6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

  • Whatsapp
6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya
6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

Garisatu.com – Merawat peralatan masak yang baik telah menjadi hal yang penting akhir akhir ini. Beberapa rumah tangga memberi perhatian lebih pada masalah kesehatan yang kemungkinan bisa disebabkan oleh peralatan masak yang sering digunakan. Pasalnya, beberapa bahan pembuatan alat masak bisa mencemari makanan sehingga bisa berdampak pada kesehatan.

Seperti yang dilansir dari healthline, merawat peralatan masak dengan bahan anti lengket, aluminium, dan tembaga menimbulkan kekhawatiran karena cenderung menimbulkan residu kimia dan juga besi pada makanan.

Bacaan Lainnya

Namun, bahan bahan ini tidak selalu berbahaya, dengan izin produksi, penggunaan, dan juga perawatan yang benar, kamu bisa menggunakan alat masak dengan aman tanpa khawatir bisa mengganggu kesehatan.

Sebagian orang masih mengalami kesulitan dalam merawat peralatan masak, karena berbagai cara merawat peralatan masak terbuat dari bahan yang berbeda beda sehingga perlu perawatan yang berbeda beda juga.

Maka dari itu, kami akan memberikan 5 tips dalam merawat peralatan masak sesuai dari bahan pembuatannya.

1.         Aluminium

6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

Aluminium ialah logam ringan yang bisa menghantarkan panas pada peralatan masak dengan cepat. Alat masak yang menggunakan aluminium juga biasanya lebih ringan, mudah digunakan, dan cukup terjangkau harganya.

Jenis logam ini juga banyak terdapat di bumi, maka tidak mengherankan jika sehari hari kamu mungkin mengonsumsi 7 sampai 9 miligram aluminium.

Residu aluminium yang berasal dari alat masak juga bisa masuk ke dalam makanan, hanya saja dalam jumlah yang sangat sedikit.

Namun, akhir akhir ini sebagian orang khawatir dengan pengaruh paparan aluminium dari peralatan masak dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

Untungnya, penelitian tentang aluminium tidak pernah secara pasti dikaitkan dengan penyakit Alzheimer ini.

Jika kamu menggunakan alat masak berbahan aluminium, kamu bisa merawatnya dengan berbagai cara, seperti menggunakan air panas dan cuka untuk mencegah sisa makanan lengket atau menempel, jangan mencuci aluminium dalam keadaan panas, rawat dari karat secara rutin, dan simpan ditempat yang bersih dan kering. Merawat peralatan masak tidak sulit bukan?

2.         Stainless steel

6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

Merawat peralatan masak stainless steel atau baja yang tahan karat merupakan paduan dari logam yang biasanya mengandung besi, krom, dan nikel.

Bahan ini menjadi perabot masak yang bagus dan kerap digunakan karena tahan terhadap karat dan korosi. Selain itu, bahan ini juga bisa mendistribusikan panas secara merata, ini yang menjadikannya pilihan bahan yang baik untuk wajan ataupun loyang.

Untuk perawatannya, panci tahan karat cukup mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu merendam alat masak ini dan selalu menggunakan minyak ketika memasak.

Bahan alat masak ini tidak terlalu mahal dan tidak pernah diisukan berbahaya bagi kesehatan. Untuk memilih alat masak berbahan stainless steel yang baik, carilah campuran inti yang terbuat dari tembaga dan aluminium.

3.         Keramik

6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

Sebagian besar peralatan masak keramik tidak terbuat sepenuhnya secara murni. Alat masak ini biasanya dibuat dari logam kemudian dilapisi bahan anti lengket, biasanya berupa silicon dengan inti keramik.

Cara merawat peralatan masak ini bisa dilakukan dengan tangan, bukan mesin pencuci piring. ayangnya, beberapa pengguna mengklaim kalau alat dengan bahan keramik tidak menghantarkan panas secara merata.

Saat ini, belum terlalu banyak penelitian atau informasi mengenai alat masak dari keramik, tetapi alat masak ini lebih aman digunakan dalam suhu tinggi dibanding panci atau wajan anti lengket tradisional.

Jika kamu berencana menggunakan alat masak keramik, maka pastikan memilih jenis lapisan pelindung dari bahan yang baik.

6 Tips Merawat Peralatan Masak Berdasarkan Bahannya

4.         Besi tuang

Besi tuang atau yang biasa lebih dikenal sebagai cast iron termasuk jenis alat masak favorit para koki. Alat masak yang terbuat dari besi tuang yang baik memiliki kualitas anti lengket, tahan lama, dan bisa memberi rasa khas pada makanan.

Besi tuang pun mengandung zat besi dan bisa larut kedalam makanan yang dimasak. Bahkan alat masak ini dipercaya mampu memberi dampak positif bagi penderita anemia.

Sayangnya, alat masak ini cukup mahal, tetapi dapat kamu simpan berpuluh-puluh tahun lamanya.

Alat masak dari besi tuang tidak sulit untuk dibersihkan dan memerlukan metode khusus. Kamu juga perlu rajin untuk membersihkan dan menggunakan pembersih khusus.

5.         Anti lengket

Anti lengket sering mengacu pada lapisan dalam alat masak yang bernama teflon. Peralatan masak anti lengket menjadi populer karena mudah digunakan, dibersihkan, dan membutuhkan sedikit minyak ketika memasak.

Namun, bahan kimia pembuatan telfon terbukti memiliki kaitan dengan berbagai penyakit; seperti penyakit tiroid, kerusakan paru-paru, bahkan gejala jangka pendek dari menghirup asap.

Setelah diteliti, pada tahun 2013, formula pembuatan telfon akhirnya diubah sehingga lebih aman bagi kesehatan.

Peralatan masak anti lengket sangat umum ditemukan dan terjangkau, tetapi bukan pilihan yang paling aman.

Memasak makanan pada suhu yang sangat panas dapat menyebabkan lapisan anti lengket terurai dan masuk ke makanan yang hendak kamu konsumsi.

6.         Kayu

Tak menimbulkan goresan pada wajan dan tidak meubah cita rasa masakan, peralatan memasak yang terbuat dari kayu memang memiliki beberapa kelebihan ketimbang alat masak besi atau stainless steel.

Selain itu, alat masak dari kayu juga dianggap lebih awet dan aman karena terbebas dari munculnya karat serta lebih tahan banting.

Kendati demikian, peralatan kayu ini tak bisa dibersihkan sekadarnya saja, karena peluang menempelnya jamur dan bakteri jauh lebih besar.

Tak cuma itu, bila disimpan dalam keadaan yang masih lembab, dapat menimbulkan bercak dan noda hitam yang merusak tampilanya.

Untuk membersihkan alat masak dengan bahan kayu kamu bisa menggosoknya dengan garam, rendam didalam cuka, bersihkan langsung setelah setiap kali menggunakannya, erendamnya dalam cairan hydrogen peroxide selama kurang lebih lima belas menit setelah mencucinya dengan sabun, dan juga balur dengan minyak mineral.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *