6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

  • Whatsapp
6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur
6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Garisatu.com – Pernahkah kamu mengalami kram pada kaki ketika tidur? Kondisi seperti ini tentu saja sangat tidak mengenakkan. Sebab kram pada kaki juga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, membuat kita terbangun dan cenderung sulit untuk tidur kembali karena rasa sakit itu tidak hilang dengan cepat.

Seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, kaki kram bisa terjadi pada siapa saja. namun kemungkinan seseorang mengalami kram akan lebih besar seiring pertambahan usia. Artinya, kram pada kaki lebih mungkin dialami oleh orang dewasa ketimbang anak anak atau remaja.

Bacaan Lainnya

Kaki kram ketika tidur pada dasarnya terjadi saat satu atau lebih otot otot bagian kaki mengencang tanpa disengaja.

Dan keram kaki paling sering mempengaruhi gastrocnemius (otot betis) yang membentang di belakang setiap kaki muali dari pergelangan kaki hingga bagian lutut.

Akan tetapi keram bisa juga terjadi pada bagian depan setiap paha (paha depan) dan bagian belakang setiap paha (paha belakang).

How to Treat and Prevent Leg Cramps

Dilansir dari Health Line, para ahli tidak tahu secara pasti apa yang mejadi penyebab keram kaki ketika tidur, namun ada beberapa factor yang diketahui bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami kondisi ini.

Keram kaki yang terjadi pada malam hari paling mungkin terkait dengan posisi kaki ketika berbaring. Sebagian orang mungkin ada yang tidur dengan posisi kaki ditekuk atau dikenal dengan posisi fleksi plantar. Posisi ini diketahui bisa memperpendek otot bagian betis sehingga membuat seseorang lebih rentan mengalami keram.

Adapun faktor faktor lain yang bisa menyebabkan keram kaki pada malam hari ialah sebagai berikut.

1.         Malas gerak (mager)

6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Otot otot tubuh kita perlu diregangkan secara teratur supaya bisa berfungsi dengan baik. Duduk dalam waktu yang cukup lama bisa membuat otot kaki lebih rentan mengalami keram.

2.         Olahraga terlalu berat

6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Terlalu banyak berolahraga atau berolahraga terlalu keras membuat otot kita bekerja secara extra. Ini juga bisa menyebabkan keram pada otot.

3.         Posisi duduk yang tidak benar

6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Duduk dengan kaki menyilang atau jari jari kaki menunjuk dalam jangka waktu lama bisa memperpendek otot betis, yang kemudian memicu keram.

4.         Berdiri dalam waktu lama

6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berdiri dalam waktu lama di tempat kerja lebih meungkin untuk mengalami keram kaki nocturnal.

5.         Aktifitas saraf abnormal

Menurut penelitian elektromiografi, keram kaki dikaitkan dengan peningkatan, penembakan saraf yang abnormal.

6.         Pemendekan tendon

Tendon, yang menghubungkan otot dan tulang, memendek secara alami seiring waktu. Ini bisa menyebabkan keram pada otot. Kaki keram saat tidur tidak mungkin menjadi tanda pertama dari kondisi medis yang lebih serius.

Meskipun kram pada kaki bisa terasa sangat menyakitkan, tetapi kondisi seperti ini biasanya tidak serius.

6 Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Ketika Tidur

Dimana, kebanyakan orang yang mengalaminya tidak membutuhkan perawatan medis. Kamu bisa mencoba meredakan kram sendiri dengan beberapa cara berikut.

1.         Memijat kaki

Menggosok otot yang terkena mungkin membantunya rileks. Gunakan satu atau kedua tangan untuk menguleni dengan lembut dan mengendurkan otot.

2.         Meregangkan kaki

Jika kram berada di betis anda, luruskan kaki anda. Lenturkan kaki anda sehingga terangkat untuk menghadap kea rah anda dan jari-jari kaki juga menunjuk ke arah anda.

3.         Berjalan dengan tumit

Ini akan mengaktifkan otot-otot yang berlawanan dengan betis anda, sehingga memungkinkannya untuk rileks.

4.         Kompres hangat

Panas dapat menenangkan otot-otot yang tegang. Oleskan handuk panas, botol air panas, atau bantal pemanas ke area yang terkena. Mandi air hangat atau mandi juga bisa membantu.

5.         Minum obat

Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas bisa dilakukan jika kaki anda sakit setelah kejadian kaki kram saat tidur.

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve) dapat membantu meringankan nyeri setelah kram.

Acetaminophen (Tylenol) dapat bekerja dengan baik. Jika sering kram mengganggu tidur anda, buatlah janji dengan dokter anda.

Mereka mungkin meresepkan pelemas otot untuk mencegah kram. Jika kram anda berhubungan dengan kondisi medis lain, mereka juga bisa membantu mengatasinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *