8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

  • Whatsapp
8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh
8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Garisatu.com – Gluten buruk bagi tubuh? Pernahkah kamu melihat atau mendengat istilah gluten free pada sebuah produk? Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gluten dan mengapa orang menghindari mengonsumsinya?

Gluten merupakan campuran antara amorf dari protein yang terkandung bersama pati didalam endosperma beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiga bahan tersebut, gandumlah yang memiliki kandungan gluten tertinggi. Selain ditemukan pada gandum, gluten juga bida kita temukan pada roti atau pasta.

Bacaan Lainnya

Gluten juga sangat tahan terhadap enzim protease yang memecah protein di saluran pencernaan kita. Protein yang tidak dicerna secara sempurna bisa membuat peptida melewati dinding usus kecil dan menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini bisa memicu respon imun yang membuat kita berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, banyak orang menghindari makanan yang mengandung gluten dengan tujuan ingin hidup lebih sehat. 

Berikut ini dampak negative gluten pada kesehatan kita yang perlu diketahui.

1.         Penyakit seliak

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Penyakit seliak merupakan gangguan autoimun yang disebabkan oleh factor genetic dan juga lingkungan. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada organ usus kecil. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gluten bisa membuat penderita seliak mengalami kerusakan enterosit, yakni sel sel yang melapisi usus kecil.

Hal ini kemudian menyebabkan kerusakan pada usus, malabsorpsi nutrisi, dan gejala seperti penurunan berat badan dan diare. Penderita seliak juga biasanya mengalami gejala seperti anemia dan penyakit kulit.

2.         Alergi

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Gluten juga bisa menimbulkan reaksi pada sebagian orang. Reaksi alergi yang terjadi bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas. Biasanya, reaksi tersebut terjadi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, seperti gandum atau tepung.

3.         Sensitivitas gluten

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Mereka yang mengalami sensitivitas gluten biasanya akan merasakan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, dan juga nyeri sendi. Gejala gejala tersebut biasanya terjadi ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Itulah sebabnya mengapa penderita sensitivitas gluten disarankan untuk melakukan diet bebas gluten atau gluten free.

4.         Penyakit autoimun

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Ada beberapa teori yang mneyatakan mengapa gluten bisa menyebabkan dan memperburuk orang orang yang menderita penyakit autoimun seperti tiroiditis hashimoto, diabetes tipe 1, penyakit grave, dan artritis rheumatoid. Pasalnya, gluten bisa menyebabkan produksi antibody yang bereaksi dengan antigen dan jaringan tubuh kita sendiri.

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

5.         Gangguan pencernaan

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Mengonsumsi gluten juga bisa meningkatkan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar dan juga penyakit radang usus, yang meliputi penyakit crohn dan colitis ulserativa. Selain itu, gluten juga bisa mengubah bakteri usus dan meningkatkan permeabilitas usus pada penderita sindrom iritasi usus besar dan penyakit radang usus.

6.         Mengalami gizi buruk

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Tidak hanya masalah pencernaan kamu saja, saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi, kamu tidak akan mendapatkan nutrisi apa pun untuk kebutuhan tubuh kamu. Oleh karena itu, kamu mungkin akan mengalami kekurangan gizi. Parahnya, kamu bisa mengalami gizi buruk. Selain itu, beberapa organ pada tubuh kamu juga menjadi tidak berfungsi.

7.         Gangguan lambung

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Saat kamu mengonsumsi banyak gluten, kesehatan lambung kamu pun akan terganggu. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten ternyata bisa membuat kamu sakit perut. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung gluten bisa membuat lambung kamu iritasi dan radang. Tentunya ini akan mengganggu pencernaan kamu.

8.         Sesak nafas

8 Dampak Negatif Gluten Bagi Tubuh

Tidak hanya gangguan pada sistem pencernaan saja, gluten juga dapat mengganggu sistem pernapasan kamu. Salah satunya adalah sesak napas. Sebaiknya kamu yang memiliki penyakit asma atau sesak napas bisa mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten.

Itu dia dampak negative gluten terhadap tubuh kita terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Makanan yang perlu diperhatikan karena mengandung gluten yang sangat tinggi ialah seperti:

1.         Roti

Gandum merupakan bahan utama pembuatan roti. Tidak hanya roti, beberapa makanan lainnya seperti piza, muffin, burger, dan croissant pun terkadang terbuat dari gandum. Untuk menghindari kandungan gluten, sebaiknya pilihlah roti atau makanan lainnya yang berasal dari tepung beras atau kentang.

2.         Sereal granola

Gluten banyak terkandung pada gandum, oat, dan sereal. Jika kamu penggemar sereal, sebaiknya ganti sereal kamu dengan sereal berbahan dasar jagung atau beras.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *