7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

  • Whatsapp
7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula
7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Garisatu.com – Sebaiknya pilih asi atau susu formula? Selain menjalani proses kehamilan yang akan berlangsung selama 9 bulan, persalinan menjadi akhir dan awal dari kehidupan yang baru bagi janin dan termasuk juga tanggung jawab seorang ibu yang akan sepenuhnya dan dan sebenar benarnya menjadi seorang ibu. Dalam prosesnya dalam menghadapi kondisi setelah bayi lahir, ada beberapa tugas utama yang merupakan betuk tanggung jawab ibu, yakni menjaga dan memastikan bayi tumbuh kembang dengan baik.

Salah satu hal yang sangat harus diperhatikan ketika bayi baru lahir ialah pemberian asupan gizi, dimana bayi hanya bisa mengonsumsi asi atau susu formula.

Bacaan Lainnya

Pemenuhan nutrisi bagi bayi yang baru lahir sangat penting dilakukan untuk menjadikan proses perkembangannya berjalan secara normal sesuai dengan usia kehamilan.

Pemilihan jenis susu baik itu susu instan maupun asi atau air susu ibu kerap kali menjadi kondisi yang dibingungkan oleh ibu terkait kemampuannya dan kondisinya untuk memberikan air susu ibu atau asi kepada bayi atau dengan susu instan.

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Untuk lebih meyakinkan ibu dalam memiliki jenis cairan susu yang baik untuk bayi agar dapat memiliki perkembangan yang normal maka dapat memperhatikan beberapa perbedaan asi dan susu instan dalam pembahasan dan penjelasan di bawah ini.

1.         Asal susu

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Perbedaan mendasar dari asi dan susu instan ialah asal susunya. Susu formula berasal dari pengolahan susu sapi yang tentunya berbeda dengan susu asi yang memang dihasilkan secara alami oleh ibu untuk anaknya.

2.         Nutrisi yang terkandung didalamnya

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Tentu saja kita menginginkan nutrisi yang baik dan cukup bagi si bayi. Secara garis besar, susu instan terus diperbarui supaya kandungan nutrisi didalamnya bisa menyeimbangi susu asi yang terbentuk secara alami.

Akan tetapi meskipun upaya terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah nutrisi didalam susu instan, hingga kini susu instan masih belum bisa disamakan dengan asi karena asi memiliki nutrisi yang lebih kompleks.

3.         Sel hidup didalam cairan susu

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Sebagai cairan susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, susu asi memiliki manfaat yang tidak dimiliki oleh susu instan yakni mampu membantu menjaga kondisi Kesehatan tubuh pada bayi yang memang masih sangat rentan. 

Manfaat asi untuk bayi yang disebutkan tersebut dapat diperoleh karena adanya kandungan sel hidup di dalam cairan susu asi yang tidak dimiliki oleh susu instan.

4.         Hubungan emosional antara ibu dan bayi

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Perbedaan pemberian asi dan susu instan pada bayi juga akan berpengaruh pada hubungan emosional antara ibu dan bayi yang akan terbentuk secara alami.

Ibu yang memberikan asi pada bayi dinilai memiliki hubungan emosional yang sangat dekat dibandingkan bayi yang mengonsumsi susu instan.

Kedekatan emosional seperti itu sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak dan peran orangtua bagi anak.

Meski begitu, bukan menjadi hal mutlak jika ibu yang memberikan susu formula pada bayinya akan memiliki hubungan emosional yang renggang.

Hal ini kembali lagi pada cara masing masing orang tua dalam menyayangi anaknya.

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

5.         Reaksi pada alergi

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Beberapa bayi bisa hidup dan lahir dengan kondisi tubuhnya yang memiliki riwayat alergi terutama karena turunan dari orang tua mereka.

Reaksi dari setiap susu baik itu asi maupun susu formula menjadi perbedaan lain yang harus dipahami.

Susu formula tentu saja bisa menjadi allergen bagi bayi yang memiliki Riwayat alergi karena memang terbuat dari susu sapi, sedangkan asi seharusnya tidak menyebabkan efek allergen pada bayi karena berasal dan diproduksi secara alami oleh tubuh ibu sendiri.

6.         Kandungan protein dan lemak

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Perbedaan asi dan susu formula lainnya terdapat pada kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Untuk lemak, asi lebih banyak mengandung lemak sehat seperti Omega 3 dibandingkan susu formula serta kaya akan enzim lipase untuk memecah lemak.

Nutrisi protein pada susu formula dan asi juga berbeda satu sama lain dimanan asi memiliki dua jenis protein yakni kasein dan whey yang mudah dicerna tubuh sedangkan susu formula hanya memiliki protein kasein yang lebih susah dicerna oleh tubuh.

Kurangnya penyerapan nutrisi protein menjadi salah satu efek bayi tidak minum asi.

7.         Kandungan vitamin dan mineral

7 Perbedaan Asi Dan Susu Formula

Selain protein dan lemak, kandungan vitamin dan mineral di dalam susu formula dan susu asi tentu berbeda.

Pada susu asi, kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi dibandingkan susu formula akibat proses pengolahan dengan panas yang menyebabkan beberapa vitamin maupun meneral hilang.

Selain itu ada dua enzim pencernaan yakni lipase dan amilase yang baik untuk pencernaan bayi sedangkan susu formula tidak memilikinya.

Kandungan zat besi pada susu asi dapat terserap hingga 75%nya sedangkan pada susu formula hanya ada sekitar 5 – 7 % zat besi yang dapat diserap tubuh bayi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan ASI dan susu formula yang perlu diperhatikan dengan baik.

Dalam ulasan diatas, terlihat bahwa susu yang dihasilkan secara alami oleh ibu lebih baik dibandingkan dengan susu formula meskipun ada beberapa alasan mengapa ibu harus memberikan susu formula pada bayinya.

Bukan hanya berdampak baik bagi bayi namun ada juga manfaat memberikan asi bagi ibu yang tentunya tidak dimiliki oleh susu formula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *