6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

  • Whatsapp
6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak
6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

Garisatu.com – Merawat microwave adalah sebuah kewajiban. Microwave menjadi salah satu alat elektronik yang memudahkan kita dalam urusan memanaskan hingga memasak makanan. Namun hanya makanan makanan ‘mudah’ saja yang bisa dimasak dengan microwave. Bagi seseorang yang memiliki microwave di rumahnya tentu menginginkan supaya microwave mereka bisa awet dan tidak mudah rusak. Sebab microwave juga terbilang tidak murah. Maka tindakan merawat microwave yang tepat sangat diperlukan.

Akan tetapi hal yang sering terjadi ialah, kebanyakan pemilik microwave tidak tahu bagaimana cara untuk merawat microwave tersebut sehingga ketika microwave rusak, mereka tidak tahu dimana letak kesalahannya.

Bacaan Lainnya

Maka dati itu, kita akan membagikan beberapa tips supaya microwave bisa awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips merawat microwave yang harus kamu perhatikan.

1.         Hindari menggunakan wadah logam

6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

Tindakan merawat microwave pertama adalah jangan sekali-kali mencoba meletakkan wadah yang berbahan logam kedalam microwave pada saat digunakan. Hal ini pun berlaku pada peralatan yang berbahan logam lainnya.

Kelalaian dalam melakukan hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada microwave dan bisa memicu percikan listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Oleh karena itu, gunakanlah wadah yang memang sesuai untuk dimasukkan kedalam microwave, seperti salah satunya bahan kaca. Disamping itu, bahan kaca juga lebih aman dari reaksi kimia saat dimasukkan kedalam microwave.

Perlu diingat dengan baik juga bahwa microwave berbeda dengan oven. Jika menggunakan oven, tidak masalah untuk menggunakan barang berbahan logam, namun jangan gunakan bahan kaca kedalam ovgen karena kaca bisa pecah sewaktu waktu.

2.         Jangan masukkan benda yang mudah terbakar

6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

Jangan pernah memasukkan atau memanaskan benda benda yang mudah terbakar ke dalam microwave untuk menghindari terjadinya ledakan atau kebakaran.

Makanan makanan mudah terbakar seperti paprika, sayuran berdaun hijau. Dan juga telur utuh. Telur utuh memang tidak akan menyebabkan kebakaran, namun bisa menyebabkan telur meledak didalam microwave. Merawat microwave juga memerlukan pengetahuan dasar lho.

3.         Jangan memasukkan makanan dan wadah yang masih tersegel

6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

Jangan mencoba untuk memanaskan apapun yang masih disegel. Lepaskan segel dari wadah dan peralatan sebelum memasukkannya kedalam microwave jika kamu tidak menginginkan terjadinya ledakan.

4.         Pastikan pintu microwave tertutup rapat

Selalu lakukan Tindakan pencegahan dari hal hal yang berbahaya seperti memastikan pintu microwave telah tertutup rapat sebelum kamu menyalakan microwave.

Karena microwave bekerja dengan menggunakan gelombang mikro. Jadi ketika pintu microwave tidak tertutup rapat, gelombang mikro ini akan keluar dan membahayakan sekelilingnya, serta mengakibatkan kinerja mesin rusak.

6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

5.         Menyegarkan bau microwave

Microwave yang sering digunakan untuk memanaskan berbagai macam makanan lama kelamaan akan menimbulkan bau apek atau bau tidak sedap yang tentu saja mengganggu apalagi jika bau tersebut menempel pada makanan yang kita panaskan.

Kamu bisa memanaskan satu cangkir air dengan setengah cangkir jus lemon ke dalam sebuah mangkuk. Kemudian masukkan larutan yang dimangkuk ke dalam microwave dan diamkan selama 10 hingga 15 menit tanpa menyalakan microwave. Ini akan membuat microwave berbau bersih dan segar.

6.         Rutin dibersihkan

6 Tips Merawat Microwave Supaya Tidak Cepat Rusak

Segala peralatan memang harus rutin dibersihkan supaya peralatan bisa terbebas dari kotoran kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan.

Termasuk microwave. Kamu bisa membersihkan bagian dalam dan bagian luar microwave dengan cara dibawah ini.

–           Bagian dalam microwave

Campurkan 1 cangkir air dan irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk peras ke dalam mangkuk tahan microwave. Jika anda memiliki cuka sari apel bisa dicampurkan beberapa sendok makan dan 1 cangkir air ke dalamnya.

Kemudian letakkan di dalam microwave lalu nyalakan selama beberapa menit, hingga campurannya mendidih. Setelahnya, matikan microwave dan diamkan selama 5 menit dengan pintu tertutup.

Terakhir keluarkan mangkuknya dan bersihkan dalam microwave dengan spon hingga tak meninggalkan kotoran.

–           Bagian luar microwave

Setelah dalam microwave bersih, selanjutnya Anda harus membersihkan bagian luarnya. Caranya pun cukup mudah. Untuk membersihkan bagian karet di sekitar pintu Anda bisa menggunakan spons yang dibasahi air dan dicelupkan ke dalam sedikit soda kue.

Kemudian lap dengan kain lembab untuk membilasnya. Untuk membersihkan jendela microwave yang berminyak, anda harus menyiapkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 50:50.

Bersihkan dengan lap hingga bersih. Untuk timbunan lemak yang berat, anda bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna agar minyak membandel menghilang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *