7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

  • Whatsapp
7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak
7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Garisatu.com – Mengatasi ruam kulit tentu menjadi sebuah masalah yang mungkin akan kamu hadapi suatu saat nanti. Ruam kulit merupakan perubahan nyata pada tekstur atau warna pada kulit yang disebabkan oleh peradangan. Kulit yang mengalami ruam biasanya akan terasa gatal gatal, benjol, mengelupas, bersisik dan iritasi. 

Ruam pada kulit tergolong kondisi yang umum terjadi. Namun, wanita lebih rentan untuk mengalami kondisi tersebut dibanding pria. Ruam kulit juga bisa terjadi pada siapa saja dari semua umur dan dimana saja termasuk ketiak.

Bacaan Lainnya

Penyebab ruam kulit dapat terjadi karena efek samping dari obat-obatan, reaksi alergi, atau penggunaan kosmetik. Selain itu, ruam bisa terjadi pula karena dermatitis kontak, ruam popok, sengatan atau gigitan serangga, infeksi jamur, cacar air, kurap, campak fever, luka bakar, atau lupus.

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Pengobatan dalam mengatasi ruam kulit akan disesuaikan dengan penyakit yang dialami pengidap. Biasanya, pengobatan mengatasi ruam kulit berupa pemberian obat oral atau topikal, terapi, atau operasi. Kamu sebaiknya membicarakan dengan dokter untuk mengetahui penyebab ruam kulit dan cara mengatasi ruam yang tepat.

Jika ruam yang terjadi pada ketiak tentu akan terasa sangat tidak nyaman karena ketiak merupakan tempat yang cukup sensitif. Berikut cara untuk mengatasi ruam pada ketiak: 

1. Kompres dengan es batu

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Salah satu penyebab umum ruam pada ketiak adalah iritasi. Nah, tentu saja iritasi ini menyebabkan gatal dan akan membuat Anda terus menggaruk ketiak. Kamu harus menahan diri untuk tidak menggaruk ketiak supaya iritasinya tidak semakin parah.

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Kamu bisa mengatasi ruam dengan cara meredakan rasa gatal dengan es batu karena es batu memberikan sensasi dingin dan bisa meredakan rasa gatal. Cara ini cukup mudah dengan membungkus es batu dengan kain dan letakkan di ketiak anda. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Jika es batu bisa menghentikan rasa gatal, ruam pada ketiak pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Konsumsi vitamin c 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Vitamin c dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi penyebab ruam pada ketiak. Usahakan untuk mengonsumsi makanan makanan kaya akan vitamin c dari buah-buahan dan sayur seperti jeruk, brokoli, tomat, dan kiwi. 

3. Hindari pakaian ketat 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Ternyata, pakaian yang kamu kenakan jugq bisa menyebabkan ruam merah pada ketiak. Hal ini terjadi dari gesekan kulit dan pakaian Anda. Entah karena baju Anda yang tidak cocok ukurannya, sehingga ketika berkeringat, ketiaknya yang basah sering bergesekan dengan pakaian.

Nah, pada saat anda sudah merasakan gatal pada ketiak dan terdapat ruam pada ketiak, pertama tama sebaiknya usahakan untuk memakai pakaian yang longgar sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan antara ketiak yang lembab dengan pakaian Anda.

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

4. Hindari panas panasan 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Keringat merupakan salah satu penyebab umum iritasi dan timbulnya ruam pada ketiak. Nah, keringat dapat dihasilkan dari aktivitas fisik yang berlebihan di tengah panasnya matahari.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari sinar matahari agar ketiak Anda tidak basah. Panasnya sinar matahari juga bisa menyebabkan ruam semakin parah. Jika diperlukan, gunakan payung ketika sedang berada di luar.

5. Mandi air hangat 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Mandi air hangat dianjurkan untuk kamu yang sedang memiliki ruam pada ketiak atau tubuh. Namun perlu diingat, bukan air panas. Upayakan untuk mengatur suhu air Anda untuk cenderung lebih hangat. Mandi dengan air yang terlalu panas bisa mengiritasi kulit, sehingga lebih baik memakai air hangat untuk membuat kulit tetap lembab.

Jika ruam merah di ketiak Anda tidak kunjung sembuh setelah melakukan tips di atas, cobalah untuk menggunakan beberapa pengobatan untuk iritasi kulit.

6. Ganti deodoran 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Ketiak merupakan tempat yang sering berkeringat sehingga kita menggunakan deodoran untuk mengurangi keringat. Namun terkadang beberapa bahan yang terkandung didalam deodoran bisa menyebabkan iritasi hingga alergi.

Walaupun membutuhkan waktu berhari-hari untuk memperlihatkan gejalanya, tentu saja jika Anda sudah merasakan gatal saat pemakaian, segera ganti deodoran Anda.

7. Loison calamine 

7 Cara Mengatasi Ruam Pada Ketiak

Selain menerapkan cara-cara di atas untuk meredakan ruam kulit, Anda bisa menggunakan losion calamine untuk mengatasi bintik merah pada kulit. 

Cukup menuangkan lotion ini di ketiak Anda, rasa gatal dan ruam merah pun perlahan menghilang.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi dan meredakan ruam pada ketiak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *