8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

  • Whatsapp
8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Garisatu.com – Refluks asam lambung terjadi saat dimana asam pada lambung naik ke kerongkongan (esofagus), yang merupakan saluran yang mengalirkan makanan dan minuman dari mulut menuju lambung.

Beberapa refluks bisa merupakan hal yang benar benar normal dan tidak berbahaya, dan biasanya tidak menimbulkan gejala.

Bacaan Lainnya

Tetapi bila kondisi ini terjadi cukup sering, refluks asam lambung ini bisa membakar bagian dalam kerongkongan.

Gejala refluks asam lambung yang paling umum di kenal sebagai heartburn, yakni rasa nyeri dan terbakar pada dada atau tenggorokan.

Dari mereka yang secara teratur mengalami heartburn, sekitar 20 sampai 40 persen diantaranya dilaporkan didiagnosis memiliki penyakit refluks gastroesofagus ( GERD), yakni bentuk refluks asam lambung yang paling serius.

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Gejala umum lainnya refluks asam lambung selain heartburn bisa meliputi rasa asam pada bagian belakang mulut, kesulitan menelan, batuk, asma, kerusakan atau erosi gigi, hingga radang pada sinus.

Untuk mengatasi kondisi semakin parah, simak beragam cara untuk mengatasi asam lambung naik yang baik untuk dipraktikkan dibawah ini.

1.         Jangan makan berlebihan

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Seperti yang dilansir dari Healthline, refluks asam lambung juga bisa terjadi karena terlalu banyak tekanan pada otot bagian kerongkongan.

Maka tidak mengherankan jika sebagian besar refluks terjadi setelah aktifitas makan.

Tampaknya juga bahwa makanan yang lebih besar bisa memperburuk gejala asam lambung.

Maka dari itu salah satu langkah yang akan membantu meminimalisir refluks asam lambung ialah dengan menghindari makan dalam porsi besar.

2.         Ikut diet rendah karbo

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat bisa merendakan gejala refluks asam.

Para ahli juga menduga bahwa karbo yang tidak tercerna dengan baik bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan didalam perut.

Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan bisa membuat Anda mengeluarkan gas dan kembung.

Ini juga cenderung membuat Anda lebih sering bersendawa dan bisa memicu refluks asam lambung.

3.         Batasi asupan alkohol

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Mengonsumsi alcohol bisa memperparah refluks asam dan juga heartburn.

Kondisi seperti ini bisa memperburuk asam gejala dengan meningkatkan asam lambung, mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, dan merusak kemampuan esofagus untuk membersihkan diri dari asam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan alkohol dalam jumlah sedang bahkan dapat menyebabkan gejala refluks pada orang sehat.

4.         Jangan minum kopi berlebihan

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Studi menunjukkan jika kopi untuk sementara bisa melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, dan meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Beberapa bukti menunjukkan kafein sebagai kemungkinan penyebabnya. Mirip dengan kopi, kafein bisa melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.

Selain itu, minum kopi tanpa kafein telah terbukti mengurangi refluks dibandingkan dengan kopi biasa.

5.         Kunyah permen karet

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Beberapa penelitian menunjukkan dengan mengunyah permen karet bisa mengurangi keasaman di kerongkongan.

Terutama permen karet yang mengandung bikarbonat tampaknya sangat efektif untuk khasiat tersebut.

Penemuan ini menunjukkan dengan mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur yang terkait bisa membantu membersihkan esofagus dari asam.

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

6.         Hindari bawang mentah

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Sebuah studi yang dilakukan terhadap orang dengan refluks asam menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung bawang merah atau bawang bombai mentah secara signifikan bisa meningkatkan heartburn, refluks asam, dan bersendawa dibandingkan dengan makanan serupa namun tidak mengandung bawang.

Lebih sering bersendawa mungkin menunjukkan bahwa lebih banyak gas diproduksi karena tingginya jumlah serat yang dapat difermentasi dalam bawang merah.

Bawang mentah juga dapat mengiritasi lapisan esofagus, menyebabkan heartburn yang semakin parah.

7.         Batasi asupan minuman bersoda

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Sebuah studi observasi menemukan bahwa minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala refluks asam lambung.

Selain itu, penelitian terkontrol menunjukkan bahwa minum air berkarbonasi atau cola untuk sementara waktu bisa melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, dibandingkan dengan minum air biasa.

Alasan utamanya karena gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, yang menyebabkan orang lebih sering bersendawa, suatu efek yang dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

8.         Jangan minum jus jeruk terlalu banyak

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 400 pasien penderita GERD, sebanyak 72% melaporkan bahwa jus jeruk atau grapefruit memperburuk gejala refluks asam lambung mereka.

Keasaman buah jeruk tampaknya bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap efek ini. Jus jeruk dengan pH netral juga tampaknya memperburuk gejala.

Karena jus jeruk tidak melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, kemungkinan beberapa konstituennya mengiritasi lapisan esofagus.

Meskipun jus jeruk mungkin tidak menyebabkan refluks asam lambung, minuman ini dapat memperparah heartburn Anda untuk sementara.

Itu dia 8 cara mengatasi asam lambung naik yang bisa dipraktikkan dirumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *