8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan
8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

Garisatu.com – Ada ungkapan yang menyebutkan “jangan bangun kesiangan jika tidak ingin rejekinya dipatok ayam”. Meskipun terdengar seperti pepatah kuno namun ungkapan ini ada baiknya untuk diikuti. Sebab bangun pagi memang bisa memberikan tubuh kita banyak sekali manfaat. Dan tidak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat bangun pagi juga bis akita dapatkan untuk kesehatan mental kita.

https://www.youtube.com/watch?v=3VJ8qqgHQXQ

Memang bangun awal bukan perkara mudah bagi semua orang. Akan tetapi setelah kamu melihat manfaat yang bisa didapatkan dari bangun pagi, mungkin kamu akan tertarik untuk menerapkannya.

Bacaan Lainnya

Berikut ini manfaat manfaat dari bangun pagi.

1.         Membantu menjalani pola makan yang lebih sehat

8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

Orang yang bangun lebih pagi cenderung memiliki waktu untuk sarapan dan memilih atau menyiapkan makanan yang sehat untuk sarapan.

Sedangkan orang yang bangun siang umumnya terburu buru dan tidak memiliki waktu untuk sarapan. Atau jika sarapan sekalipun, mereka cenderung memilih opsi yang cepat dan praktis, yang cenderung tidak sehat.

Padahal sarapan penting untuk memulai aktifitas harian kita, tanpa sarapan, kita bisa tergoda untuk mengonsumsi makanan yang lebih banyak dan tidak sehat pada siang harinya.

2.         Baik bagi kesehatan kulit

8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

Tidur yang cukup sangat penting jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat. Seperti yang kita tahu, bergadang bisa membuat seseorang mengalami break out yang menimbulkan beberapa jerawat. 

Selain itu, bangun lebih pagi juga akan memberikan kamu waktu lebih untuk melakukan berbagai langkah langkah perawatan yang baik untuk kulit. 

3.         Menjadi lebih aktif

8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 204 anak yang berusia 12 sampai dengan 40 bulan membuktikan bahwa anak yang bangun lebih pagi cenderung lebih aktif secara fisik dibandingkan anak yang bangun siang.

Dan kurangnya melakukan aktifitas fisik bisa berdampak buruk pada kesehatan mental maupun fisik, terutama pada anak anak.

4.         Lebih mudah berkonsentrasi

8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

Memulai hari lebih pagi bisa meningkatkan konsentrasi. Sebab, kita jadi memiliki waktu yang lebih untuk mengerjakan suatu tugas atau menyusun agenda pekerjaan pada hari itu.

Sehingga meminimalisir kita untuk lupa akan tugas atau deadline. Dan juga kita bisa mengerjakan tugas dengan lebih tenang tanpa terburu buru, yang dimana jika kita terburu buru, kita rentan untuk kehilangan fokus.

5.         Mempunyai lebih banyak waktu untuk berolahraga

The Benefits Of Waking Up Early - Pyrus Blog

Bangun lebih awal sudah pasti membuat kita memiliki lebih banyak waktu. Dan waktu lebih ini bisa kita gunakan untuk berolahraga.

Terutama olahraga di pagi hari, bisa membuat kamu menjadi lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

8 Manfaat Bangun Pagi, Memang Baik Untuk Kesehatan

https://www.youtube.com/watch?v=TmORMKTHuOs

6.         Bangun pagi bisa meningkatkan prestasi

Bangun pagi juga dipercaya bisa membantu meningkatkan prestasi akademis.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan kepada mahasiswa di Amerika Serikat, rata rata indeks prestasi (IP) mahasiswa yang rajin bangun pagi terbukti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang sering bergadang dan bangun siang.

Para peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan oleh perbedaan kebiasaan yang dilakukan oleh kedua kelompok mahasiswa tersebut.

Mahasiswa yang bangun pagi bisa masuk ke kelas lebih tepat waktu dan belajar dengan baik.

Sementara mahasiswa yang memiliki kebiasaan bergadang sering melakukan aktivitas lain, mengalami penurunan konsentrasi dan keinginan untuk belajar.

7.         Meningkatkan produktivitas

Sudah bukan rahasia lagi jika orang-orang paling sukses di dunia adalah mereka yang rutin bangun pagi. Sebab, saat kita bangun lebih pagi dari orang lain, maka kita memiliki banyak waktu untuk melakukan tugas-tugas penting tanpa interupsi.

Otak kita juga lebih fokus apabila digunakan saat pagi hari. Sehingga, keputusan yang dibuat saat pagi hari biasanya lebih baik.

8.         Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat bangun pagi lainnya adalah kualitas tidur akan meningkat. Sebab, orang yang bangun pagi, biasanya memiliki waktu tidur yang teratur.

Hal ini membuat siklus biologis di tubuh, berjalan dengan baik, sehingga waktu istirahat bisa dimaksimalkan dengan baik.

Itu dia 8 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bangun pagi. Bangun pagi memang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan cenderung bisa memberikan kamu semangat untuk menjalani hari yang produktif.

Tidak ada salahnya tinggalkan kebiasaan bangun siang dan mulai belajar bangun pagi.

https://www.youtube.com/watch?v=nhvVnFRzsLo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *