7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

  • Whatsapp
7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering
7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

Garisatu.com – Mengonsumsi mie instant sudah menjadi makanan favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia, meskipun hanya mie kemasan yang diberi bumbu, namun bisa menghipnotis kita dengan rasanya yang begitu lezat dan tidak dapat ditolak. Dan juga harganya yang terjangkau semakin membuat banyak orang mengonsumsinya dengan senang hati. Bahkan para anak kos juga menjadikan mie instant sebagai teman akhir bulan mereka ketika dompet sudah menipis namun harus mengisi perut yang lapar.

Mie instant memang memiliki cita rasa lezat dan harga yang murah, akan tetapi mengonsumsinya dalam jumlah banyak juga bersifat tidak baik bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya

Mengapa demikian? Sebab didalam mie instant mengandung banyak bahan kimia dan juga pengawet, yang dimana jika terlalu sering dikonsumsi akan menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh kita.

Nah, supaya lebih jelas, berikut ini 7 bahaya yang kemungkinan menghampiri jika terlalu sering mengonsumsi mie instant.

1.         Mengganggu system pencernaan

7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

Mie instant sangat nikmat untuk dimakan, terutama ketika musim hujan yang dingin dan dipadukan dengan kuah mie yang hangat dan ditambah oleh sambal.

Tetapi jika sering mengonsumsinya maka salah satu dampak buruknya bisa mendatangi pencernaan kamu. Karena mie instant bisa mengha,bat nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh dan akibatnya mengganggu system pencernaan.

Nah, akibat terganggunya pencernaan ini, akan membuat kamu beresiko mengalami sembelit, kembung, dan usus bocor.

Supaya system pencernaan tetap bisa berfungsi dengan baik, kamu membutuhkan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. 

2.         Memicu kanker

7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

Kanker merupakan penyakit mematikan no 1 di dunia, yang tentunya juga ditakuti oleh banyak orang. Jika kamu sering mengonsumsi mie instant, maka resiko untuk terkena kanker juga semakin besar.

Sebab bahan bahan kimia dan pengawet didalam mie instant bisa memicu sel kanker menjadi aktif.

3.         Obesitas

7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

Terlalu sering mengonsumsi mie instant bisa menyebabkan kamu terkena obesitas atau kegemukan, karena mie instant mengandung banyak kalori dan karbohidrat.

Selain itu, makan mie instant juga hanya akan memberikan efek kenyang yang bersifat sementara saja. Padahal, kandungan lemak, kalori, dan karbohidrat yang ada pada mie instant terbilang cukup banyak.

Akibat dari efek lapar ini akan membuat kamu cenderung makan lebih banyak daripada biasanya.

7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

4.         Meningkatkan kolesterol

Kandungan garam yang tinggi pada mie instant bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi mie instant akan membuat kamu rentan terkena kolesterol.

5.         Menyebabkan keguguran pada ibu hamil

7 Bahaya Mengonsumsi Mie Instant Terlalu Sering

Untuk para ibu hamil sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan karena bisa membahayakan kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Kandungan natrium yang ada pada mie instan bisa membuat ibu hamil terkena hipertensi (darah tinggi). Akibat dari hipertensi ini akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit komplikasi kehamilan yang tentunya akan membahayakan keselamatan ibu dan janinnya.

Selain itu, bahan kimia pada mie instan dapat menembus sampai ke dalam plasenta, yang nantinya akan membuat ibu hamil beresiko mengalami keguguran.

Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari terlalu sering makan mie instan, jika memang ingin sekali memakannya, disarankan untuk mengonsumsinya satu bulan sekali saja.

6.         Gagal ginjal

Jika kamu ingin ginjalmu tetap sehat, maka jangan terlalu sering mengonsumsi mie instant. Sebab mie instant mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal, yakni proplene glycol. Akibat zat berbahaya ini, kinerja ginjal menjadi terganggu dan mengakibatkan kamu terkena gagal ginjal.

7.         Kerusakan hati

Terlalu sering makan mie instan juga bisa merusak organ hati kamu lho, mengapa? Karena bahan anti beku yang ada dalam mie instan yang dikenal dengan nama Humektan, sangat berpotensi membuat organ hati kamu menjadi rusak.

Kandungan Humektan ini berfungsi untuk mie cepat mengering, namun jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan merusak organ hati dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Itulah ulasan tentang tujuh bahaya yang akan menyerangmu jika terlalu sering makan mie instan, sebaiknya kurangi mengonsumsi mie instan terlalu sering dan terlalu banyak, karena jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi kesehatan kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *