7 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Dan Jamur Pada Cermin

7 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Dan Jamur Pada Cermin

Garisatu.com – Bingung cara membersihkan kerak dan jamur pada cermin? Meletakkan kaca atau cermin di kamar mandi menjadi hal yang dibutuhkan bagi sebagian orang. Cermin tentu berguna untuk melihat penampilan, merias diri, menyikat gigi, cuci muka, hingga mencukur kumis atau jenggot dan kegiatan lainnya.

Namun sering menjadi permasalahan saat meletakkan kaca atau cermin ke dalam kamar mandi ialah noda noda yang menempel pada cermin seperti cipratan air, sabun, sampo, bekas tangan yang basah dan kotoran lainnya.

Bacaan Lainnya

Noda noda ini lama kelamaan membuat cermin menjadi kotor dan bahkan hingga berkerak karena tumpukan berbagai macam noda.

Kelembaban pada kamar mandi juga mempengaruhi jamur tumbuh pada cermin.

Tentu saja kotoran, kerak, dan jamur akan membuat cermin kamu tidak mulus dan berkilau lagi, kamu bahkan tidak bisa melihat dirimu dengan jelas di cermin.

Untuk mengatasi noda kerak dan jamur pada cermin di kamar mandi, terdapat beberapa langkah pembersihan yang bisa kamu lakukan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa cara membersihkan cermin di kamar mandi dari noda kerak dan jamur.

1.         Gunakan pasta gigi

Pasta gigi juga banyak digunakan untuk membersihkan barang barang keseharian mulai dari sepatu, dan juga bisa untuk membersihkan cermin yang bernoda dan berjamur.

Ini dikarenakan zat zat pembersih yang terkandung didalam pasta gigi bereaksi pada jamur dan noda yang menempel di cermin.

Untuk membersihkan noda pada cermin, cukup oleskan pasta gigi pada permukaan yang bernoda dengan menggunakan sikat gigi bekas, kemudian diamkan hingga mengering.

Setelah mengering, bilas cermin dengann kain lap basah atau kertas koran. Dan cermin akan bersih kembali.

2.         Deterjen

Kedua, kamu bisa memanfaatkan deterjen yang memiliki noda dan jamur.

Untuk proses pembersihan, campurkan deterjen dengan sedikit air lalu oleskan dan gosok dengan merata pada permukaan cermin.

Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air bersih dan lap menggunakan kain atau handuk kering yang bersih.

3.         Alkohol

Terkadang noda atau kerak sudah menempel terlalu lama sehingga sulit untuk dibersihkan.

Mungkin kamu bisa menggunakan alcohol karena alcohol bersifat lebih kuat.

Cukup basahi kapas dengan alcohol, dan bersihkan area yang bernoda pada cermin, dan noda noda kerak pada cermin akan menghilang.

4.         Cuka

Cuka juga bisa dimanfaatkan menjadi larutan pembersih untuk mengatasi noda dan kerak pada cermin.

Untuk menghindari permukaan cermin keruh, campurkan 1 cangkir cuka dengan 1 cangkir air ke dalam botol semprot, kocok dengan baik, kemudian semprotkan campuran pembersih itu ke kain mikrofiber, jangan langsung ke permukaan kaca untuk mencegah cairan menumpuk di sudut, masuk ke bawah cermin, dan menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Lap atau bersihkan kaca dengan kain mikrofiber yang sudah disemprotkan larutan cuka. Lap kembali sampai kering dan lihat usahamu yang akan memuaskan.

7 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Dan Jamur Pada Cermin

5.         Bubuk kaporit

Bubuk kaporit memiliki sifat penjernih sehingga juga bisa digunakan untuk membersihkan cermin.

Untuk proses pembersihan, larutkan bubuk kaporit ke dalam wadah berisi air sampai rata dan kental.

Setelah itu, oleskan air campuran bubuk kaporit pada cermin secara merata dan tunggu sampai kering.

Setelah kering, bilas menggunakan lap basah sambil kamu gosok sesekali pada kerak noda yang membandel.

6.         Amonia

Amonia juga merupakan agen pembersih serbaguna yang juga bisa membantu menyingkirkan noda kerak dan jamur pada cermin kamar mandi.

Campurkan sedikit amonia bening ke dalam 2 liter air hangat. Oleskan dengan spons atau tuangkan larutan ke dalam wadah semprot, dan semprotkan langsung ke cermin. Gosok dengan kain mikrofiber dan lihat perubahannya.

7.         Pemutih pakaian

Pemutih pakaian memiliki senyawa klorin yang bisa menghilangkan noda membandel pada permukaan, sehingga juga membuatnya bisa dijadikan untuk membersihkan noda kerak dan jamur pada cermin kamar mandi.

Cukup campurkan cairan pemutih dengan sedikit air, setelah itu celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan pemutih dan air, kemudian gosok secara perlahan ke cermin kamar mandi. Bilas menggunakan air hingga kerak noda dan jamur hilang.

Itu dia tips untuk menghilangkan noda kerak dan jamur yang membandel pada cermin.

Pos terkait