6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

  • Whatsapp
6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19
6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Garisatu.com – Pandemic covid-19 yang belum berakhir masih menambah kekhawatiran masyarakat. Masyarakat dituntut untuk menjadi sangat waspada terhadap kondisi kesehatan mereka. Mayoritas bahkan membeli hingga berbagai jenis suplemen dan tanaman herbal untuk menjaga imunitas supaya tetap sehat.

Tidak hanya itu, ramuan tradisional tanaman herbal juga ikut dikonsumsi seperti beberapa jenis jamu atau tanaman herbal lainnya yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Namun rupanya anggapan atau cara tersebut tidak hanya sekadar omongan semata saja.

Bacaan Lainnya

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan bahwa ada beberapa jenis tanaman herbal yang secara empiris bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk mencegah infeksi virus corona. Beberapa jenis tanaman herbal tersebut antara lain sebagai berikut:

1.         Pegagan

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Tanaman herbal yang memiliki nama latin Centela asiatica ini termasuk tanaman tradisional yang memiliki manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan system imun seluler maupun humoral.

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid serta asiaticoside bisa mempercepat perbaikan sel sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

Di sisi lain, daun pegagan memang memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh mulai dari mengurangi kecemasan, stress, dan depresi, membantu meringankan insomnia, membantu mengurangi stretch mark, mempercepat proses penyembuhan luka dan bkas luka, membantu meredakan nyeri sendi, mengobati dan mencegah jerawat, membantu meningkatkan fungsi kognitif, membantu mengobati penyakit Alzheimer, mengatasi penuaan dini, hingga memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan.

2.         Bawang putih

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Tanaman yang kerap dijadikan sebagai rempah dalam berbagai hidangan makanan ini telah dikenal memiliki banyak keunggulan seperti, menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormone, meregulasi aliran darah, bahkan bisa juga meningkatkan gairah bercinta.

Jika diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh yang mengesankan.

Didalam bawang putih mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang bisa menghancurkan bakteri dan infeksi.

Di sisi lain, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari bawang putih seperti menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah flu, menurunkan resiko osteoarthritis, mengurangi resiko kanker paru paru, dan memberikan efek detoksifikasi.

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

3.         Temulawak

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Temulawak dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Temulawak memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut sebagai minyak menguap, ada pula minyak atsiri, kamfer, glikosida, foluymetik karbinol, kurkuminoid.

Dan didalam kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang memiliki manfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel sel hati, dan antioksidan.

4.         Meniran

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Tanaman ini secara empirik dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti pengobatan gangguan ginjal, sariawan, malaria, tekanan darah tinggi, peluruh air seni, nyeri ginjal, kencing batu dan gangguan empedu, sebagai antidiare, dan sebagai antipiretik.

Didalam funia farmasi, ekstrak meniran telah teruji secara klinis juga sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

5.         Kunyit

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Kunyit terbukti mengandung zat aktif yang khas, yakni curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi untuk merangsang daya tahan tubuh.

6.         Temu mangga

6 Tanaman Herbal Ini Bisa Untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Tanaman ini memiliki aktifitas fagositosis terkuat dibandingkan dengan empon empon lain yang dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Akhmad Saikhu, memastikan kebermanfaatan beberapa jenis tanaman tersebut sudah teruji secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Hasil penelitian mengenai hal itu juga sudah diterbitkan B2P2TOOT, Tawangmangu, Karanganyar dalam Buku Vademekum Tanaman Obat untuk Saintifikasi Jamu pada 2013.

“Setelah diteliti dan diujicobakan, kami menyimpulkan bahwa tanaman-tanaman tersebut memang baik untuk peningkatan daya tahan tubuh,” jelas Saikhu, Sabtu (18/4/2020).

Karena kebermanfaatannya sebagai imunomudulator, dia pun menyampaikan, enam jenis tanaman di atas baik dikonsumsi sekarang ini dengan tujuan untuk mencegah infeksi virus corona.

Tanaman itu dapat dikonsumsi dengan cara rebus 2-3 jenis bahan kering masing-masing 10 gram dalam 400 ml air atau 2 gelas air selama 15 menit. Kemudian, minum 2 kali sehari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *