6 Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

  • Whatsapp
Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet
Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Garisatu.com – Bagian dapur merupakan salah satu ruangan yang penting didalam rumah karena dapur merupakan tempat dimana kita menyiapkan makanan untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Demi menjaga kualitas makanan yang dimasak supaya higenis dan sehat, kita harus sering memperhatikan dan membersihkan dapur. Bukan sebatas mencuci piring dan peralatan makan lainnya saja.

Banyak bagian di dapur yang seringkali terlewatkan oleh kita, dan tanpa kita sadari disana bisa menjadi tempat kembang biaknya kuman dan bakteri.

Bacaan Lainnya

Seperti contoh sederhana, tombol dan gagang microwave, kenop pemutar kompor hingga bagian bawah kompor, keran tempat cuci piring, hingga bagian wastafel yang sering terjadi endapan air dan juga bagian lemari piring.

6 Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Sekilas memang terdengar banyak hal yang harus dikerjakan jika ingin membersihkan dapur secara optimal, namun sebetulnya membersihkan itu semua tidaklah sulit, jika kita mengikuti cara cara yang benar seperti yang dibawah ini.

1.         Mengosongkan meja dapur

6 Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Seiring dengan beraktifitas, tanpa sadar kita akan menaruh segala peralatan makan di meja dapur, sehingga lama kelamaan ini akan menumpuk dna menciptakan meja dapur yang berantakan.

Seperti toples, saus, kecap, atau bahkan bumbu dapur. Memang benar adanya barang yang mudah terlihat didapur akan lebih mudah untuk dijangkau, tetapi demi menjaga kebersihan dan kenyamanan dapur, tidak ada salahnya untuk menyingkirkan barang barang yang tidak terpakai dari meja kitchen.

Peralatan dan perlengkapan kitchen bisa ditaruh pada satu rak tersendiri supaya lebih rapih dan tertata.

2.         Membersihkan dapur sebelum memasak

6 Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Ada baiknya kitchen berada dalam kondisi bersih ketika kita hendak memasak.

Memang, begitu kita selesai memasak, kitchen akan kembali kotor. Tapi setidaknya kita memulai kegiatan memasak dengan kitchen yang bersih bebas dari kuman supaya kuman tidak mengotori makanan.

Kemudian untuk menciptakan kebersihan yang konsisten, jangan lupa untuk kembali membersihkan kitchen setelah selesai memasak.

Dengan begini, saat kamu hendak memasak kembali, kitchen sudah dalam keadaan bersih.

3.         Memperhatikan kondisi peralatan dapur

Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Sebaiknya gunakan talenan yang berbeda jika mengolah makanan mentah seperti daging dengan sayuran.

Secara tidak sadar, setelah memegang bahan makanan mentah, kita swering lupa untuk membersihkan tangan dan langsung menyentuh bahan makanan lain seperti sayuran dan buah.

Padahal kuman atau bakteri yang terdapat pada daging mentah bisa menempel pada tangan dan berpindah ke sayur.

Maka dari itu ada baiknya untuk membersihkan tangan terlebih dahulu setelah memegang bahan makanan mentah.

Supaya mempermudah, kamu bisa menyelesaikan olahan makanan mentah terlebih dulu, jika sudah, baru berlanjut ke sayur atau makanan lain.

Selain itu, permukaan talenan dan juga meja kitchen pun harus dibersihkan dan juga di keringkan dengan lap bersih setelah kita menggunakannya. Karena tempat yang lembab menjadi tempat favorit untuk berkembang biak.

6 Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

4.         Multimasking

Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Ketika menunggu masakan yang digoreng ataupun direbus hingga matang, kita bisa manfaatkan selang waktu ini untuk merapikan bagian bagian sekitar kompor.

Segera singkirkan atau kembalikan barang barang yang sudah tidak digunakan lagi kembali pada tempatnya.

Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan meja supaya kotoran tidak menempel atau bahkan berkerak.

Kamu bisa menyiapkan kain bersih yang dibasahi untuk mengelap bagian bagian sekitar.

Jika kita menunda untuk membersihkan kitchen satu kali, lambat laun kita akan terbiasa meninggalkan kitchen dalam kondisi kotor.

5.         Mencuci alat pembersih alat makan

Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Alat pembersih alat makan disini meliputi wastafel, spons, sikat, atau kain.

Langkah ini dilakukan setelah kita mencuci seluruh peralatan makan, baru dilanjutkan sengan membersihkan kain, psons, sikat dan juga wastafel.

Baik spons, sikat, maupun kain bisa dibersihkan dengan menggunakan air hangat dan sabun.

Sebaiknya kita tidak makan terlalu larut, supaya kita masih memiliki tenaga untuk mencuci peralatan makan dan kitchen di malam hari.

6.         Membuat jadwal membersihkan dapur

Tips Membersihkan Dapur Anti Ribet

Apabila kita sibuk bekerja dan sulit membersihkan kitchen setiap hari, kita bisa membuat jadwal untuk membersihkan bagian kitchen yang berbeda dalam seminggu.

Perlu diingat, bagian kitchen yang mudah kotor dan berdebu adalah kompor, kipas (jika ada), jendela atau dinding di atas kompor, bagian dalam oven, dan bagian belakang lemari es serta lampu kitchen.

Semua itu harus dibersihkan. Dan terakhir, cobalah mengecek isi kulkas sekali dalam seminggu.

Lihat tanggal kedaluwarsa pada makanan, minuman atau bumbu kitchen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *