bajang leang merupakan salah satu jenis jambu air yang paling banyak. Bentuk jambu air ini sangat besar dengan warna yang menarik serta rasa yang manis. Selain itu, kandungan air buah ini sangat tinggi.

7.         Jambu madu kesuma merah

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jambu air ini termasuk juga jambu madu unggulan dengan rasa manis dan memiliki buah berwarna merah, selain itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh.

Keunggulan lain jambu air kesuma merah adalah memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, sehingga terkadang cukup sulit untuk memecahkan jambu ketika ingin dimakan.

Tanaman buah jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya. Hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. Biasanya pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.

8.         Jambu madu deli hijau

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Jenis jambu air ini memiliki warna hijau dengan tingkat kemanisan yang luar biasa. Jambu madu hijau tidak memiliki biji di dalamnya dan memiliki daging yang rapuh sehingga legit saat dimakan.

Pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih banyak walau dengan ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

Keunggulan lain dari jambu madu deli hijau adalah sifatnya yang genjah, cepat berbuah.

8 Perbedaan Jambu Air Dan Jambu Biji

Selain macam macam jambu air, jambu biasanya yang sering kita temui di pasaran juga jambu monyet, jambu mawar, dan jambu biji.

1.         Jambu biji

Salah satu jenis jambu yang paling banyak jenisnya dan dapat ditemukan di Indonesia adalah jambu biji. Mulai dari jambu biji merah hingga jambu biji yang tak berbiji seperti jambu kristal sudah sangat banyak dan mudah dijumpai.

Jenis jambu biji terbilang udah dibudidayakan bahkan tak jarang yang tumbuh sendiri begitu saja. Jambu biji yang berada di Indonesia kebanyakan merupakan penyebaran dari negara Brazil.

2.         Jambu monyet

Jambu monyet atau dikenal juga dengan sebutan jambu mede merupakan salah satu jenis jambu yang juga berasal dari Brazil.

Buah nya dapat dimakan baik langsung ataupun melalui pengolahan namun buah jambu mede ini lebih banyak dibudidayakan untuk diambil bijinya untuk diolah menjadi kacang mete yang memang memiliki daya jual yang cukup tinggi.

3.         Jambu mawar

Jambu mawar atau dikenal juga dengan sebutan jambu keraton ini dinamai seperti itu karena aromanya yang kuat dan tercium seperti bunga mawar.

Jambu mawar dikenal juga dengan sebutan jambu kraton dan merupakan asli berasal dari kawasan asia tenggara. Rasa dari buah ini manis dengan sensasi agak sepat dan meninggalkan sedikit rasa getir sesudahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *